Lompat ke konten

Review Pregnancy+: Aplikasi Kehamilan Terbaik yang Wajib Diunduh

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Review Aplikasi Pregnancy+

Kehamilan adalah anugerah terbaik yang diberikan Tuhan. Apalagi, ketika adanya momongan tersebut telah dinanti sejak lama. Sehingga membuat para calon orang tua melakukan apapun yang terbaik untuk buah hatinya.

Namun, tak semua calon orang tua terutama ibu memiliki pengetahuan soal kehamilan, apalagi ketika baru pertama kali memiliki anak. Termasuk tentang apa saja yang boleh dan tak boleh dikonsumsi, aktivitas dan olahraga yang perlu dilakukan, konsumsi obat-obatan dan vitamin, maupun pentingnya asupan gizi selama kehamilan. Semua hal tersebut penting diketahui agar menjaga ibu dan bayi tetap sehat juga aman.

Keberadaan aplikasi untuk ibu hamil banyak membantu dari merencanakan dan menjalani kehamilan, sampai proses persalinan dan merawat bayi baru lahir. Namun, tak semua orang mengetahui fungsi dan kegunaan aplikasi tersebut. Padahal di dalamnya banyak sekali informasi terpercaya sekaligus selalu up to date tentang ibu dan bayi yang akan berguna nantinya bagi para calon orang tua.

Salah satu aplikasi yang dimaksud, yaitu Pregnancy+. Aplikasi ini sudah banyak diunduh dengan rating sangat bagus di App Store maupun Play Store. Maka, Anda tak perlu ragu menggunakan aplikasi Pregnancy+ ini untuk membantu selama kehamilan.

Penasaran apa itu Pregnancy+ dan fitur-fitur yang disediakan di dalamnya? Simak review aplikasi Pregnancy+ berikut ini.

Mengenal Pregnancy+, Aplikasi untuk Ibu Hamil

Pregnancy+ adalah sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk ibu hamil. Aplikasi ini diklaim sebagai yang terlengkap dan paling banyak pengguna di seluruh dunia. Sehingga, Anda tak perlu ragu dalam menggunakannya karena banyak sekali informasi serta fitur-fitur yang bisa menunjang masa kehamilan Anda.

Aplikasi ini dapat Anda unduh dengan mudah di perangkat seluler. Pregnancy+ membantu Anda mendapatkan berbagai informasi kondisi janin dari minggu ke minggu maupun hari ke hari, kebutuhan asupan gizi makanan dan vitamin, persiapan persalinan, menyusui, pemberian nama bayi, serta perkembangan si kecil sejak pertama kali lahir ke dunia sampai usianya 5 tahun.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pregnancy+

Banyak fitur bermanfaat yang bisa didapatkan apabila mengunduh aplikasi Pregnancy+ ini. Terutama bagi para wanita atau calon orang tua yang baru pertama kali hamil atau mempunyai momongan, aplikasi ini sangat membantu untuk memberikan informasi yang berguna untuk memantau kehamilan secara mandiri di rumah.

Akan tetapi, bukan berarti dengan adanya aplikasi tersebut justru melupakan pentingnya konsultasi ke dokter kandungan secara langsung. Justru, dengan adanya aplikasi kehamilan berguna membantu memantau tumbuh kembang bayi dalam kandungan, sehingga ketika terdapat keanehan yang terjadi pada janin, Anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai bahan untuk konsultasi dengan dokter kandungan agar tidak melakukan diagnosa sendiri.

Maka dari itu, Anda tak perlu merasa ragu untuk mengunduh aplikasi Pregnancy+ ini. Selain banyak sekali keuntungan yang didapatkan, Anda juga bisa menerima berbagai informasi seputar kehamilan secara up to date.

