Lompat ke konten

Tips Hubungan Langgeng dan Harmonis sampai Menikah

Tips Hubungan Langgeng dan Harmonis

Dua sejoli yang saling mencintai tentu menginginkan hubungan langgeng dan harmonis, bahkan sampai menikah. Tentunya jika ingin bertahan, harus terdapat kerjasama antara dua pihak yang terlibat dalam hubungan asmara tersebut.

Hubungan asmara memang tak selamanya berjalan mulus, selalu romantis, dan tak pernah terlibat konflik. Pasti terdapat berbagai macam cobaan di dalamnya. Namun, cobaan tersebut merupakan ujian dengan tujuan untuk saling menguatkan sebuah hubungan, meskipun ada sebagian pasangan justru goyah dan menyerah untuk mempertahankannya.

Menjalani hubungan supaya langgeng dan harmonis pasti membutuhkan komitmen agar bisa bertahan sampai menikah. Menjalaninya memang tak mudah, sebab harus bisa menyatukan dua hati dengan pikiran berbeda.

Mempertahankan komitmen berarti juga harus bisa menerima keadaan pasangan, baik itu kekurangan maupun kelebihannya. Bukan hanya saat hari pertama saat menerima pernyataan cintanya saja, tetapi hingga nanti menikah.

Sebuah hubungan asmara kebanyakan sangat manis awalnya saja, namun cobalah tips berikut ini agar hubungan langgeng dan harmonis, bahkan sampai nanti menikah.

1. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Pasangan

Menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan perlu dilakukan supaya hubungan menjadi langgeng dan harmonis sampai nanti menikah. Terutama bagi para pejuang LDR tentu komunikasi sangat penting, sebab salah sedikit dapat menimbulkan salah paham dan konflik.

Meskipun intensitas bertemu lebih sering daripada pasangan LDR, menjalin komunikasi yang baik dan rutin tetap perlu dilakukan, sebab pasti ingin saling tahu kabar masing-masing. Misalnya dengan memberikan perhatian dan pertanyaan sederhana untuk memastikan bahwa pasangannya baik-baik saja.

Komunikasi yang baik dapat membuat Anda mengerti apa isi hati pasangan, sehingga dapat lebih memahami perasaannya. Selain itu, juga bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya konflik dalam hubungan yang menimbulkan perdebatan, meskipun hal sepele tetapi justru dapat menjadi faktor kandasnya kisah cinta.

Maka dari itu, sempatkanlah waktu untuk menghubunginya dan memberikan kabar, terutama pada para pejuang LDR. Bukan hanya saat merasa kesepian saja karena akan terkesan Anda tidak tulus padanya. Cobalah untuk selalu menunjukkan padanya bahwa Anda sangat tulus memberikan cinta dan perhatian kepadanya.

2. Sering Membuat Momen Bahagia Bersama meskipun Sederhana

Setiap pasangan pasti menginginkan adanya momen bahagia berdua dalam kehidupan asmaranya. Momen tersebut dapat diciptakan secara sederhana, dengan melakukan sesuatu sederhana pula, tetapi memiliki makna.

Sering menciptakan momen kebersamaan dapat meningkatkan rasa bahagia, sehingga membuat seseorang menjadi lebih semangat dalam menjalani hari-harinya. Meskipun hubungan asmara sudah berjalan bertahun-tahun, melakukan sesuatu yang menimbulkan kesenangan bersama tak akan membuat hubungan tersebut hambar, jadi tetap langgeng dan harmonis.

Abadikan momen bahagia berdua tersebut dalam dokumentasi foto maupun video. Selain bisa untuk melihatnya berulang kali setiap muncul rasa rindu, bisa juga dijadikan sebagai album kenangan digital yang tidak akan mudah hilang ataupun lapuk.

3. Saling Memberi Apresiasi dan Dukungan

Pentingnya saling memberi apresiasi dan dukungan kepada pasangan adalah supaya dirinya tidak mudah merasa selalu sendiri ketika sedang ada masalah. Bahkan kedua sikap positif ini juga membuatnya termotivasi agar lebih semangat dalam menjalani hidup karena dirinya merasa sangat dihargai.

Saling memberikan apresiasi dan dukungan merupakan ciri hubungan sehat, sehingga langgeng dan harmonis sampai menikah. Kedengarannya sangat sepele, tetapi dampaknya benar-benar sangat luar biasa bagi kehidupan.

Jangan ragu untuk melakukan dua hal sederhana ini. Contohnya seperti selalu mengucapkan terimakasih atas pemberiannya, mendukung pencapaian dan rencana jangka panjangnya, memberikan apresiasi atas kerja kerasnya, dan lain-lain. Ucapan sederhana ini mungkin kedengarannya sangat sepele, tetapi baginya bisa jadi sangat membuatnya bahagia.

Selain itu, memberikan apresiasi dan dukungan membuat Anda lebih fokus dalam melihat sisi baik dan positif pada pasangan. Sehingga hal ini membuat Anda dan dirinya selalu berusaha yang terbaik bagi diri masing-masing.

