Lompat ke konten

Review Aplikasi The Asian Parent, Cocok untuk Orang Tua dan Ibu Hamil

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Review Aplikasi The Asian Parent

Menjadi orang tua dan ibu yang baik membutuhkan kesiapan dan kesabaran luar biasa. Setiap hari harus siap belajar dan berbenah diri supaya bisa mendidik si buah hati dengan baik. Maka dari itu, orang tua terutama ibu dituntut belajar agar memiliki banyak ilmu, khususnya ilmu parenting.

Memanfaatkan teknologi berupa smartphone untuk membuat diri terus menjadi lebih baik, bisa saja dilakukan. Misalnya dengan mengunduh aplikasi edukatif, ataupun memanfaatkan internet untuk melihat konten positif.

Teknologi saat ini sudah semakin canggih, sehingga mudah untuk mendapatkan hampir semua hal pada zaman serba digital. Mendapatkan ilmu untuk menjadi orang tua pun juga bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi di ponsel.

The Asian Parent atau biasa disingkat TAP merupakan sebuah aplikasi yang sangat cocok diunduh oleh para orang tua maupun calon ibu. Sebab, dari sinilah Anda dapat memperoleh berbagai macam ilmu seputar parenting, kehamilan, perkembangan anak, dan juga perihal membangun keluarga.

Mari kita mengenal lebih jauh sekaligus membaca review mengenai aplikasi The Asian Parent ini.

Apa Itu Aplikasi The Asian Parent (TAP)?

The Asian Parent merupakan aplikasi berbasis parenting dan juga kehamilan terbesar di Asia Tenggara. Sehingga, aplikasi tersebut akan cocok untuk para orang tua maupun calon ibu. Di dalamnya disajikan banyak fitur menarik yang edukatif, tentunya isi kontennya juga berkualitas dan terpercaya.

Aplikasi terbesar di Asia Tenggara ini membahas mengenai perencanaan dan program kehamilan, seputar kehamilan, menyusui si kecil, cara menjadi orang tua, merawat si buah hati, bahkan tentang cara mengurus keluarga.

Mengunduh aplikasi ini memungkinkan para orang tua mendapatkan informasi paling up to date seputar dunia parenting. Terutama pada saat awal registrasi akan diberikan pertanyaan apakah Anda sedang hamil atau sudah menjadi orang tua. Tujuannya adalah supaya bisa memilah konten mana yang cocok untuk Anda nantinya.

The Asian Parent merupakan komunitas online parenting ini sudah memiliki banyak sekali anggota. Mulai dari yang belum menikah, para orang tua, hingga wanita hamil boleh bergabung untuk saling berdiskusi dalam komunitas atau forum. Sebenarnya juga bersifat umum, tetapi yang bergabung kebanyakan dari para orang tua dan wanita hamil.

Manfaat Menggunakan Aplikasi The Asian Parent (TAP)

Menggunakan aplikasi The Asian Parent sebenarnya tidak akan rugi sama sekali. Terutama bagi ibu yang sedang mengandung karena bisa memantau perkembangan bayi di dalam rahim. Tak hanya itu, disediakan pula konten-konten kehamilan, mulai dari asupan nutrisi, makanan, serta olahraga khusus untuk ibu hamil, sehingga membuat aplikasi ini sangat cocok untuk ibu hamil.

Manfaat lain dari menggunakan aplikasi The Asian Parent, yaitu terdapat fitur komunitas yang memungkinkan para penggunanya bisa saling berdiskusi, tanya jawab, maupun saling meminta saran dari pengguna lainnya. Banyak sekali permasalahan untuk bisa didiskusikan, baik itu masalah selama kehamilan, menyusui, mengurus anak, maupun mengurus keluarga di rumah, sehingga membuat aplikasi ini memberikan banyak manfaat bagi Anda jika mengunduhnya.