Review Aplikasi Pregnancy+

Pregnancy+ menyediakan banyak sekali fitur yang membantu dalam menunjang masa kehamilan. Sehingga, Anda akan mendapatkan informasi mengenai tumbuh kembang bayi dalam kandungan, kondisi kesehatan Anda terkini sebagai ibu yang sedang mengandung, informasi harian, maupun berbagai layanan lainnya. Layanan lainnya yang bisa Anda dapatkan di Pregnancy+, antara lain katalog berbelanja, contoh nama bayi dari berbagai negara, baby kicks, maupun jarak waktu antar kontraksi.

Fitur atau layanan pada aplikasi Pregnancy+ ini terbilang sangat lengkap, bahkan user interfacenya juga sangat sederhana, sehingga lebih mudah dimengerti. Tampilannya pun juga tidak terlalu mencolok, hanya perpaduan sederhana warna-warna muda yang lembut. Fitur yang disediakan, antara lain Today, Baby, Me, dan More.

Cara registrasinya pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan akun Facebook ataupun akun Google di perangkat ponsel. Setelah itu akan ditujukan ke laman berikutnya, yaitu mengisi hari perkiraan lahir (HPL) yang telah diprediksi oleh dokter.

Di bawah form HPL, Anda diminta untuk mengisi jenis pengalaman untuk penggunaan aplikasi, yaitu Gold dan Silver. Member Gold ini berarti Anda menggunakan berbagai layanan di Pregnancy+ tanpa ada iklan, sedangkan jika memilih member Silver akan mendapatkan beberapa iklan selama menjelajah aplikasi tersebut.

Registrasi Pregnancy+

Menu Today (Informasi Hari Ini)

Pada tab menu Today berisi mengenai informasi terkini mengenai kondisi bayi dalam kandungan. Pada menu ini, ditampilkan ilustrasi janin secara tiga dimensi. Objek tiga dimensi tersebut bisa diputar hingga 180 derajat untuk melihat secara detail. Jika melakukan tap pada objek, akan ditampilkan pergerakan janin (misalnya seperti detak jantung, pergerakan tangan ataupun kakinya).

Halaman Utama Pregnancy+

Pada menu ini, juga ditampilkan timeline dihitung mundur mulai minggu pertama kehamilan hingga menuju ke hari kelahiran. Disajikan juga berbagai informasi berupa artikel seputar kehamilan, meliputi tips gizi dan nutrisi, cara mengatasi keluhan selama hamil, maupun berbagai informasi berguna lainnya untuk ibu dan tumbuh kembang si buah hati.

Memungkinkan ibu untuk membuat catatan mengenai keluhan ataupun catatan tertentu juga bisa dilakukan. Pada menu Today ini, ibu bisa menuliskan catatan harian yang nantinya bisa dijadikan sebagai bahan konsultasi dengan dokter kandungan.

Banyak sekali informasi menarik serta informatif pada tab menu Today. Sehingga, Anda bisa menjalani masa kehamilan dengan tenang dan aman hingga tiba nanti saatnya si kecil lahir ke dunia. Bahkan, disajikan pula tips menjelang persalinan supaya mengurangi perasaan panik sang ibu menjelang melahirkan.

Menu Baby (Perkembangan Bayi)

Pada tab menu Baby atau Perkembangan Bayi di aplikasi Pregnancy+ ini disediakan beberapa fitur, antara lain informasi harian berupa artikel-artikel yang bisa dibaca (akan ditampilkan bacaan berbeda setiap harinya), informasi mingguan, ilustrasi hasil scan USG dua dimensi dan tiga dimensi, ukuran bayi dari minggu ke minggu, timeline menuju hari perkiraan lahir (HPL), serta rekomendasi nama bayi dari berbagai negara.

Menu Baby pada Pregnancy+

Pada informasi mingguan, ditampilkan informasi detail mengenai panjang dan berat bayi dalam kandungan. Dijelaskan pula mengenai detail tumbuh kembang bayi mulai dari perkembangan otak hingga gambaran fisiknya. Perubahan pada tubuh sang ibu juga dijelaskan secara rinci beserta tips-tips selama menjalani masa kehamilan dari trimester pertama hingga trimester ketiga.

