Lompat ke konten

7 Simbol Kasih Sayang, Ini Lambangnya

Simbol Kasih Sayang

Simbol kasih sayang banyak sekali macamnya. Tidak hanya hati dan coklat saja, bahkan binatang, daun, maupun bunga bisa dijadikan sebagai simbol cinta kasih.

Ada sejarah di balik menjadikan benda-benda tersebut sebagai simbol kasih sayang. Sebab selain indah saat dipandang, juga punya makna tersendiri. Sehingga, ketika Anda hendak menunjukkan kasih dan sayang melalui sebuah simbol, tak melulu hanya dengan coklat dan hati saja.

Misalnya ketika Hari Valentine maupun saat hendak menyatakan cinta kepada seseorang. Orang-orang mungkin hanya memberikan mawar dan coklat, tetapi Anda dapat memberikan benda lain yang maknanya serupa dan tak kalah berarti.

Apabila simbolnya berupa binatang, bukan berarti membawakan wujud aslinya kepada seseorang saat hendak menunjukkan rasa cinta. Anda bisa memberikan tiruannya, misalnya pajangan meja atau dinding, maupun berupa aksesoris menarik. Apalagi saat ini kado dengan lambang kasih sayang bisa dengan mudah diperoleh melalui toko online dan toko pernak pernik.

Oleh karena itu, memang tak melulu coklat dan mawar saja yang diberikan sebagai lambang cinta. Adapun beberapa benda lainnya untuk dijadikan sebagai tanda cinta kepada orang lain. Ini dia tujuh simbol kasih sayang.

1. Bunga Mawar Merah

Bunga mawar merah sangat populer dan umum digunakan sebagai lambang kasih sayang. Terutama ketika masuk Hari  Valentine, penjual mawar dapat dengan mudah ditemukan di mana-mana.

Sejak zaman dahulu, mawar sudah dijadikan sebagai simbol cinta kasih. Semua ini bermula dari legenda Yunani dan Romawi Kuno. Di mana pada saat itu seorang Dewi Cinta (Venus) pergi mencari kekasihnya dan berlari di antara semak-semak mawar hingga kaki tangannya tergores oleh duri tajam dari mawar.

Akibat perjuangan Venus dalam mencari kekasihnya itulah yang akhirnya membuat mawar merah sampai saat ini dijadikan sebagai lambang kasih sayang. Bahkan di Romawi pun, mawar merah digunakan sebagai simbol kecantikan dan cinta.

Tak hanya itu, orang Romawi senang menebarkan kelopak mawar di tempat tidurnya sebelum bercinta. Hal ini karena bunga tersebut dianggap mampu menenangkan dan meningkatkan gairah seksual.

Mungkin memberikan bunga ini terkesan biasa saja. Akan tetapi, makna dibaliknya sungguh luar biasa karena adanya perjuangan cinta dan ketulusan.

2. Burung Merpati

Lambang kasih sayang berikutnya yaitu burung merpati. Anggapan merpati putih sebagai simbol cinta karena warna bulunya putih bersih, artinya ketulusan perasaaan dan kesucian.

Bukan hanya itu saja, burung merpati dianggap memiliki pancaran energi positif, sehingga memancarkan energi rasa yang spesifik. Maka dari itu, hal tersebut menggambarkan kemurnian cinta.

Sama seperti angsa, burung merpati sistem kawinnya monogami atau hanya sekali kawin saja dengan pasangannya. Sehingga tak akan berpaling dari pasangannya saat ini untuk seumur hidupnya, bahkan ada pepatah “Merpati tak pernah ingkar janji”, sesuai dengan sifatnya.

Apabila hendak menunjukkan kasih dan sayang kepada orang lain, bukan berarti Anda harus membeli sepasang merpati. Anda bisa menunjukkannya melalui sebuah pajangan indah dan penuh makna, lalu mengandung unsur burung merpati putih.

Memberikan benda berunsur burung merpati putih menandakan bahwa Anda memiliki kemurnian perasaan pada seseorang sekaligus kesetiaan paling tulus. Maka dari itu, tak ada salahnya apabila dijadikan sebagai ungkapan rasa.

3. Angsa

Sejak dahulu kala, angsa dijadikan sebagai simbol kasih sayang. Angsa dianggap sebagai tanda kesetiaan dan pengabdian. Mirip dengan burung merpati putih, binatang ini dianggap setia karena setia pada satu pasangan saja seumur hidupnya.

