Lompat ke konten

10 Tips Kencan Pertama agar Berkesan dan Sukses

Tips Kencan Pertama agar Berkesan dan Sukses

Suksesnya kencan pertama, biasanya menentukan apakah hubungan tersebut berlanjut atau tidak nantinya. Banyak pria dan wanita sering merasa kebingungan bagaimana menimbulkan kesan terbaik pada pertemuan perdana agar tidak ilfeel.

Sehingga, tak heran jika sebagian besar pria dan wanita menjadi sangat sibuk juga gelisah saking senangnya memikirkan bagaimana nanti saat bertemu dengannya, pakaian apa yang harus dikenakan, obrolan seperti apa yang disukai, maupun cara untuk meningkatkan kepercayaan diri saat berhadapan langsung dengannya.

Bagaimanapun juga, kesan pertama itu sangat penting. Merencanakan hal terbaik pada kencan pertama dapat membuat momen tersebut menjadi berkesan dan sukses, sehingga bisa jadi hubungan tersebut berlanjut karena gebetan nyaman dengan kepribadian Anda.

Terkadang meski sudah direncanakan dengan baik, tetap saja ada kekhawatiran saat pertemuan perdana. Maka, simak tips kencan pertama berikut ini agar berkesan dan sukses.

1. Tidak Datang Terlambat atau Membuatnya Menunggu Lama

Tips pertama agar kencan pertama agar berkesan dan sukses adalah dengan tidak datang terlambat, apalagi sampai membuatnya menunggu terlalu lama. Kedua hal ini berlaku jika Anda berangkat bersama gebetan maupun berangkat sendiri menuju lokasi kencan.

Jika gebetan berniat untuk menjemputnya, sebaiknya saat mempersiapkan diri jangan terlalu dekat dengan waktu kencan yang ditentukan. Hal ini juga menjadi bahan penilaian dari gebetan, sebab setiap orang pasti tidak menyukai keterlambatan dan menganggap Anda tak dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Akibatnya, bisa jadi ia menjadi ilfeel.

Apabila berniat berangkat terpisah, lakukan persiapan jangan terlalu dekat dengan waktu kencan. Minimal datang beberapa menit sebelum gebetan datang, sehingga timbul kesan bahwa Anda sangat menghargai kencan pertama tersebut. Jika terpaksa datang terlambat pun jangan membuatnya menunggu terlalu lama, paling tidak 10-15 menit saja.

2. Berikan Penampilan Terbaik agar Kesan Pertama Jadi Bermakna

Tips selanjutnya adalah memberikan kesan pertama dengan penampilan terbaik supaya jadi bermakna. Penampilan merupakan hal penting yang wajib diperhatikan, baik pria maupun wanita. Tak jarang jika hendak melakukan first date kebanyakan orang menjadi sangat sibuk untuk mempersiapkan segalanya agar tampak menarik di hadapan gebetan.

Persiapan pertama yang penting dilakukan untuk kencan pertama, antara lain mengenakan pakaian bersih dan rapi (juga nyaman), memakai wewangian di tubuh, dan menata tampilan wajah juga rambut semenarik mungkin supaya lebih percaya diri. Jika Anda berdandan, usahakan tidak terlalu menor, namun tampak segar dan terlihat natural.

Apabila kesulitan untuk memberikan penampilan terbaik, sebelum kencan pertama mintalah bantuan dari teman atau orang terdekat yang terpercaya untuk memberikan saran. Dengan begitu, Anda tak perlu terlalu pusing memikirkannya karena telah mendapatkan beberapa referensi.

3. Fokus Tatap pada Lawan Bicara, Bukan pada Ponsel atau Hal Lain

Fokus pada lawan bicara sangat penting supaya ia merasa sangat dihargai sekaligus didengarkan dengan baik. Sebab, siapapun tak akan senang jika seseorang terkesan tidak memperhatikannya sama sekali, apalagi sedang saat berbicara.

Ketika menjalani kencan pertama, apabila malu untuk menatap matanya, cobalah menatap daerah t-zone atau dahinya agar mengurangi rasa gugup. Kontak mata sangat penting dalam memberikan kesan pertama ramah dan disukai, jadi sesekali Anda dapat menatapnya beberapa detik disertai senyuman tulus.

