Lompat ke konten

9 Cara Ampuh Menghadapi Wanita Egois

Cara Menghadapi Wanita Egois

Menghadapi wanita egois benar-benar menguji kesabaran. Sebab biasanya wanita egois juga sangat keras kepala dan mudah sekali tersinggung. Balik melawannya justru hanya akan membuang-buang energi dan emosi.

Kebanyakan wanita egois tidak ingin merasa dirinya kalah, bahkan gengsi untuk mengakui suatu kesalahan. Mungkin sebagai pria rasanya sangat emosi karena punya pasangan tidak bisa diajak bicara dengan baik karena sangat keras kepala. Bahkan sebagian pria juga merasa tidak tahan bersama wanita egois dan lebih memilih untuk meninggalkannya.

Hati seorang wanita egois seolah membuat jarak berupa dinding baja yang sulit sekali untuk ditembus. Selain butuh kesabaran ekstra, menghadapinya juga membutuhkan perlakuan khusus supaya bisa meluluhkan hati kerasnya. 

Seseorang bersikap egois bisa disadari maupun tidak. Meskipun dirinya adalah kekasih Anda, ada kalanya pasti jengah dengan sikapnya tersebut karena keras kepala, susah diatur, dan mau menangnya sendiri. Maka, sebaiknya lakukan cara ampuh menghadapi wanita egois tanpa perlu naik pitam ataupun ikut tersulut amarah, seperti pada ulasan berikut ini.

1. Tetap Sabar dan Mengalah

Menghadapi wanita egois memang kerap kali menyusahkan dan membuat tersulut emosi. Apalagi jika sudah susah diatur dan tak bisa diajak bicara, pasti ada perasaan jengkel maupun marah karena merasa tidak dihargai sebagai manusia.

Meskipun sebenarnya tidak mudah, cara ampuh menghadapi wanita egois adalah dengan tetap bersikap sabar dan mengalah. Mungkin Anda pun mengetahui bahwa manusia egois sangat keras kepala dan tak suka mengalah, dengan bersikap sabar dan tidak melawannya, tak akan membuat situasi semakin panas.

Sifat keras kepalanya pun membuat dirinya merasa selalu benar, tak jarang pula membuat jengkel karena sangat susah untuk diberi penjelasan apabila melakukan kesalahan. Meskipun sudah bersikap sabar, selalu mengingatkannya juga perlu supaya tak menjadi kebiasaan.

Mengalah dan mengesampingkan ego pribadi bukan berarti Anda kalah, hal ini juga penting agar tak semakin memancing emosinya. Dengarkan keinginannya, lalu turuti apabila memungkinkan. Mengalah merupakan salah satu cara bersikap dewasa sebagai seorang pria supaya tak memicu pertengkaran dalam hubungan.

2. Jangan Ikut Bicara dengan Nada Tinggi

Seorang wanita dengan sifat egois, ketika sedang marah kerap kali berbicara menggunakan nada tinggi. Baginya, konflik atau perdebatan dalam sebuah hubungan merupakan sesuatu yang harus dimenangkan, sehingga ia tetap tak ingin kalah dalam konflik. Bahkan berusaha menang dengan mencari kesalahan pasangannya.

Meskipun nada bicaranya tinggi ketika sedang terlibat konflik, saat menghadapinya sebaiknya tidak larut dalam emosi dan ikut berbicara dengan nada tinggi. Sebab sikap tersebut justru membuatnya jengkel dan semakin mencari-cari kesalahan Anda. Diam dan dengarkan saja, jika berbicara pun lebih baik menggunakan nada lembut dan rendah untuk meredam emosinya.

Apabila pasangan Anda sudah selesai berbicara, berikan ucapan terima kasih padanya karena sudah jujur mengungkapkan perasaannya. Tujuannya supaya segala perdebatan tersebut berakhir baik dan membuat hatinya semakin luluh untuk menekan egonya.

3. Komunikasikan Segala Hal ketika Pasangan Sudah Tenang

Menghadapi wanita egois terutama ketika dirinya sedang emosi, apapun yang Anda katakan tak akan mampu diterimanya dengan baik. Apalagi ketika berusaha mendebatnya, tentu ia semakin tak ingin kalah dengan cara memberikan penyerangan balik.

Apabila sedang dalam situasi tersebut, mendengarkannya adalah solusi terbaik supaya tidak semakin menambah masalah baru. Tunggulah hingga emosinya mereda, daripada terus melawannya. Bagaimanapun ia adalah wanita yang ingin selalu dimengerti dan diperhatikan oleh pasangannya.

Ketika emosinya sudah reda, bicarakan soal keinginannya. Sebab ketika emosinya sudah mereda, pikirannya juga lebih jernih, sehingga bisa lebih tenang dalam membicarakan banyak hal. Saat itu pula sampaikan maksud atau isi hati Anda dengan jelas, tanpa nada mengintimidasinya, serta tidak berputar-putar agar ia mampu memahami apa yang sedang Anda rasakan.

Mengkomunikasikan segala sesuatu dengan baik merupakan kunci sebuah hubungan bisa langgeng dan harmonis. Maka dari itu, jangan ragu menyampaikan apapun pada pasangan supaya dapat saling tahu soal isi hati masing-masing.

4. Tidak Mencoba Mengaturnya

Cara ampuh menghadapi wanita egois berikutnya yaitu tidak pernah mencoba untuk mengaturnya. Ego dan gengsinya sangat tinggi, sehingga ia tak akan dengan mudah diatur oleh orang lain, meskipun itu pasangannya sendiri.

