Lompat ke konten

Cara Memperbaiki Kualitas Diri Bagi Wanita Mulai dari Hal-hal Kecil

Cara memperbaiki kualitas diri bagi wanita

Cara memperbaiki kualitas diri bagi wanita bisa dimulai dari hal-hal kecil. Sebagai wanita, tentunya ingin memperoleh pasangan yang terbaik. Sama halnya dengan pasangan Anda, ia juga ingin mendapatkan pasangan yang terbaik. Oleh karena itu, mulai sekarang perlu melakukan perbaikan diri supaya menjadi lebih baik untuk pasangan Anda.

Anda tidak harus memulainya dari hal-hal besar, cukup dengan hal-hal kecil namun konsisten melakukannya. Maka hal ini akan memperbaiki kualitas diri secara perlahan, asal terus berproses.

Nah, bagaimana sih cara memperbaiki diri tersebut. Berikut cara memperbaiki kualitas diri bagi wanita mulai dari hal-hal kecil. Yuk simak sampai akhir!

1. Refleksi terhadap kesalahan yang ingin diperbaiki 

Cara memperbaiki kualitas diri bagi wanita supaya lebih baik yang pertama adalah dengan melakukan refleksi atas segala kesalahan yang ingin diperbaiki. Misalnya, dalam pergaulan, cenderung tidak banyak teman. Anda mungkin bisa merefleksi diri, kira-kira apa yang membuat Anda tidak memiliki teman. 

Setelah merefleksi Anda menemukan bahwa  kurang peka terhadap permasalahan dari teman-teman. Nah, mungkin setelah refleksi bisa mulai merubah kekurangan tersebut, mulai sedikit peduli dengan permasalahan teman-teman Anda. Dengan perubahan kecil tersebut mungkin kemudian akan memperbaiki pola pertemanan.

Refleksi ini juga bisa dilakukan terhadap pasangan. Misalnya suami  selalu marah-marah saat pulang kerja. Lakukan refleksi apa yang sebenarnya membuat si dia tersulut emosi, misalnya melihat Anda yang tidak mempercantik diri saat ia pulang kerja.

Setelah menyadari hal tersebut kedepannya, Anda mungkin bisa memperbaiki kesalahan tersebut. Mulai berdandan apabila suami pulang kerja, buat ia senang dan hindari membuat ia tersulut emosi. Dengan begitu membuat kualitas diri sebagai wanita menjadi lebih baik.

2. Mulai berolahraga 

Salah satu cara memperbaiki kualitas diri  bagi wanita dari sisi kesehatan secara fisik maupun psikis adalah dengan mulai berolahraga. Untuk kesehatan fisik dengan berolahraga Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat, menjaga berat badan supaya tidak berlebih, juga mencegah berbagai penyakit datang di masa depan, dan masih banyak lagi manfaat olahraga untuk fisik Anda.

Sedangkan untuk kesehatan secara psikis, olahraga terbukti bisa menghindarkan seseorang dari stress, menjaga mood  dan juga menjaga imun tubuh agar senantiasa kuat. Dengan berolahraga, kualitas hidup seseorang akan semakin meningkat.

Namun, tidak lantas kemudian Anda lalu berolahraga berat, misalnya langsung mengambil kelas gym. Hal itu bisa saja dilakukan, namun akan lebih baik dimulai dengan progress kecil. Misalnya, berjalan-jalan di pagi hari, kemudian secara bertahap menjadi jogging.

Dengan perubahan secara bertahap, diharapkan adanya konsistensi. Supaya perubahan yang dilakukan terus berkelanjutan dan dijadikan sebagai kebiasaan. Bukan perubahan secara cepat yang tidak bertahan lama.

3. Memakan makanan sehat

Meski masih muda, tidak ada salahnya untuk mulai memakan makanan sehat. Cara memperbaiki kualitas diri bagi wanita ini termasuk untuk kesehatan Anda. Ditengah inovasi makanan yang pesat, saat ini banyak sekali pilihan makanan yang lezat dan menggugah selera makan. Tetapi yang perlu diingat, kesehatan Anda berada pada apa yang Anda konsumsi.

Anda mungkin bisa saja mengkonsumsi fast food setiap hari, namun yang perlu diingat hal tersebut akan berdampak pada diri Anda di kemudian hari. Sebaliknya, jika mulai memperbaiki diri menjadi lebih baik dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, maka nantinya Anda akan menerima dampak yang baik untuk tubuh.