4. Selalu Hargai Keberadaan Pasangan

Tips hubungan langgeng dan harmonis sampai menikah yaitu dengan selalu menghargai keberadaan pasangan. Ingatlah saat momen kencan pertama tentu fokus Anda hanya kepadanya dan tak mengabaikannya.

Mungkin hubungan semakin lama terkadang membuat Anda merasa jenuh dan malah mengabaikannya. Hal ini membuat pasangan merasa tidak dihargai perasaanya, sehingga wajar jika ia justru berpikir macam-macam.

Menghargai keberadaan pasangan membuat ia melihat bahwa Anda masih membutuhkan sosoknya dan ingin bersamanya. Apabila merasa jenuh, sebaiknya komunikasikan hal ini kepadanya supaya ia juga mengerti.

Merasa jenuh tetapi menghilang tanpa kabar dapat membuatnya khawatir. Katakan padanya tentang sesuatu yang mengganjal hati, supaya bisa ditemukan solusinya bersama. Sebab, banyak hubungan berakhir karena jenuh yang tak dikomunikasikan dengan baik, sehingga lebih memilih mencari pelarian daripada bertahan.

5. Jujur dan Terbuka Satu sama Lain

Bersikap jujur dan terbuka satu sama lain dalam hubungan sangat penting supaya hubungan tersebut tetap langgeng dan harmonis, bahkan sampai menikah. Kedua sikap ini berkaitan dengan komunikasi agar saling tahu keadaan masing-masing.

Kejujuran dan keterbukaan pada pasangan berguna agar segala kegelisahan dan beban pikiran dapat tersampaikan dengan baik. Sehingga, dapat lebih mudah untuk menemukan solusi bersama. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa Anda mencintainya secara tulus dan tidak menyembunyikan apapun darinya.

Banyak menyembunyikan sesuatu justru membuat hubungan tersebut akan dipenuhi dengan banyak kebohongan. Hanya diam saja dan berpura-pura tak terjadi apapun, akan membuat hubungan Anda hancur ataupun terjebak dalam toxic relationship karena pasti kebohongan dan sering menutupi sesuatu menimbulkan berbagai permasalahan antara Anda dengan dirinya.

Terutama pada hubungan jarak jauh atau LDR mengharuskan kejujuran dan keterbukaan supaya tidak mudah terjadi salah paham, konflik atau perdebatan pada hal sepele, dan lain-lain yang menyebabkan kandasnya hubungan. Apalagi sebelum menikah wajib mempertimbangkan secara matang mengenai kepribadian pasangan, salah satunya sikap jujur dan terbuka jika tak ingin menyesal pada akhirnya.

6. Jadilah Pendengar yang Baik sekaligus Pendukung Hidupnya

Siapapun pasti ingin didengar ketika berbicara, sekaligus ingin diberikan semangat ketika sedang membutuhkannya. Salah satunya ketika menjalin hubungan, tentu berharap pasangan mampu menjadi pendengar yang baik sekaligus support system atau pendukung hidupnya.

Mendengarkan dengan baik ketika ia berbicara, membuatnya merasa dihargai keberadaannya. Apalagi, ketika mendengarkannya mengutarakan keluh kesah, cerita tentang kesehariannya, ataupun lainnya membuat Anda mengerti bagaimana keadaannya sekaligus apa yang sedang dirasakannya saat itu. Maka, Anda pun juga harus berusaha bisa memberikannya dukungan ketika ia sedang terpuruk atau saat membutuhkan dorongan agar semakin termotivasi melakukan sesuatu.

Pasangan yang baik pasti akan menerapkan dua sikap tersebut agar hubungannya awet dan bahagia. Sebab, saat ia bercerita ataupun berkeluh kesah artinya ia sudah menerima Anda sebagai tempat ternyaman untuk mengutarakan perasaannya. Oleh karena itu, dengarkan dengan baik dan berikan dukungan ataupun apresiasi agar menjadi semangat dan lebih baik lagi.

7. Selalu Tepati Janji dan Tidak Menggantungkannya

Janji harus ditepati jika telah diucapkan. Menggantungkan apalagi mengingkarinya justru menimbulkan masalah dan beban tersendiri. Oleh karena itu, jangan pernah berjanji ketika sedang dalam perasaan terlalu senang karena biasanya sangat mudah memberikan orang lain ekspektasi ataupun harapan kepada Anda.

Tak menepati janji pasti membuat seseorang menjadi kecewa. Jadi jangan dengan mudahnya mengatakan, “Salah sendiri kamu berharap sama saya. Saya kan nggak benar-benar niat ngasih janjinya”, sebab ucapan tersebut pasti sangat menyakiti hatinya. Apabila tak sanggup menepati, maka jangan pernah ucapkan janji.

Terutama soal komitmen hubungan serius, terus menggantungkan soal rencana pernikahan, seolah-olah ingin segera melamarnya, akan membuat pasangan Anda jadi berharap. Jadi, jangan salahkan ia jika jadi sering membahas pernikahan lalu sering menuntut. Daripada memberikan janji manis, sebaiknya katakan dengan jujur soal pernikahan dan dikomunkasikan dengan baik bersama supaya ada rencana jelas soal masa depan.

