Lompat ke konten

Review Teman Bumil: Aplikasi buatan Indonesia untuk Menemani Masa Kehamilan

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Review Aplikasi Teman Bumil

Kini zaman semakin maju, apalagi dibantu oleh teknologi digital untuk menunjang hampir segala aspek kehidupan. Salah satunya adalah kemunculan smartphone atau ponsel pintar yang bisa memberikan seseorang berbagai informasi melalui internet.

Keberadaan smartphone tak asing lagi bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Sehingga, saat ini banyak pula dikembangkan berbagai aplikasi untuk memudahkan hidup, salah satunya yaitu adanya aplikasi untuk ibu hamil.

Keberadaan aplikasi untuk ibu hamil sangat berguna bagi pasangan yang menantikan momongan, sedang menjalani masa kehamilan, hingga persiapan melahirkan. Salah satunya Teman Bumil yang merupakan aplikasi buatan Indonesia, sangat mudah digunakan untuk menemani masa kehamilan.

Teman Bumil hadir untuk mempermudah para ibu maupun calon ibu di Indonesia untuk menjaga kehamilan dan juga membesarkan buah hatinya. Fiturnya pun sangat lengkap, dengan tampilan yang benar-benar user friendly. Sehingga, tak perlu meragukan kualitas dari aplikasi ini karena mudah digunakan serta menyajikan berbagai informasi edukatif dari berbagai sumber terpercaya.

Tertarik untuk mencobanya tetapi masih ada perasaan ragu? Maka dari itu supaya lebih meyakinkan lagi untuk mengunduhnya, Anda dapat menyimak review aplikasi Teman Bumil secara rinci di bawah ini.

Mengenal Sekilas tentang Aplikasi Teman Bumil

Robyn Soetikno (Co-Founder Teman Bumil) mengatakan bahwa Teman Bumil adalah platform aplikasi yang didesain khusus untuk para ibu hamil. Aplikasi ini didukung dengan banyak fitur yang sangat membantu ibu selama menjalani masa kehamilan dengan tenang dan aman, sekaligus bisa mencatat tumbuh kembang si buah hati dari sejak dalam kandungan hingga terlahir ke dunia.

Menariknya, aplikasi kehamilan tersebut dirancang sesuai dengan keadaan di Indonesia. Salah satunya adalah memberikan informasi mengenai berbagai jenis makanan untuk ibu hamil yang dapat ditemukan di Indonesia. Bahkan, Robyn Soetikno juga menyatakan bahwa semua konten pada aplikasi Teman Bumil sudah diverifikasi oleh dokter, jadi Anda tak perlu ragu, bukan?

Selain itu, Robyn Soetikno juga mengatakan bahwa Teman Bumil sudah bekerja sama dengan layanan kesehatan di Indonesia, termasuk dokter, psikolog, maupun rumah sakit. Adapun berbagai event diadakan, seperti kelas yoga maupun konsultasi, tujuannya supaya para ibu hamil bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

Mengapa Perlu Menggunakan Aplikasi Teman Bumil? Ini Jawabannya!

Keberadaan aplikasi untuk ibu hamil bisa sangat membantu, salah satunya Teman Bumil. Aplikasi ini menghadirkan berbagai fitur menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, di dalamnya juga disajikan konten-konten berupa video dan artikel yang sangat informatif juga edukatif untuk menambah wawasan ibu, sekaligus memberikan tips supaya tetap sehat bugar selama hamil.

Platform Teman Bumil ini juga dirancang untuk memudahkan ibu setelah melahirkan bisa mengurus si buah hati dengan baik karena terdapat konten tentang ibu menyusui, MPASI, serta berbagai cara perawatan bayi baru lahir. Sehingga, Anda tak perlu bingung bagaimana merawat si kecil setelah ia lahir ke dunia.

