Lompat ke konten

7 Contoh Kasih Sayang Kepada Orang Tua

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Contoh Kasih Sayang Kepada Orang tua

Kasih sayang anak kepada orang tua adalah cara seorang anak untuk membalas segala kebaikan dan kesabaran ayah dan ibu selama membesarkannya. Kasih sayang tersebut harus tetap ditunjukkan sebagai rasa berbakti meskipun mereka pun tak pernah memintanya.

Orang tua merupakan bagian sangat penting dalam kehidupan seorang anak. Tanpa keduanya, mungkin kita tak akan terlahir ke dunia ini. Maka dari itu, tidak hanya ayah dan ibu saja yang memberikan kasih sayang kepada buah hatinya, tetapi juga sebaliknya.

Meskipun kasih sayang keduanya tak akan bisa dibalaskan hingga tuntas oleh seorang anak, paling tidak menunjukkan rasa berbakti dalam kehidupan sehari-hari perlu dilakukan untuk memuliakan orang tua.

Berikut ini merupakan contoh kasih sayang kepada orang tua yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Selalu Mendoakan Kedua Orang Tua

Selalu mendoakan kedua orang tua tentu tidak boleh lepas dari kebiasaan kita. Panjatkanlah doa kepada Tuhan agar mereka selalu diberi keselamatan, kelancaran rezeki, kesehatan, dan berbagai doa baik lainnya.

Kekuatan doa dari seorang benar-benar hebat. Selama anaknya selalu mendoakan ayah dan ibunya, maka pahala tersebut akan terus mengalir kepada keduanya serta membantu menyelamatkan keduanya dari siksaan api neraka.

Mendoakan keduanya juga harus dilakukan sebagai bentuk berbakti kepada orang tua yang sudah tiada karena akan menuntun langkah mereka sekaligus sebagai bekal pahala untuk ke akhirat nanti.

2. Sering Menanyakan Kabar dan Mengunjungi Orang Tua

Sering menanyakan kabar kedua orang tua sangat penting dilakukan demi memastikan mereka sedang dalam kondisi baik-baik saja, sekaligus sebagai rasa peduli kepada anggota keluarga. Apabila sedang memiliki waktu luang, akan lebih baik mengunjungi mereka untuk berkumpul bersama.

Orang tua mana yang tak merindukan buah hatinya ketika sudah jauh merantau? Begitu pula sebaliknya, seorang anak pasti akan merindukan ayah dan ibunya ketika sudah tinggal jauh terpisah dari mereka.

Selagi keduanya masih ada di dunia, manfaatkanlah waktu untuk memberikan perhatian dan kasih sayang. Mengunjungi mereka saat akhir pekan sekaligus quality time bersama keluarga sambil bercerita mengenai kehidupan sehari-hari selain hanya menanyakan kabar adalah hal menarik yang bisa dilakukan.

Pada era digital saat ini, komunikasi sudah lebih mudah dilakukan secara virtual sehingga bisa digunakan untuk menghubungi kerabat yang jaraknya jauh. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa menghubungi keluarga terdekat terutama ayah dan ibu di rumah.

Sesibuk apapun, lebih baik luangkan sedikit waktu untuk sekedar menanyakan kabar atau mengunjungi mereka. Manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

3. Tidak Berbicara dengan Nada Tinggi Apalagi Membentak

Contoh kasih sayang kepada orang tua yang bisa ditunjukkan lainnya yaitu apabila berbicara dengan keduanya tidak dengan membentak atau dengan nada tinggi. Selain sebagai bentuk kesopanan, juga karena mereka wajib dihormati karena telah membuat kita berada di dunia ini.

Berbicara dengan nada tinggi, apalagi sampai berkata kasar dan membentak dapat menyakiti hati ayah maupun ibu. Ketika seorang anak membentak dan berbicara dengan nada tinggi, membuat mereka berpikir dan menyalahkan diri karena merasa gagal dalam mendidik buah hatinya.

Bahkan dalam agama Islam pun diajarkan untuk tidak membentak ayah dan ibu, apalagi sampai mengucapkan kata “Ah!” dengan nada tinggi karena perilaku ini hanya akan menyakiti diri kita sendiri nantinya. Hal ini termasuk dalam perilaku anak yang durhaka, di mana hal ini termasuk kategori dosa besar karena termasuk menyakiti ayah dan ibunya.

