Lompat ke konten

10 Cara Menjadi Pria Dewasa dan Mandiri dengan Sikap Tegas

cara menjadi pria dewasa

Menjadi pria dewasa dan mandiri memang bukan sesuatu yang mudah. Kedua hal ini membutuhkan proses panjang. Pasalnya, kedewasaan seseorang sebenarnya tidak bisa dilihat dari umur. Banyak di luar sana, pria dengan usia matang, namun masih memiliki sikap kekanak-kanakan.

Pria yang dewasa dibutuhkan dalam sebuah hubungan. Sebab seorang pria harus dapat memimpin sekaligus mengayomi pasangannya. Setiap wanita pasti mendambakan pria yang penuh tanggung jawab. Itu lah mengapa wanita memilih pria dewasa, karena pria dewasa akan lebih mudah mengerti hak dan kewajiban masing-masing anggota keluarga ketika berada dalam bahtera pernikahan.

Pria dewasa di mata wanita adalah pria yang mandiri dan tegas. Pria  mandiri sudah pasti bisa memenuhi kebutuhan dirinya tanpa bergantung kepada orang lain. Sedangkan sikap yang tegas membuat seorang pria lebih mudah mengambil keputusan ketika dihadapkan pada masalah yang ada.

Nah, berikut merupakan 10 cara menjadi pria dewasa dan mandiri dengan sikap tegas yang harus ada dalam diri Anda:

1. Bisa Membuat Keputusan yang Tepat dan Berani Menanggung Risiko

Salah satu sikap tegas yang harus Anda miliki adalah bisa membuat keputusan yang tepat dan berani menanggung resiko atas keputusan yang telah dibuat. Tentunya hal ini tidak bisa terjadi secara instan, Anda harus memulainya dengan mengambil keputusan-keputusan kecil dalam hidup Anda.

Selain itu, Anda juga harus dapat memetakan masalah yang sedang ada, memikirkan matang-matang mengenai risiko apa yang mungkin akan terjadi atau dikorbankan. Dengan begitu, akan mengurangi konsekuensi buruk yang mungkin akan terjadi.

2. Selalu Memosisikan Diri sebagai Seorang Pemimpin

Dengan memposisikan diri sebagai pemimpin, Anda akan lebih berani untuk mengambil keputusan dalam berbagai bidang, termasuk dalam membina hubungan rumah tangga. Hal ini akan membuat diri Anda tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain.

Seorang pemimpin tentu akan memikirkan cara terbaik agar pengikutnya merasa aman dan terlindungi. Seperti itulah seharusnya lelaki dengan yang sudah dewasa dalam memperlakukan keluarganya.

3. Selalu Belajar dari Masa Lalu

Dalam proses belajar mengambil keputusan menuju lelaki dewasa, Anda mungkin akan menemukan berbagai kesalahan dan menemui kegagalan. Hal ini lumrah terjadi karena kita masih belajar.

Pria dengan pemikiran dewasa akan belajar dari masa lalu. Ia akan merenungkan kesalahan yang telah dilakukannya dan berusaha sebisa mungkin untuk tidak mengulanginya. Sehingga nanti, dalam mengambil keputusan dan menghadapi masalah, ia akan lebih tenang dan bisa memikirkan solusi terbaik.

4. Tidak Mengedepankan Emosi Sesaat

Meski bersikap tegas, laki-laki dewasa secara pemikiran tidak akan mengedepankan emosi sesaat menguasai dirinya. Sebab, ia tahu konsekuensi yang ditimbulkan dari emosi sesaat yang dilepaskan dalam bentuk perkataan maupun kekerasan. 

Ia akan berpikir dua kali untuk meluapkan emosinya di hadapan umum. Memilih mentransformasikan emosi tersebut agar redam dan tidak melukai orang lain. Sebab jika ia salah langkah,ia sadar akan membuat kesalahan  fatal untuk kesehatan mental keluarganya.

Oleh karena itu, ia akan cenderung diam dan berpikir saat menemukan masalah. Meredam emosi dan memikirkan cara terbaik mengatasinya dan mengambil keputusan untuk menyelesaikannya dengan segera. Pria dengan jenis ini biasanya akan memperlakukan wanitanya dengan sebaik-baiknya.

5. Tidak Menyalahkan Orang Lain atas Sebuah Kegagalan 

Menjadi pria dewasa dan mandiri, artinya Anda harus menjadi lelaki berani mengakui kesalahan. Sehingga ketika menemukan kegagalan Anda tidak menyalahkan orang lain, maupun keadaan. 

