Lompat ke konten

Quality Time Bersama Keluarga Sangat Penting, Ini Penjelasannya!

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Pentingnya Quality Time Bersama Keluarga

Quality time bersama keluarga adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan karena membawa banyak manfaat. Tidak hanya bermanfaat untuk mempererat hubungan keluarga saja, tetapi juga untuk menjaga kesehatan.

Quality time bersama keluarga atau disebut juga family time merupakan salah satu momen membahagiakan yang dilakukan bersama. Mungkin ketika hendak melakukan family time memiliki kendala, seperti sibuknya pekerjaan orang tua sehingga jarang berkumpul bersama keluarga dan hanya tersisa lelah yang membutuhkan istirahat saja.Mengapa quality time sepenting itu? Di bawah ini adalah penjelasan mengenai pentingnya quality time beserta cara melakukannya.

Pentingnya Quality Time Bersama Keluarga

Quality time bersama keluarga atau family time adalah momen sangat penting untuk dilakukan. Meskipun setiap orang membutuhkan waktu untuk diri sendiri, memberikan waktu untuk keluarga juga perlu dilakukan demi keseimbangan hidup dan meningkatkan keharmonisan.

Ini adalah alasan mengapa family time sangat penting:

Mempererat hubungan antar anggota keluarga

Menghabiskan waktu dengan keluarga seperti family time diperlukan supaya tetap menjaga hubungan yang harmonis. Sering melakukannya bersama keluarga, dapat membuat seseorang menjadi lebih terbuka dan tak segan untuk menceritakan keseharian kepada orang di rumah.

Keluarga harmonis adalah keluarga yang memiliki ikatan kuat secara batin atau emosional. Sedangkan keluarga yang tidak memiliki ikatan batin kuat, cenderung tidak harmonis, saling tidak peduli, hingga ada risiko untuk saling berpisah.

Keterbukaan antar anggota keluarga itulah yang membuat family time bermanfaat untuk mempererat hubungan keluarga.Family time tidak harus dengan liburan yang menguras banyak biaya, saling berbagi cerita atau membantu anak mengerjakan tugas dapat dilakukan. Selain itu, family time juga dapat dengan berbagai cara agar dapat dekat secara emosional dengan anggota keluarga.

Mengetahui apa yang sedang dialami oleh anggota keluarga

Keseharian masing-masing orang pasti berbeda-beda, bahkan apa yang dialaminya pun juga akan berbeda satu sama lain. Terkadang, dalam kegiatan sehari-hari ada saja masalah datang namun enggan untuk diceritakan.

Padahal, dengan menceritakan permasalahan yang ada dengan terbuka dapat membantu mengurangi stres. Itulah pentingnya melakukan quality time bersama keluarga, selain menjadi lebih dekat secara emosional, juga baik untuk meredakan stres.

Family time juga bisa dilakukan untuk saling berbagi cerita, sehingga diharapkan anggota keluarga menjadi lebih leluasa dalam menyampaikan keluh kesahnya. Sebab, pentingnya family time ini juga untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, meningkatkan kepercayaan, serta mengetahui bahwa ada orang yang bisa diandalkan sekalipun kita sedang memiliki masalah dan membutuhkan pendengar.

Menunjukkan rasa peduli pada keluarga

Padatnya rutinitas setiap hari membuat fisik dan pikiran menjadi lelah, bahkan hanya ingin langsung tidur saja begitu sampai di rumah. Padahal, hal ini dapat menyebabkan hilangnya rasa kepedulian terhadap keluarga sendiri, terutama pada anak dan pasangan karena kurangnya interaksi dengan anggota keluarga.

Jam setelah makan malam, sebenarnya dapat digunakan untuk melakukan quality time bersama keluarga. Sederhana saja, misalnya seperti obrolan hangat mengenai keseharian, membantu anak mengerjakan tugas sekolah, atau ngobrol sembari membantu membereskan sisa makan malam.

Cara melakukan family time dengan sederhana tersebut akan menunjukkan rasa kepedulian Anda dengan keluarga dan menunjukkan bahwa keluarga adalah prioritas utama.

Meluangkan waktu bersama keluarga selain menunjukkan rasa kepedulian dan kasih sayang, juga untuk meningkatkan hubungan yang harmonis. Hal inilah yang membuat hubungan dengan orang-orang tersayang semakin terjaga.

Membantu mengontrol perilaku anak di luar lingkungan rumah

Perilaku anak di luar rumah juga bisa jadi dipengaruhi oleh kondisi keluarga. Apabila kurang memiliki waktu bersama anak, dapat meningkatkan risiko perilaku anak, sehingga hal ini menyebabkan banyak perilaku menyimpang yang dilakukan anak tapi tak diketahui orang tuanya.

Ketika orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan dan dunianya sendiri, anak merasa tidak diperhatikan, merasa kesepian, dan cenderung berbuat sesukanya. Selain itu, anak menjadi tidak terbuka karena menganggap bahwa orang tuanya tidak bisa diandalkan untuk memberikan sedikit waktu padanya.