The Asian Parent juga menyediakan berbagai macam artikel yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan para orang tua dan calon ibu. Bahkan, apabila sering bergabung dalam tanya jawab akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan suatu produk.

Review Fitur pada Aplikasi The Asian Parent (TAP)

Saat pertama kali mengunduh aplikasi The Asian Parent, Anda bisa melakukan registrasi melalui Apple ID, Akun Facebook, ataupun Akun Google. Ketika melakukan registrasi, Anda diminta menjawab pertanyaan apakah sedang hamil atau sudah menjadi orang tua. Pertanyaan tersebut harus dijawab untuk memudahkan The Asian Parent memilah informasi dan konten yang cocok untuk Anda.

Registrasi The Asian Parent

Jika sedang hamil, maka diminta untuk memasukkan tanggal di mana hari pertama haid terakhir (HPHT) dan hari perkiraan lahir (HPL) dinyatakan oleh dokter. Mengapa harus mengisinya?  Sebab hal ini akan memudahkan aplikasi untuk melakukan tracking atau pemantauan terhadap kondisi ibu dan bayinya, sehingga akan sering memunculkan berbagai konten atau informasi sesuai dengan usia kandungan.

Hari Perkiraan Lahir untuk The Asian Parent

Selanjutnya, Anda diminta untuk memilih beberapa topik yang sedang dibutuhkan. Topik yang disuguhkan ini berupa tentang seorang ayah atau ibu, random talk, bayi, menyusui, serta resep masakan. Anda dapat memilih semuanya sekaligus, bisa juga memilih hanya beberapa bahasan saja yang memang sedang dibutuhkan informasinya.

Pemilihan Topik Aplikasi The Asian Parent

Apabila proses registrasi tersebut telah selesai, Anda akan diarahkan menuju ke halaman utama. Di sana Anda dapat melihat berbagai fitur untuk bisa diakses sesuai dengan kebutuhan. Fitur yang disuguhkan oleh aplikasi The Asian Parent ini, antara lain VIP, Pregnancy Tracker, Baby Tracker, Checklist, Food & Nutrition, Activities, Medicines, Media, Articles, Recipes, Shopping, dan Kick Counter. Adapun fitur untuk komunitas yang bisa diakses, seperti Ask Other Parents, Polls, Photobooth, Bookmark, serta Topics yang juga pasti akan berguna nantinya.

Laman Utama The Asian Parent

Berikut ini rincian penjelasan mengenai masing-masing fitur pada aplikasi The Asian Parent.

VIP

Menu VIP ini tergolong baru di aplikasi The Asian Parents. Tujuan adanya fitur ini, yaitu untuk memudahkan The Asian Parents bekerjasama dengan dengan member VIP, atau bahasa lainnya adalah sebagai influencer.

Syarat menjadi member VIP, antara lain sedang hamil atau sudah menjadi orang tua, serta memiliki lebih dari 1500 pengikut di Facebook atau Instagram. Apabila memenuhi persyaratan tersebut, Anda bisa mendaftarkan diri menjadi member VIP yang memiliki keuntungan bisa mendapatkan penghasilan tambahan atau hadiah secara gratis. Sangat lumayan, bukan?

Pregnancy Tracker (Pemantau Kehamilan)

Sesuai dengan namanya, pemantau kehamilan ini akan memudahkan Anda untuk memantau perkembangan bayi dalam kandungan, mulai dari minggu pertama hingga saat menjelang kelahiran. Pada fitur ini disediakan informasi mengenai ukuran serta perkembangan bayi dari hari ke hari maupun minggu ke minggu.

Baby Tracker (Pemantau Bayi)

Pada menu pemantau bayi ini, Anda bisa melihat tahap tumbuh kembang si buah hati mulai usia 0-5 tahun. Pada setiap perkembangannya itu, Anda akan ditunjukkan mengenai hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil.