Perubahan ini bisa Anda lakukan dari mulai hal-hal kecil, seperti memperbanyak mengkonsumsi air putih agar memenuhi kebutuhan air putih harian, mengganti makan siang fast food menjadi makanan yang terdapat sayur di dalamnya dan masih banyak lagi.

Perubahan kecil yang konsisten akan lebih baik daripada tiba-tiba  mengganti semua makanan dengan makanan sehat dan langsung menghindari fast food. Karena hal ini biasanya tidak akan bertahan lama, lidah yang terbiasa memakan makanan cepat saji tentunya akan rindu untuk mengkonsumsinya.

4. Cara memperbaiki kualitas diri bagi wanita dengan melakukan meditasi

Selain berolahraga dan memakan makanan sehat, mungkin meditasi bisa menjadi salah satu cara memperberbaiki kualitas diri bagi wanita. Meluangkan waktu barang 10 hingga 15 menit untuk rileks dan fokus ternyata memberikan dampak yang cukup besar untuk kehidupan Anda.

Dari segi kesehatan, meditasi memberikan banyak manfaat dalam mendukung berbagai aktivitas  setiap harinya. Seperti dapat mengurangi rasa stress, membantu mengontrol emosi dalam diri, membuat istirahat Anda menjadi lebih nyenyak, terapi berdamai dengan masa lalu dan masih banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan.

Jadi sesibuk apapun aktivitas, usahakan untuk melakukan meditasi. Anda bisa melakukannya di pagi hari sebelum melakukan berbagai aktivitas dan untuk memulai hari. Dampak besar akan Anda rasakan jika konsisten bertahun-tahun setelahnya.

5. Cara memperbaiki kualitas diri bagi wanita dengan meningkatkan skill yang Anda miliki

Sebagai wanita, bukan berarti kemudian Anda tidak bebas dalam mendalami berbagai skill yang dipunyai. Anda bebas sebebas bebasnya menekuni berbagai bidang keahlian yang disukai. Kalaupun bukan untuk pekerjaan, skill ini mungkin berguna untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik.

Misal, Anda memiliki skill dalam bidang menjahit dan mendesain pakaian. Maka Anda bisa menekuni bidang ini dengan mengikuti berbagai pelatihan. Misalnya nanti saat berumah tangga, Anda memilih menjadi ibu rumah tangga, Anda tetap memiliki keahlian khusus yang menjadi kelebihan diri Anda.

Anda juga bisa meningkatkan skill di bidang lainnya, sekalipun bidang tersebut terlihat sangat maskulin. Misalnya Anda senang memperbaiki motor, tidak masalah jika ingin memperdalam kemampuan tersebut. Bukan berarti sebagai wanita, Anda harus mengerjakan bidang-bidang yang feminim. Hal ini juga bisa jadi cara memperbaiki kualitas diri bagi wanita.

6. Stop mengejar-ngejar pria

Cara memperbaiki kualitas diri bagi wanita menjadi lebih baik adalah dengan stop mengejar-ngejar pria. Sekalipun pria tersebut merupakan orang yang sangat Anda sukai. Melakukan pendekatan mungkin boleh-boleh saja, namun memohon-mohon agar si dia juga mencintai Anda yang tidak boleh dilakukan.

Sebab sebagai wanita, Anda harus memiliki prinsip dan pendirian. Misalnya pun Anda tidak mengejar-ngejar seorang pria, namun Anda memiliki value diri yang sesuai dengan apa yang pria itu mau, maka tanpa mengejar-ngejar pun pasti bisa mendapatkan si dia. Setiap orang akan memilih pasangan terbaik untuk dirinya. 

Memang emansipasi wanita termasuk dalam hal menyatakan perasaan diperbolehkan, namun akan lebih baik meningkatkan kualitas diri  dan orang lain yang akan melihat diri Anda sebagai seseorang yang memiliki nilai tersendiri. 

Jadi mulai sekarang, merubah kebiasaan mengejar laki-laki dari hal-hal kecil, misalnya mengemis cinta atau terlalu berlebihan dalam melakukan pendekatan. Sebab lelaki agaknya juga lebih menyukai perempuan yang ber value dan memiliki nilai.

Nah, berikut di atas 6 cara memperbaiki kualitas diri bagi wanita mulai dari hal-hal kecil. Dengan perubahan yang terus berprogres dan berkelanjutan tentunya akan membawa Anda pada kualitas diri yang membaik dan semakin baik. Lakukan perubahan-perubahan kecil setiap harinya. Dengan begitu kualitas diri Anda akan semakin meningkat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.