Bagi Anda yang hendak merencanakan momongan, aplikasi Teman Bumil bisa membantu mewujudkannya. Anda akan diberikan tips bagaimana cara untuk mendapatkan momongan dengan cepat, tips konsultasi program kehamilan (promil) dengan dokter kandungan, makanan bergizi yang harus dikonsumsi, hingga melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum hamil.

Review Fitur-fitur yang Terdapat pada Aplikasi Teman Bumil

Fitur pada aplikasi Teman Bumil bisa dibilang cukup lengkap, bahkan sesuai dengan kondisi di Indonesia. Sehingga, para ibu hamil bisa menggunakannya dengan mudah didukung dengan tampilan aplikasi yang sederhana. Fitur tersebut, antara lain status hidrasi, jurnal, rekam medis, belanja, produk, tips, forum, dan checklist.

Saat pertama kali registrasi di Teman Bumil, Anda akan diberikan pertanyaan mengenai tahapan yang sedang dijalani, seperti apakah sedang promil, hamil, atau sudah melahirkan (tumbuh kembang anak). Setelah menjawab pertanyaan tersebut, selanjutnya akan diarahkan menuju ke halaman utama.

Registrasi Aplikasi Teman Bumil

Fitur pada aplikasi Teman Bumil akan berbeda ketika saat sedang merencanakan program kehamilan, saat hamil, dan ketika sudah melahirkan. Bedanya pada saat sedang menjalani promil, tidak ada fitur jurnal dan rekam medis. Anda dapat mengubah statusnya pada profil ketika sudah mendapatkan momongan nantinya.

Halaman Utama Teman Bumil

Status Hidrasi

Fitur status hidrasi merupakan sebuah pengingat untuk rajin minum air putih supaya tubuh tidak kekurangan cairan dengan minum 8 sampai 10 gelas air setiap hari pada ibu hamil, serta 10 sampai 12 gelas perhari untuk ibu menyusui. Adanya status hidrasi ini sangat membantu ibu maupun calon ibu agar selalu ingat dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Pada status hidrasi, jumlah air yang diminum setiap harinya digambarkan melalui grafik. Jadi, Anda dapat mengetahui konsisten atau tidaknya dalam membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Belanja

Pada fitur belanja terdapat berbagai layanan menarik seperti pembelian khusus USG, persalinan, dan lain-lain. Layanan yang terdapat pada fitur belanja ini merupakan klinik kesehatan dan rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan Teman Bumil. Sehingga, Anda dapat mengunjungi beberapa rekomendasi klinik maupun rumah sakit dari Teman Bumil untuk mendapatkan banyak penawaran spesial.

Adapun fitur kelas tatap muka yang bisa dipilih oleh ibu supaya dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter. Namun, untuk kelas sendiri ketersediaannya masih terbatas pada beberapa daerah tertentu, antara lain DKI Jakarta, Banten, Riau, dan Jawa Barat.

Pada fitur kelas, topik bahasan yang diangkat biasanya seputar hobi, kehamilan, menyusui, MPASI, program kehamilan, dan tumbuh kembang anak. Anda bisa melakukan filter untuk menemukan jenis kelas sesuai dengan kebutuhan.

Produk

Produk berisikan berbagai macam perlengkapan yang bisa didapatkan atau dibeli melalui aplikasi Teman Bumil. Macam produk yang tersedia di aplikasi disesuaikan dengan kategori dan kebutuhan, antara lain kebutuhan bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui, dan keluarga.

Pada setiap produk yang dijual di Teman Bumil, selalu diselipkan penjelasan mengenai manfaat dan cara penggunaan, bahkan juga diselipkan penjelasan tentang pentingnya penggunaan suatu produk yang ditampilkan. Sehingga, Anda tak perlu bingung apa fungsi sekaligus manfaat ketika menggunakan atau mengkonsumsinya.

Maka, tak perlu ragu ketika membeli produk dari aplikasi Teman Bumil, sebab sangat dijamin keaslian dan kualitasnya. Selain itu, berbagai produk yang dijual tersebut kebanyakan direkomendasikan oleh dokter.