Tak mengherankan apabila angsa dijadikan sebagai lambang kasih sayang. Sebab ketika sedang bermesraan dengan pasangannya, kedua angsa saling membungkukkan leher panjangnya agar dapat menyentuh satu sama lainnya. Pertemuan antara dua kepalanya tersebut jika diperhatikan membentuk simbol hati, sehingga binatang ini kerap kali dianggap sebagai lambang cinta.

Menunjukkan rasa sayang kepada orang lain melalui binatang angsa, bisa Anda lakukan dengan memberikan hadiah berunsur binatang tersebut. Memberikannya kepada orang terkasih akan membuatnya memahami bahwa Anda setulus itu padanya dan tak ingin kehilangannya.

4. Daun Maple

Daun maple yang merupakan bagian dari tumbuhan adalah simbol kasih sayang unik dan populer di kalangan orang-orang Amerika Utara. Bentuk daun ini sangat indah, warnanya pun kuning kadang jingga dan mungkin merah jika sudah memasuki musim gugur.

Tak semua orang mengetahui bahwa ternyata daun maple adalah simbol kasih sayang. Padahal, daun maple memiliki makna ketenangan, kenyamanan, cinta, sakit hati, dan sebagainya.

Meskipun memiliki bermacam-macam makna, di Jepang ternyata ada tradisi tersendiri mengenai daun maple. Apabila menemukan daun maple yang memiliki delapan sisi, maka konon katanya Anda akan segera bertemu dengan cinta sejati.

5. Bunga Tulip

Tak hanya sedap dipandang, bunga tulip pun termasuk salah satu lambang kasih sayang. Bunga yang berasal dari Turki dan Belanda ini seringkali dijadikan sebagai suatu ungkapan untuk menyatakan rasa cinta kepada orang lain.

Keberadaan tulip memang tak sepopuler mawar merah dalam hal simbol ungkapan perasaan. Namun, tulip memiliki makna tersendiri, yaitu kesempurnaan cinta, keabadian, kasih sayang tak terbatas, keagungan, kemakmuran, serta gairah cinta.

Apabila dilihat melalui perbedaan warnanya, bunga tulip pun memiliki makna berbeda-beda pula. Tulip merah melambangkan cinta mendalam dan kasih yang sempurna, sedangkan putih artinya ketulusan cinta dan kesetiaan.

Anda bisa coba memberikannya pada orang terkasih sebagai ungkapan isi hati yang tulus. Berikan melalui buket atau rangkaian agar semakin menarik, memberikannya sebagai ungkapan kasih sayang kepada orang tua pun tak ada salahnya.

6. Bunga Lily Putih

Sebagai lambang kasih sayang, bunga lily putih ternyata memiliki sejarahnya tersendiri. Warna putihnya sangat indah, sehingga cocok diberikan kepada orang tercinta, khususnya orang tua, sahabat, maupun kekasih.

Sejak zaman dahulu, lily putih selain sebagai simbol kesucian juga bermakna ketulusan. Semua ini bermula dari warga Tionghoa di mana mereka menjadikan lily putih sebagai simbol kesucian, kasih yang murni, ketulusan, permintaan maaf, dan kelahiran kembali.

Memberikan buket berisi bunga lily putih ketika Hari Valentine yang dipadu dengan mawar atau tulip pada momen tertentu tidak ada salahnya. Merangkainya dengan sangat apik akan memberikan kesan tulus.

7. Bunga Anyelir

Terakhir, lambang kasih sayang lainnya adalah bunga anyelir atau carnation. Filosofi ini dimulai dari dua pemikiran, pertama dari zaman Romawi Kuno, di mana anyelir dianggap sebagai penobatan. Pemikiran kedua menjelaskan bahwa bunga ini mengandung pesan yang kuat.

Bunga anyelir, khususnya berwarna putih melambangkan kesetiaan. Warnanya putih, menunjukkan adanya rasa cinta dan kasih murni sekaligus disertai rasa syukur.

Warna lain anyelir yang menunjukkan kasih sayang yaitu merah. Biasanya diberikan kepada orang yang dikagumi. Namun pada beberapa negara juga menunjukkan cinta dan ketulusannya.

Itulah ketujuh simbol kasih sayang. Kira-kira, benda apa yang hendak Anda berikan kepada orang terkasih untuk menunjukkan rasa cinta?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.