Menerima dengan lapang dada konsekuensi kegagalan yang Anda buat. Sadar penuh bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup, Anda memiliki kendali penuh atasnya. Orang lain mungkin bisa salah, tapi bukan berarti Anda selalu berada pada posisi benar.

6. Selalu Meminta Maaf atas Kesalahan yang Diperbuat

Mungkin, masalah meminta maaf merupakan sesuatu yang sering dianggap sepele. Tetapi jangan salah, ketika seseorang berani meminta maaf, maka sejatinya ia telah mengalahkan egoisme dalam dirinya. Hal ini merupakan salah satu tanda bahwa kedewasaan telah tumbuh dalam dirinya.

Dengan meminta maaf, seorang pria akan belajar untuk meredam emosinya, meski sebenarnya ia mampu melawan. Hal ini dibutuhkan pada beberapa kondisi tertentu, sebab jika tidak egoisme dalam dirinya akan menimbulkan perpecahan.

Jadi jika Anda masih merasa gengsi untuk sekedar meminta maaf, bisa jadi Anda belum bisa masuk kategori pria mandiri dan dewasa, jiwa kanak-kanak yang mau memang sendiri masih menguasai diri Anda.

7. Tidak Menghindari Masalah dan Membiarkannya Berlarut-larut

Lelaki yang sudah dewasa secara pikiran tentunya sudah memahami bahwa setiap masalah pasti memiliki solusi. Maka dari itu, ia akan siap menghadapi berbagai permasalah dan tidak menghindarinya.

Sesegera mungkin ia akan berpikir serta mempertimbangkan solusi terbaik untuk memecahkan masalah. Sehingga biduk masalah tidak berlarut-larut dan kemudian menimbulkan rentetan permasalahan lain yang lebih besar.

8. Melindungi Wanita dan Memahami Perasaannya 

Pria yang dewasa dan mandiri tidak akan membiarkan pasangan atau anggota keluarganya tersakiti atau menderita. Ia akan bersikap tegas pada sesuatu yang melukai orang-orang yang dicintainya. Ia akan membela dengan segenap kemampuannya ketika keluarganya diserang, baik secara fisik maupun mental. 

Ia bahkan dengan sukarela untuk membantu orang terdekat menyelesaikan masalah serta tak jarang memberikan solusi atas permasalahan yang bahkan bukan merupakan tanggung jawabnya.

Lelaki dengan pemikiran yang sudah dewasa akan mencoba memahami mengenai perasaan orang-orang tersayang, salah satunya wanita. Ia akan memuliakan orang tua, pasangan dan anak-anaknya, dan menghindari membuatnya merasa sedih dan kecewa. Hal ini merupakan bentuk kepekaan perasaan yang menandakan kedewasaan seseorang sudah mulai tumbuh dalam dirinya.

9. Memahami Kekurangan yang Ada dalam Dirinya

Untuk dapat mengambil keputusan dan meghadapi masalah, lelaki harus memiliki sikap yang tegas terhadap kekurangan yang ada dalam dirinya. Ia harus paham betul bahwa kekurangan yang ada tidak akan menjadi masalah selama ia terus belajar dan percaya pada dirinya sendiri.

Kekurangan yang ada tidak lantas membatasinya untuk terus tumbuh menjadi pria dewasa yang mandiri. Ia akan mencari celah dimana kekurangan tersebut justru bisa menjadi batu loncatan untuk terus memperbaiki diri agar menjadi lebih baik dari hari kemarin.

10. Fokus pada Kelebihan dan Kemampuan Diri

Terakhir, sikap tegas seorang laki-laki bisa ditunjukan dengan fokus pada kelebihan dan kemampuan diri Anda. Mengenali diri membuat Anda lebih mudah meminimalisir akibat dari segala keputusan-keputusan yang Anda buat dalam hidup.

Dengan fokus pada kelebihan dan kemampuan diri yang dimiliki, ia bisa menyusun banyak strategi dan memikirkan cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada. Hal ini juga berdampak positif pada perkembangan pola berpikir seorang pria, sehingga mengurangi rasa ketidakpercayaan diri yang sering terjadi.

Sepuluh sikap di atas jika bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi cara yang cukup jitu untuk melatih dan menumbuhkan sikap dewasa dalam diri Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.