Anda bisa menambahkan catatan dan mengunggah foto hasil USG ataupun baby bumps apabila diperlukan. Adanya fitur ini dapat mempermudah melihat perkembangan ibu maupun bayinya.

Menu Me (Tentang Saya/Ibu)

Selanjutnya adalah tab menu Me (Informasi tentang Ibu) pada aplikasi Pregnancy+ menyediakan beberapa fitur, antara lain guides (panduan), my weight (berat badan ibu), my bumps, birth plan (rencana menuju persalinan), appointments (janji temu dengan dokter kandungan), dan to do (ceklis hal-hal yang dilakukan dari minggu ke minggu).

Menu Me pada Pregnancy+

Pada fitur guides (panduan), disajikan berbagai informasi yang dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Sehingga, informasi yang sedang dibutuhkan bisa dengan mudah dicari.

Pada fitur my weight (berat badan ibu), Anda bisa memasukkan berat badan sebelumnya dan berat badan saat ini. Nantinya akan ditunjukkan grafik perkembangan juga kesehatan dari ibu dan bayi.

Fitur my bumps menunjukkan ilustrasi perkembangan bayi dalam perut tampak samping. Anda juga bisa mengunggah foto sendiri untuk melihat perkembangannya dari minggu ke minggu.

Birth plan (rencana menuju persalinan) merupakan sebuah fitur untuk merencanakan sesuatu yang hendak dilakukan menjelang proses persalinan. Misalnya, rumah sakit pilihan, perlengkapan untuk dibawa, cara bersalin (normal atau sesar), dan lain-lain. Rencana menuju proses persalinan ini sebaiknya juga dikonsultasikan dengan suami dan dokter kandungan.

Appointments merupakan janji temu atau rencana rutin konsultasi dengan dokter kandungan. Supaya tidak lupa, Anda bisa membuat reminder jadwal konsultasi dokter kandungan pada fitur appointment.

Fitur terakhir pada tab menu Me yaitu to do. Isinya berupa ceklis sesuatu yang dilakukan serta keluhan dirasakan, atau kejadian yang terjadi dari minggu ke minggu.

Menu More (Selebihnya)

Tab menu lainnya pada aplikasi Pregnancy+ dengan beberapa fitur tambahan. Fitur tambahan tersebut, antara lain hospital bag, shop, kick counter, contractions, feedback, dan FAQs.

Menu More pada Pregnancy+

Fitur hospital bag memungkinkan Anda merencanakan barang atau perlengkapan apa saja yang hendak dibawa, baik ketika konsultasi dokter maupun saat proses persalinan. Sedangkan pada fitur shop merupakan rincian barang apa saja yang hendak dibeli maupun sudah dibeli. Adanya kedua fitur tersebut akan memudahkan selama masa kehamilan hingga waktunya melahirkan.

Selanjutnya, ada fitur kick counter untuk mengetahui jumlah tendangan bayi dalam kandungan dalam sehari. Lalu, adapun contractions untuk mengetahui jarak waktu antar kontraksi. Kedua fitur ini berguna sebagai bahan konsultasi dengan dokter kandungan.

Terakhir, ada fitur feedback untuk memberikan ulasan atau masalah mengenai aplikasi Pregnancy+. Sedangkan FAQs merupakan pertanyaan-pertanyaan mengenai cara penggunaan aplikasi Pregnancy+.

Begitulah review aplikasi Pregnancy+ secara rinci. Aplikasi ini sangat memudahkan ibu untuk memantau sekaligus menjalani kehamilan dengan tenang dan aman. Maka dari itu, mengunduh Pregnancy+ tak akan ada ruginya.

Tertarik mencobanya? Anda dapat mengunduh Pregnancy+ di perangkat Android maupun iOS smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.