Checklist

Fitur ini merupakan suatu checklist untuk kehamilan dan tumbuh kembang bayi. Gunanya untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga si buah hati. Dalam hal ini juga termasuk konsumsi vitamin, olahraga, maupun aktivitas fisik yang bisa dilakukan selama kehamilan.

Food & Nutrition (Makanan dan Nutrisi)

Dalam fitur ini berisi makanan dan nutrisi apa saja yang boleh dan harus dikonsumsi selama masa kehamilan. Makanan yang bisa dikonsumsi selama kehamilan ini dikategorikan berdasarkan jenis bahannya, misalnya serealia atau gandum, kacang-kacangan, makanan kaleng, bumbu yang boleh digunakan dalam makanan, daging-dagingan, ikan, dan lain-lain.

Activities (Aktivitas)

Fitur aktivitas ini berisi tentang aktivitas apa  saja yang boleh dilakukan oleh ibu hamil, termasuk yang harus diwaspadai. Misalnya perjalanan, olahraga, masalah kesehatan, kegiatan di rumah, serta gaya hidup.

Medicines (Obat-obatan)

Fitur ini berisi obat-obatan apa yang boleh dikonsumsi dan tak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil.

Media

Media merupakan fitur dari aplikasi The Asian Parent yang memberikan suguhan musik klasik untuk perkembangan otak janin.

Artikel

Pada fitur artikel, Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi mengenai kehamilan dan juga parenting. Tentunya berasal dari sumber terpercaya.

Resep

Pada fitur ini, Anda bisa mendapatkan berbagai resep makanan sehat, baik untuk ibu hamil, menyusui, maupun untuk bayi.

Shopping (Belanja)

Menu ini berisi katalog perlengkapan dan kebutuhan untuk ibu dan bayi.

Kick Counter (Tendangan Bayi)

Selanjutnya ada fitur kick counter yang berguna untuk menghitung jumlah dan jenis tendangan bayi dalam rahim. Fitur ini berguna untuk mengetahui sesuatu yang terjadi pada bayi melalui konsultasi langsung dengan dokter kandungan apabila jumlah tendangan tak seperti biasanya. Di sini, Anda juga bisa menyimpan baby kicks sebagai bahan konsultasi bersama dokter.

Ask Other Parents (Tanyakan pada Orang Tua Lain)

Fitur ini memungkinkan Anda untuk bertanya kepada orang tua lainnya yang mungkin lebih paham di The Asian Parent, baik itu mengenai keluhan selama mengandung, masalah MPASI, menyusui, ilmu parenting, dan lain-lain. Anda dapat juga mengirimkan pertanyaan secara rahasia atau anonim.

Polls (Polling)

Fitur ini berisi poling pertanyaan-pertanyaan yang juga bisa digunakan sebagai forum diskusi.

Photobooth

Fitur ini memungkinkan para orang tua untuk mengunggah foto kebersamaan dengan sang buah hati, maupun baby bump. Pada photobooth ini disediakan juga fitur frame dan stiker untuk membuat foto menjadi lebih menarik.

Bookmark

Bookmark berfungsi untuk menyimpan sekaligus menandai suatu postingan, polling, maupun artikel supaya bisa dibaca lagi di kemudian hari.

Topics

Topik merupakan bahasan yang bisa Anda pilih sesuai dengan keadaan dan kebutuhan Anda. Topik yang bisa dipilih meliputi tentang ayah atau ibu, percakapan random, menyusui, perkembangan anak, prasekolah, berbagi resep, kehamilan, bayi, dan lain-lain.

Itulah review aplikasi The Asian Parent, Anda dapat mengunduhnya melalui perangkat Android maupun iOS. Fitur-fitur yang lengkap pada aplikasi parenting dan kehamilan tersebut, akan lebih memudahkan Anda untuk memantau kehamilan secara mandiri, informasi tentang bayi dan kehamilan, dunia parenting, maupun belajar untuk menjadi orang tua dan membangun keluarga yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.