Mungkin tujuan dari mengaturnya adalah demi kebaikannya juga. Namun, bagi wanita dengan sifat egois hal tersebut berarti Anda berusaha untuk mengendalikannya dan pada akhirnya, hal ini justru tidak akan membuahkan hasil sama sekali karena ia tak senang jika diatur.

Membuatnya berubah menjadi lebih baik pasti membutuhkan waktu. Jika Anda ingin mengubah kepribadian keras kepala dan egoisnya tersebut, sebaiknya perlahan-lahan saja melakukannya dan jangan membuatnya merasa seperti diatur. Cukup berikan teguran dan nasihat halus agar ia memahami maksud Anda.

5. Berikan Pasangan Anda Perhatian Lebih

Berbagai faktor wanita sering bersikap egois, bisa jadi karena kurang perhatian. Sehingga hal ini membuatnya sering mengendalikan pasangannya demi mencari perhatian lebih.

Wajar saja apabila jengkel dengan sikap egoisnya, tetapi bukan tanpa alasan ia jadi terbiasa melakukannya. Sebaiknya berikan perhatian lebih padanya sekaligus rasa nyaman. Meskipun egois, wanita tentu luluh pada pria yang selalu memberikannya kehangatan dan rasa nyaman.

Selalu memberikan perhatian membuat pasangan Anda sadar bahwa tak perlu bersikap egois demi mendapatkan perhatian maupun demi membuat seseorang paham tentang dirinya.

6. Beri Batasan sekaligus Bersikap Tegas Agar Tidak Semakin Seenaknya

Perilaku egoisnya seringkali membuat Anda kehilangan kesabaran. Cara ampuh lain untuk menghadapinya yaitu dengan bersikap tegas dan memberikannya batasan agar tidak semakin seenaknya.

Bersikap tegas dalam menghadapi berbagai macam watak manusia juga penting supaya orang lain tak gampang berperilaku seenaknya. Apabila pasangan Anda egois, sebaiknya katakan secara tegas bahwa Anda tak suka sikapnya seperti itu dan tak sanggup jika terus mengikuti segala kemauannya karena terkadang merugikan. Katakan juga padanya untuk perlahan mengurangi ego tingginya itu sekaligus menumbuhkan empati supaya tidak terkesan kekanak-kanakan.

Selain itu, berikan pula batasan pada seorang wanita egois supaya tak semakin menjadi-jadi. Terus menurut dan mengalah bukan sebuah solusi, sebab sama saja membuat Anda seolah dikendalikan olehnya. Ada kalanya seseorang harus mengalah, tetapi ada kalanya pula harus berhenti.

Sampaikan kepadanya bahwa Anda juga memiliki kehidupan sendiri dan tak ingin selalu dikendalikan dengan cara menuruti segala kemauannya. Apabila masih diperlakukan demikian, maka Anda tak ingin lagi menurutinya. Cara ini cukup ampuh karena membuatnya berpikir bagaimana caranya agar Anda tetap bersamanya tanpa perlu bersikap egois. 

7. Berikan Pujian jika Perlu

Sebagian besar orang sangat senang jika diberikan pujian. Terutama wanita, meskipun hatinya keras, ia akan luluh ketika pasangannya memberikan apresiasi ataupun pujian ringan kepadanya.

Cara membuatnya luluh dengan hal ini pun cukup mudah. Berikan ia pujian ataupun apresiasi setiap kali melakukan kebaikan meskipun sederhana. Dengan begitu ia merasa bahwa membuat orang lain bahagia sangat menyenangkan, sehingga secara perlahan ia dapat melupakan sifat egoisnya.

8. Bicara Lebih Hati-hati supaya Tidak Membuatnya Tersinggung

Wanita dengan sifat egois cenderung keras kepala, namun sensitif. Hal inilah yang membuatnya juga menjadi mudah tersinggung, meskipun akibat perkara sepele.

Cara menghadapinya, yaitu selalu berbicara lebih hati-hati kepadanya supaya tidak membuatnya tersinggung. Sebab apabila sudah terlanjur tersinggung, ia akan mudah menyalahkan Anda dan tentu saja hal ini pun dapat memicu konflik.

Jadi, lebih berhati-hatilah dalam mencari topik pembicaraan. Gunakan pula kata yang tepat ketika ingin menegur ataupun memberikannya nasihat saat ia melakukan sebuah kesalahan agar tak mudah tersinggung.

9. Cuek Saja dan Abaikan apabila Diperlukan

Bersikap cuek dan mengabaikan bukan berarti tak sayang kepada pasangan egois. Justru hal tersebut lebih baik untuk bisa membuatnya berpikir bahwa keegoisannya tersebut merugikan dan membuat orang lain tak suka.

Jika pasangan Anda meminta untuk menurutinya untuk hal-hal sepele yang masih bisa dilakukannya sendiri, sebaiknya abaikan saja. Biarkan ia belajar untuk tidak berperilaku seenaknya dan tidak membiasakan sifat manjanya agar percaya pada kemampuannya sendiri.

Itulah berbagai cara ampuh menghadapi wanita egois. Bagaimanapun juga, meskipun dirinya adalah pasangan Anda, berusahalah untuk bersikap tegas dan komunikasikan dengan baik bahwa keegoisannya itu tak seharusnya dijadikan kebiasaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.