8. Kendalikan Emosi ketika Sedang Bertengkar

Kisah asmara tak selalu manis. Pasti ada bumbu-bumbu konflik di dalamnya untuk menguji kesetiaan dua sejoli agar semakin erat dan mampu saling menguatkan untuk bertahan.

Manusia memiliki perbedaan terkait cara melampiaskan emosinya saat sedang bertengkar. Mungkin diam saja, bisa jadi malah meledak-ledak karena tak bisa mengendalikan dirinya. 

Jika Anda memiliki pola pikir dewasa terutama dalam sebuah hubungan, cobalah untuk selalu menghadapi masalah secara tenang dan kendalikan emosi sebaik mungkin. Marah terlalu meledak-ledak sampai mengucapkan kata kasar kepada pasangan justru akan menambah masalah baru dan tak menyelesaikan apapun.

Apabila pasangan Anda merupakan tipe meledak-ledak ketika marah, maka jadilah air untuk meredamnya. Misalnya bersikap diam dan membiarkannya meluapkan isi pikirannya. Jangan sesekali menginterupsinya agar tak semakin menjadi-jadi, jadi setelah tenang baru ajaklah ia bicara empat mata.

Namun, jika pasangan Anda hanya diam saja dan tak memberikan solusi apapun, sebaiknya jangan langsung marah dan menyudutkannya. Pancing dirinya agar mau mengutarakan kejanggalan hatinya, yakinkan bahwa Anda tak akan menyakitinya sama sekali.

9. Tidak Mengungkit Kesalahannya ataupun Masa Lalunya

Ketika sedang konflik dengan pasangan, mungkin seseorang seringkali mengucapkan kata kasar disertai keluh kesahnya. Namun juga sering mengungkit kesalahan sebelumnya ataupun mengaitkan masalah tersebut dengan masa lalu pasangannya.

Padahal, mengungkit kesalahannya yang telah dianggap selesai apalagi masa lalu pasangan hanya akan membuat masalah semakin rumit. Bahkan bisa jadi ia pun akan balas mengungkit kesalahan Anda di masa lalu. Akibatnya, konflik tak kunjung reda karena tak ada penyelesaian sama sekali.

Dalam kisah asmara pasti menghadapi konflik, sehingga ketika hal itu terjadi, usahakan tetap tenang dan sikapi masalah dengan bijaksana. Hindari marah terlalu meledak-ledak atau banyak diam. Sebaiknya komunikasikan segala permasalahan dengan baik bersama pasangan.

10. Saling Percaya dan Optimis pada Hubungan

Saling percaya diperlukan dalam menjalani kisah asmara agar terjalin hubungan yang sehat. Optimis juga sangat penting, supaya lebih yakin bahwa ada masa depan cerah menanti Anda dan pasangan, menikah misalnya.

Membangun rasa saling percaya dapat dimulai dari hal sederhana. Misalnya tidak bersikap posesif atau overprotektif, yakin dengan komitmen, tidak mudah cemburu berlebihan, dan memberikan kepercayaan pada pasangan. Sehingga, hal itu kemudian secara otomatis akan memunculkan rasa optimis terhadap masa depan hubungan tu sendiri.

11.Selalu Tunjukkan Cinta dan Kasih Sayang

Dalam hubungan asmara, cinta dan kasih sayang merupakan hal wajib yang harus ada. Menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang akan membuat hubungan tersebut jadi langgeng dan harmonis, bahkan sampai menikah.

Selalu menunjukkan cinta dan kasih sayang artinya Anda menghargai keberadaan pasangan. Sehingga membuatnya yakin bahwa Anda memiliki perasaan tulus dan  tak akan meninggalkannya meski sesulit apapun keadaannya.

Cinta dan kasih sayang menjadikan hubungan tersebut lebih langgeng dan harmonis. Tak hanya itu, segalanya pun berubah menjadi manis. Meskipun banyak masalah melanda, Anda dan pasangan dapat menghadapinya karena punya rasa saling menjaga, melengkapi, dan menguatkan satu sama lain.

12. Sering Menyisipkan Candaan dalam Obrolan maupun Aktivitas

Hubungan percintaan mungkin terasa hambar ketika di dalamnya tak diselipkan candaan, baik itu dalam obrolan maupun aktivitas. Menyelipkan candaan atau humor, akan membuat hari lebih berwarna sekaligus menyenangkan, daripada terlalu kaku dan tak ada canda tawa di dalamnya.

Pastikan saat hendak menyisipkan candaan, jangan sampai membuat pasangan tersinggung. Hal ini supaya candaan tersebut tidak menyakiti hatinya. Maka, ketahuilah hal-hal sensitif yang mungkin bisa menyakitinya agar tak dilakukan meskipun hanya iseng.

Itulah tips hubungan langgeng dan harmonis sampai menikah. Pastikan untuk selalu menjalin komunikasi baik dengan pasangan, dan terapkan rasa saling percaya agar tercipta hubungan yang sehat dan dapat dipertahankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.