Lompat ke konten

Banyak Manfaatnya, 16 Aplikasi untuk Ibu Hamil ini Wajib Diunduh!

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Aplikasi untuk Ibu Hamil

Adanya aplikasi untuk ibu hamil banyak membawa manfaat selama masa kehamilan. Meskipun begitu, keberadaan dokter tak akan bisa menggantikan aplikasi. Ibu tetap membutuhkan konsultasi langsung dengan dokter kandungan untuk mengetahui tumbuh kembang janinnya sekaligus tetap update mengenai info-info seputar kehamilan.

Lantas, bukan berarti keberadaan aplikasi tersebut adalah hal yang sia-sia. Justru dengan adanya hal tersebut berguna untuk memberikan informasi dan edukasi, sekaligus sebagai sarana untuk bisa mengontrol diri ibu secara mandiri di rumah.

Banyak fitur yang bisa digunakan, mulai dari melakukan prediksi hitungan maupun perencanaan momongan, memantau perkembangan bayi, maupun memberikan berbagai macam informasi edukasi seputar kehamilan, seperti olahraga atau makanan sehat yang baik untuk ibu dan janin.

Beberapa rekomendasi aplikasi untuk ibu hamil ini wajib dicoba karena memberikan banyak sekali manfaat. Apa saja aplikasi yang direkomendasikan tersebut? Simak detail ulasan berikut ini.

1. Teman Bumil

Aplikasi Teman Bumil merupakan buatan Indonesia yang sudah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna. Aplikasi ini diciptakan khusus untuk ibu hamil di Indonesia supaya lebih update tentang berbagai informasi seputar kehamilan.

Tidak hanya itu, aplikasi Teman Bumil juga berguna untuk memantau tumbuh kembang bayi di dalam kandungan, masa melahirkan, hingga si buah hati berusia 5 tahun. Fitur yang tersedia, antara lain milestone untuk memantau tumbuh kembang anak, rekam medis untuk keperluan menyimpan data perkembangan ibu dan janin, serta berbagai informasi berupa artikel maupun video edukasi seputar bayi dan kehamilan.

Isi konten edukasi, termasuk artikel maupun video menyesuaikan dengan tema dan budaya di Indonesia. Sehingga, Anda tak perlu kesusahan menggunakannya.

Aplikasi ini banyak direkomendasikan selain tampilannya juga cukup menarik, isinya pun bisa dibilang cukup lengkap. Anda dapat mengunduhnya di Play Store maupun App Store.

2. Pregnancy+

Aplikasi Pregnancy+ sudah diunduh gratis oleh lebih dari 45 juta pengguna. Aplikasi untuk ibu hamil ini sangat direkomendasikan untuk diunduh karena memiliki informasi lengkap seputar edukasi kehamilan dan membantu mengontrol tumbuh kembang janin secara mandiri di rumah.

Kelebihan dari Pregnancy+ ini yaitu bisa menampilkan gambaran janin secara tiga dimensi supaya ibu bisa mendapat bayangan mengenai gambaran kondisi si buah hati di dalam kandungan. Tampilannya pun sederhana dan mudah dimengerti, sehingga membuatnya sangat nyaman digunakan.

Aplikasi Pregnancy+ juga dilengkapi beberapa fitur penting, seperti kalkulator kehamilan, yaitu kalkulator yang berguna untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL), pergerakan dan tendangan dari janin, kondisi janin, catatan perkembangan berat badan ibu, serta perhitungan jarak antar kontraksi ibu. Adanya fitur yang cukup lengkap tersebut, dapat memudahkan Anda untuk mengontrol kehamilan secara mandiri di rumah.

Tak hanya itu, di Pregnancy+ ini ibu juga bisa mendapatkan rekomendasi nama-nama bayi, daftar persiapan dan perlengkapan yang harus disediakan saat nanti bersalin, serta kalender berisi reminder untuk kontrol ke dokter kandungan. Sangat lengkap, bukan? Anda juga dapat mengunduhnya di Play Store maupun App Store.

3. HalloBumil

HalloBumil merupakan aplikasi yang berasal dari Indonesia dan dapat diunduh secara gratis di Play Store maupun App Store. Aplikasi ini banyak memuat artikel edukasi beserta tips seputar kehamilan sesuai dengan usia kandungan. Gaya bahasa yang digunakan sangat mudah dimengerti, sehingga Anda tak perlu bingung ketika menjelajahinya.

HalloBumil ini dibuat oleh tim dokter dari HalloBumil, dan juga bekerja sama dengan klikdokter.com sehingga tak perlu diragukan lagi, baik dari segi kualitas serta edukasi yang disajikan di dalamnya.