Rekam Medis

Adanya fitur rekam medis ini berisi tentang record bayi dan ibu. Data rekam medis bisa diisi setelah konsultasi dengan dokter. Data tersebut nantinya akan ditampilkan sebagai grafik untuk mengetahui tumbuh kembang bayi dan kesehatan ibu, baik selama kehamilan maupun setelah melahirkan.

Jurnal

Jurnal memungkin ibu menyimpan foto hasil USG, foto baby bump, maupun foto tumbuh kembang si kecil agar tidak tercampur di galeri ponsel.

Tips

Pada fitur tips, disajikan berbagai tips dan informasi penting seputar program hamil, kesuburan pria dan wanita, kehamilan, melahirkan, menyusui, hingga merawat bayi. Misalnya pencegahan keguguran saat hamil muda, fakta ovulasi, cara cepat mendapat momongan setelah menikah, masa subur laki-laki, dan lainnya.

Jika Anda sedang merencanakan program kehamilan, pada aplikasi juga dijelaskan mengenai cara merencanakan kehamilan dengan aman. Bahkan dijelaskan pula mengenai tips hamil anak laki-laki dan perempuan.

Forum

Forum merupakan fitur pada aplikasi Teman Bumil yang memungkin para penggunanya melakukan diskusi. Di sini, Anda dapat mengajukan pertanyaan maupun mengomentari pertanyaan pengguna lainnya. 

Jika Anda sedang mengalami keluhan saat hamil atau ingin bertanya tentang cara cepat mendapatkan anak, berdiskusi dalam sebuah forum bisa menjadi solusi. Sebab di sana, pertanyaan akan dijawab oleh para pengguna yang sudah berpengalaman atau mungkin dijawab langsung oleh para ahli.

Checklist

Checklist merupakan fitur untuk menandai kegiatan atau aktivitas yang telah Anda lakukan. Jika sedang merencanakan kehamilan, terdapat pertanyaan yang harus dijawab dengan cara memberikan centang. Misalnya soal konsumsi alkohol, penerapan makanan sehat, konsultasi rutin dengan dokter untuk promil, dan lain-lain.

Pertanyaan pada fitur ceklis ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi. Tentunya, pertanyaan tersebut akan berbeda antara mereka yang sedang melakukan promil, ibu hamil, masa menyusui, dan merawat bayi.

Adapun tab menu artikel, media, dan profil diri yang juga bisa Anda jelajahi. Di dalamnya memuat berbagai informasi dan konten yang menarik serta edukatif untuk menambah wawasan. Berikut ini penjelasannya.

Artikel

Jika Anda memilih tab menu artikel, di dalamnya akan banyak sekali artikel dengan kategori fertilitas atau kesuburan, kehamilan, dan parenting. Jangan khawatir, artikel dari Teman Bumil selalu up to date dan hampir setiap hari muncul informasi baru. Bahkan, artikel tersebut dapat kamu simpan menggunakan bookmark.

Tab Menu Artikel Teman Bumil

Media

Pada tab menu media, terdapat konten berupa video edukatif dengan kategori parents life, kehamilan, serta bayi dan balita. Tak perlu ragu, video pada aplikasi Teman Bumil informasinya sangat terpercaya, sebab dijelaskan langsung oleh dokter dan para ahli. 

Tab Menu Media Teman Bumil

Profil

Menu profil berisi tentang data diri Anda. Untuk data profil anak bisa diubah jika sudah hamil dan melahirkan dengan cara tambah profil baru atau ketuk kata ubah.

Tab Menu Profile Teman Bumil

Jadi, itulah review mengenai aplikasi Teman Bumil secara rinci. Aplikasi buatan Indonesia ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya karena diawasi oleh dokter dan para ahli. 

Tertarik mengunduh Teman Bumil? Anda bisa mendapatkannya melalui perangkat Android maupun iOS pada smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.