Berbicaralah dengan sopan dan lembut kepada keduanya sebagai bentuk kasih sayang. Meskipun orang tua merasa selalu benar, sikapi mereka dengan cara yang bijak serta berusaha menahan amarah agar tidak meledak, dan juga tidak menyakiti mereka berdua.

4. Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Sikap berbakti kepada kedua orang tua sudah seharusnya dilakukan seorang anak sebagai bentuk balas budi, rasa peduli, dan juga memberikan kasih sayang. Meskipun tak bisa tuntas untuk membalas segala jasa, kesabaran, serta kebaikan ayah dan ibu, setidaknya dengan berbakti dapat menunjukkan bahwa kita benar-benar peduli dan mengamalkan ajaran agama dengan baik pada mereka berdua.

Sikap berbakti ini tak hanya ditunjukkan saat keduanya masih hidup, bahkan kewajiban berbakti ini juga tetap dilaksanakan meski nantinya ayah dan ibu telah tiada. Oleh karena itu, selagi masih ada di dunia, manfaatkanlah waktu untuk mengabdi kepada keduanya.

Contoh sikap berbakti bisa berupa memasakkan makanan kesukaannya, bertutur kata baik, sering menanyakan kabar, maupun memprioritaskan mereka berdua dalam hal apapun. 

Dengan begitu kita menjadi sadar bahwa saat sudah sukses, melupakan orang tua adalah hal paling buruk. Padahal semua ini terjadi akibat adanya campur tangan serta dukungan atau restu, serta doa dari keduanya, kita bisa menjadi meraih apa yang diinginkan serta menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Membantu Pekerjaan Rumah

Membantu pekerjaan di rumah juga merupakan contoh kasih sayang kepada orang tua. Dengan melakukannya dapat membantu meringankan beban ayah dan ibu di rumah.

Membantu melakukan pekerjaan rumah tanpa harus disuruh oleh ayah atau ibu adalah hal paling mulia. Dari sanalah cara kita menunjukkan kasih sayang dengan tidak menambah masalah, tetapi meringankan beban.

Seperti yang kita ketahui, orang tua bekerja dari pagi hingga petang demi memenuhi kebutuhan keluarga, termasuk untuk kebutuhan buah hatinya. Mereka pasti lelah, sebab saat malam pun seorang ibu masih harus menyiapkan makan malam serta mungkin seorang ayah juga membantu anaknya dalam belajar.

Maka dari itu, membantu meringankan beban mereka dengan sesuatu hal yang bisa kita lakukan tak hanya membuat mereka senang, tetapi juga merasa bahwa buah hatinya sangat peduli tentang perasaan mereka.

6. Mendengarkan dengan Penuh Perhatian

Setiap orang pasti butuh untuk didengarkan, terutama saat ingin bercerita maupun berkeluh kesah. Begitupun orang tua kita, mereka sangat ingin didengar dengan baik oleh anaknya sendiri.

Ketika mereka sedang ingin berbicara atau bercerita dengan anaknya, sebaiknya didengarkan saja dan jangan pernah menghindar. Sebab apa yang mereka bicarakan pasti memiliki pesan baik untuk pelajaran tentang kehidupan yang mungkin tidak diajarkan saat menempuh pendidikan formal.

Mendengarkan cerita ayah atau ibu dengan penuh perhatian adalah sebuah bentuk kasih sayang. Mereka tentu sangat senang karena merasa diperhatikan. Apalagi saat mereka sudah mulai menua, pasti akan lebih banyak bercerita karena membutuhkan pendengar yang baik agar tidak terlalu kesepian, dan teman yang dibutuhkannya tentu buah hatinya sendiri.

7. Merawat dan Menemani Mereka Saat Masa Tua

Ketika sudah mulai menua, raga kedua orang tua kita tentu tak sekuat saat dahulu kita masih kecil. Saat masih kecil, mereka lah yang membantu dan menopang segala kebutuhan kita. Maka saat mereka sudah lanjut usia, sudah seharusnya kita sebagai anak yang merawat mereka.

Menunjukkan kasih sayang kepada keduanya dengan cara merawat mereka saat usia lanjut adalah perilaku terpuji. Saat teman-temannya pun sudah sama-sama menua, mereka bisa jadi kesepian, sehingga hanya anaknya saja yang dapat diandalkan untuk mengurus segala kebutuhannya.

Jadi, itulah contoh kasih sayang kepada orang tua yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-ha11ri. Tunjukkan kasih sayang kepada keduanya setiap saat, jadikan hal ini sebagai momen bahagia dan tak akan terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.