Aplikasi ini memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan aplikasi untuk ibu hamil pada umumya. Fitur menarik yang terdapat pada HalloBumil ini, yaitu adanya timeline monitoring kehamilan yang dilengkapi dengan informasi mengenai kondisi yang sedang dirasakan oleh ibu saat itu juga. Sehingga, fitur ini bermanfaat untuk mendeteksi sesuatu yang terjadi apabila tidak sesuai dengan timeline karena sudah mengetahuinya lebih awal.

4. Ovia Pregnancy Tracker

Aplikasi selanjutnya adalah Ovia Pregnancy Tracker yang dapat diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Ovia Pregnancy Tracker kurang lebih mirip dengan aplikasi kehamilan pada umumnya, namun terdapat fitur menarik di dalamnya, yaitu ibu dapat melihat ilustrasi ukuran kaki dan tangan bayi dalam setiap tahap tumbuh kembangnya.

Ovia Pregnancy Tracker juga memiliki fitur berupa safety lookup untuk memberikan informasi seputar gejala kehamilan, informasi mengenai keamanan makanan dan nutrisi penting bagi ibu yang sedang mengandung, maupun obat-obatan yang mungkin berencana akan dikonsumsi supaya dapat mengantisipasi mengkonsumsi obat-obatan berbahaya.

Tak hanya itu, di Ovia Pregnancy Tracker juga disediakan fitur berupa penyimpanan foto hasil USG supaya tidak tercecer dan tercampur dengan foto lain di galeri handphone. Bahkan, disediakan pula fitur berupa forum diskusi agar bisa saling berbagi informasi maupun pendapat dengan orang lain.

5. BukuBumil

BukuBumil yang merupakan aplikasi yang dikembangkan dari Indonesia ini memiliki fitur cukup lengkap. Salah satunya adalah untuk memantau perkembangan janin dari minggu ke minggu, serta juga berisi informasi mengenai hal-hal yang harus diwaspadai selama masa kehamilan.

Uniknya lagi, aplikasi BukuBumil juga menyediakan musik klasik untuk relaksasi janin dan juga bacaan surat Al Qur’an. Ketika Anda mengaktifkan Islamic Mode, akan direkomendasikan beberapa bacaan surat Al Qur’an untuk diperdengarkan pada janin.

Adanya musik klasik tersebut berguna dalam perkembangan otak bayi. Dalam BukuBumil juga diberikan informasi seputar cara mengatasi keluhan selama mengandung, persiapan persalinan, serta tentang ibu hamil dalam perspektif islam.

6. Hi Mommy Pregnancy Tracker

Jika BukuBumil memantau perkembangan janin dari minggu ke minggu, aplikasi Hi Mommy Pregnancy Tracker ini dapat memantau perkembangan janin dari hari ke hari. Di aplikasi ini banyak diberikan berbagai informasi mengenai apa saja yang harus dihindari selama kehamilan, persiapan, daftar perlengkapan bayi baru lahir, maupun hal lainnya yang membuat Anda menjadi lebih tenang selama menjalani masa kehamilan.

User interface aplikasi Hi Mommy ini sangat menarik, sederhana, serta mudah untuk digunakan. 

7. Pregnancy Exercise

Sesuai dengan namanya, aplikasi Pregnancy Exercise ini berisi informasi beserta petunjuk mengenai olahraga yang boleh dilakukan oleh ibu hamil. Adapun diberikan informasi mengenai aktivitas fisik ringan yang dapat dilakukan supaya kondisi ibu tetap bugar dan janin juga tetap sehat.

Aplikasi Pregnancy Exercise inidapat diunduh di Android. Sedangkan di perangkat iOS dapat dicari dengan nama Pregnancy Workout.

Olahraga selama masa kehamilan sangat penting, bukan hanya membuat tubuh ibu menjadi sehat dan bugar saja, tetapi juga mempermudah ketika nanti proses persalinan. Maka dari itu, di aplikasi ini diajarkan mengenai cara olahraga yang aman dan mudah dilakukan ibu hamil.

8. My Pregnancy – BabyCenter

Aplikasi untuk ibu hamil yang satu ini menyediakan banyak fitur menarik untuk menemani ibu selama masa kehamilan. My Pregnancy – Baby Center memberikan berbagai panduan mengenai perkembangan bayi dalam kandungan, makanan dan asupan gizi selama mengandung, maupun berbagai tips lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga menghadirkan kelas online serta forum diskusi yang tentunya dapat diakses secara gratis. Sehingga, Anda bisa saling bertukar pikiran dengan wanita hamil lainnya melalui forum diskusi tersebut.