Sebaliknya, melakukan quality time dengan anak akan membuat ia merasa bahwa orang tuanya selalu ada dan bisa diandalkan. Anak menjadi lebih terbuka dalam menceritakan kesehariannya di sekolah atau bersama teman-temannya.

Tidak hanya itu, quality time membuat orang tua mengerti apa yang sedang dilakukan oleh anak di luar rumah hanya dengan obrolan hangat setiap harinya. Hal ini selain dapat membantu mengontrol perilaku anak di luar lingkungan rumah, tetapi juga penting untuk menguatkan hubungan.Adanya family time pun membantu dalam melawan anxiety pada anak karena ia merasa memiliki dukungan untuk menghadapi kekhawatirannya.

Meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir dan belajar

Quality time bersama anak dapat dilakukan secara sederhana, tidak hanya berkumpul, jalan-jalan, dan mengobrol saja, tetapi juga bisa dengan membantu anak dalam mengerjakan tugas sekolah.

Kebanyakan anak yang dekat dengan keluarga, terutama orang tuanya cenderung memiliki kemampuan lebih baik dalam akademik, dan meningkatkan prestasi di sekolahnya. Hal ini disebabkan ketika anak dekat dengan orang tuanya, ia merasa ada orang yang bisa diandalkan.

Sebaliknya, ketika orang tua dekat dengan anaknya dapat membimbing anak untuk mencapai hal-hal baik dalam hidupnya, membantu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah, memberikan edukasi, serta pengaruh positif.

Kebersamaan antara orang tua dengan anak adalah hal penting yang seharusnya diusahakan untuk membantu anak supaya tidak stres meskipun rutinitasnya juga padat di sekolah.

Meningkatkan kesehatan mental dan fisik

Family time terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik, sebab melakukan aktivitas bersama keluarga dapat membantu mengurangi beban pikiran penyebab stres sekaligus melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan dan menyehatkan.

Meskipun bukan berupa aktivitas fisik untuk dilakukan, quality time dengan keluarga seperti membicarakan hal-hal ringan atau menonton film dapat membantu dalam meredakan stres.

Melakukan aktivitas fisik bersama keluarga di akhir pekan adalah ide bagus untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus menjadi produktif secara menyenangkan.

Cara Quality Time Bersama Keluarga

Quality time bersama keluarga dapat dilakukan dengan berbagai cara menyenangkan dan santai untuk membuat pikiran menjadi rileks dan mengurangi stres dengan melakukan tips di bawah ini.

Buat jadwal khusus quality time

Membuat jadwal khusus quality time dengan keluarga diperlukan untuk menjadwalkan waktu bersama demi mempererat hubungan.

Jadwalnya bisa dilakukan saat akhir pekan atau ketika masing-masing anggota keluarga sama-sama memiliki waktu luang.

Melakukan quality time dapat dengan membersihkan rumah bersama, memasak, jalan-jalan, menonton film, berkebun, atau bermain saat akhir pekan. Selain menjadi produktif, juga mampu meredakan stres.

Melakukan kegiatan ini juga tidak harus dilakukan setiap akhir pekan. Seusai makan malam dan sebelum tidur pun bisa sambil ngobrol ringan dan bercanda.

Bagi tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota keluarga

Setiap anggota keluarga memiliki kesibukannya sendiri, tetapi jika segala tanggung jawab tidak dibagi perannya dengan baik, tentu dapat berantakan nantinya.

Perlunya membagi tugas dan tanggung jawab masing-masing pada setiap anggota keluarga juga supaya mereka dapat memaksimalkan waktunya dengan baik dan bisa menyisakan waktunya untuk keluarga.

Cari aktivitas yang bisa dilakukan bersama

Mencari aktivitas yang bisa dilakukan bersama juga sangat penting, sebab itulah tujuan dari family time supaya lebih berkualitas. Selain itu, juga penting untuk mencari waktu luang bersama supaya family time dapat berjalan dengan maksimal.

Macam aktivitas yang bisa dilakukan bersama, antara lain berolahraga, menonton film, berkebun, membersihkan rumah, bermain, jalan-jalan, memasak, atau pun sekedar berkumpul sambil menikmati makanan dan minuman bersama.

Biarkan anak ikut berpartisipasi dalam memilih kegiatan bersama

Peran anak dalam memutuskan untuk melakukan quality time juga penting, sebab anak merupakan bagian dari anggota keluarga dan berhak mengutarakan pendapatnya. Jadi, tetap biarkan ia ikut memilih kegiatan untuk dilakukan bersama supaya orang tua tahu juga apa yang diinginkannya.

Jadi, itulah mengapa quality time sangat penting. Tentu saja karena memiliki banyak manfaat. Supaya dapat berjalan dengan baik, hendaknya juga perlu diketahui cara-cara untuk melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.