9. The Bump

Aplikasi untuk ibu hamil selanjutnya yaitu The Bump yang dapat diunduh melalui perangkat Android maupun iOS. Di sini, Anda dapat memperoleh berbagai konten edukasi dan terpercaya seputar kehamilan dan persiapan untuk proses persalinan.

The Bump memiliki fitur unik berupa ilustrasi tiga dimensi perkembangan bayi dalam kandungan, serta rekomendasi nama bayi yang unik dan populer. Disediakan pula fitur album untuk membantu menyusun foto perkembangan bayi. Selain itu, Anda juga dapat merencanakan kunjungan rutin ke dokter kandungan melalui aplikasi ini.

10. Hello Belly: Pregnancy Tracker

Aplikasi Hello Belly: Pregnancy Tracker ini menyediakan lebih dari 400 artikel yang ditulis langsung oleh para ahli tentang kehamilan. Selain itu, di sini Anda dapat mengakses kelas meditasi khusus ibu hamil.

Uniknya, aplikasi Hello Belly: Pregnancy Tracker ini juga menyediakan video yoga untuk wanita hamil, serta ilustrasi tiga dimensi perkembangan bayi secara lebih nyata per hari maupun per minggunya. Anda bisa mengunduhnya melalui Play Store dan App Store.

11. Pregnancy Tracker – Glow

Pregnancy Tracker – Glow ini merupakan aplikasi untuk ibu hamil terlengkap dan dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Sebab disediakan fitur memantau perkembangan janin, konten edukasi kehamilan, menghitung waktu kehamilan, serta disediakan forum diskusi supaya dapat saling berbagi cerita dengan ibu mengandung lainnya.

Tak hanya itu, terdapat juga fitur lainnya seperti menghitung berat dan tinggi janin, baby bumps, jarak antar waktu kontraksi, hingga perubahan ibu selama masa kehamilan tersebut. Adanya kelengkapan fitur tersebut dapat memudahkan Anda mendapatkan bahan untuk dikonsultasikan dengan dokter kandungan saat kontrol nantinya.

12. Sprout Pregnancy

Sprout Pregnancy merupakan aplikasi yang menyediakan ilustrasi tiga dimensi mengenai perkembangan janin. Selain itu, melalui aplikasi ini Anda dapat mengakses berbagai macam artikel yang berisi tips dan panduan seputar kehamilan dari situs-situs terpercaya. Bahkan disediakan juga notes dan reminder untuk membantu mempersiapkan pertanyaan saat kontrol rutin ke dokter kandungan nantinya.

13. What to Expect Pregnancy and Baby Tracker

Aplikasi What to Expect menyediakan berbagai fitur yang bisa dibilang cukup lengkap. Dimulai dari saat merencanakan kehamilan, memantau perkembangan bayi setiap minggunya, mempersiapkan masa persalinan, serta panduan dalam merawat bayi baru lahir (termasuk panduan memberikan makanan dan ASI).

14. Pregnancy Week by Week – Amila

Aplikasi Pregnancy Week by Week – Amila dengan tampilan sederhana ini sangat lengkap. Bahkan, dapat memudahkan Anda tak hanya untuk memantau perkembangan bayi, mempersiapkan persalinan, maupun kondisi kesehatan selama kehamilan, akan tetapi juga membantu Anda mencatat hal berbagai hal penting dan perlu diketahui selama masa kehamilan.

Catatan tersebut akan disimpan secara rapi untuk mengetahui perkembangan serta kesehatan ibu dan bayinya. Sehingga, adanya catatan tersebut akan memudahkan Anda untuk menjadikannya sebagai bahan diskusi saat kontrol rutin dengan dokter.

15. I’m Expecting

I’m Expecting merupakan aplikasi yang cocok digunakan untuk Anda yang baru pertama kali hamil maupun sedang merencanakan untuk memiliki momongan. Fiturnya kurang lebih serupa dengan aplikasi untuk ibu hamil lainnya. I’m Expecting pun juga menyediakan berbagai tips supaya tetap aman dan nyaman selama mengandung.

16. Count The Kicks

Sesuai dengan namanya, Count The Kicks merupakan aplikasi untuk ibu hamil yang membantu pergerakan janin di dalam rahim. Anda dapat mengetahui seberapa banyak bayi menendang perut dalam sehari. Sehingga, apabila pergerakan yang terjadi tak seperti biasanya, Anda bisa langsung konsultasi dengan dokter kandungan terkait hal ini.

Itulah berbagai aplikasi yang dirancang khusus untuk memudahkan ibu selama masa kehamilannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.