Lain halnya ketika Anda terlalu fokus terhadap ponsel atau sesuatu lainnya, sehingga menjadi tidak fokus dalam mendengarkannya bicara. Akibatnya, gebetan merasa tak dihargai keberadaannya. Meskipun Anda pun malu-malu, sebaiknya tetap mendengarkannya dan tidak melihat ponsel, sesekali lakukan kontak mata dengannya. 

4. Jadilah Diri Sendiri agar Gebetan dapat Menilai Kepribadianmu

Saat kencan pertama, memang harus menunjukkan kesan terbaik untuk membuat gebetan menjadi suka. Namun, kesan terbaik yang dimaksud adalah menjadi diri sendiri dan tak terlalu melebih-lebihkan sesuatu, atau menaburkan bumbu kebohongan di dalamnya.

Siapapun tak senang merasa dibohongi. Maka, saat kencan pertama usahakan bersikap apa adanya namun tetap sopan. Hindari terlalu melebih-lebihkan sesuatu hanya demi membuatnya terkesan.

Apabila pada kencan pertama sudah berbohong dan melebih-lebihkan banyak hal, kemungkinan besar di kemudian hari membuat kebohongan lain untuk menutupinya saat pertemuan berikutnya. Padahal, cepat atau lambat semua ketidakjujuran tersebut akan terbongkar dengan sendirinya.

Maka dari itu, usahakan menjadi diri sendiri agar gebetan dapat dengan mudah mengenal kepribadian Anda. Lagipula, menjadi diri sendiri jauh lebih nyaman daripada berusaha menjadi orang lain dan berbohong demi membuatnya terkesan.

5. Lakukan Kencan Pertama di Tempat Ramai supaya Lebih Aman

Banyak orang ketika melakukan kencan pertama merasa sangat gugup dan tidak percaya diri. Hal yang bisa Anda lakukan adalah mengajukan tempat kencan tidak terlalu sepi dan tidak bersuasana remang atau gelap agar lebih aman dan nyaman.

Memilih tempat kencan pertama di tempat ramai juga bisa mengurangi rasa takut diperlakukan tidak baik olehnya. Sebab, jika ia memilih tempat sepi, Anda pun patut mencurigainya karena ingatlah bahwa tak semua orang baik juga dapat dipercaya. Rasa curiga pun perlu demi melindungi diri sendiri.

Jika takut kencan pertama terjadi hal buruk, lebih baik ajaklah teman atau orang terdekat untuk menemani. Datanglah paling tidak sebelum dirinya sampai di lokasi, mintalah teman Anda untuk pisah meja dan menjaga dari kejauhan.

6. Sebaiknya Lakukan Split Bill, kecuali Memang Dia Tak Membiarkan Anda Membayar

Kebanyakan kencan pertama mengadakan pertemuan di tempat makan seperti restoran, cafe, dan wisata kuliner lainnya. Adapun sebagiannya lagi di tempat wisata, bioskop, juga taman.

Di manapun kencan pertama dilakukan, agar berkesan dan sukses sebaiknya terapkan split bill atau bayar sendiri-sendiri. Sikap seperti ini justru sangat baik, sebab pada kesan pertama Anda tak menyusahkannya untuk membayar tagihan makanan, nonton film, atau tiket tempat wisata. Selain itu, gebetan dapat menilai Anda tidak matre atau gila uang.

Jangan pernah meminta apalagi sampai memaksanya membayarkan tagihan pada kencan pertama karena bagaimanapun juga sikap tersebut tidak dibenarkan. Apalagi jika Anda wanita, ketahuilah bahwa tidak semua pria harus bertindak sebagai pihak yang selalu mentraktir, kecuali pria tersebut memang berniat melakukannya. Selalu melihat kondisi terutama keuangan seseorang sangat penting supaya tak menyusahkannya.

Namun, apabila ia tak membiarkan Anda membayar tagihan, jangan lupa mengucapkan terimakasih dan ajakan untuk bergantian mentraktirnya lain waktu. Kedengarannya sepele, tapi hal tersebut merupakan bentuk adab dan sopan santun.

7. Jaga Sikap Sopan Santun di Hadapannya

Sikap sopan santun wajib diterapkan di manapun dan kapanpun, apalagi ketika kencan pertama. Meskipun Anda menjadi diri sendiri pun, kesopanan wajib diutamakan.

Hindari menunjukkan kebiasaan buruk yang terkesan tidak beradab. Bagaimanapun juga, gebetan menilai kepribadian Anda berdasarkan sikap yang ditunjukkan saat kencan pertama. Bersikap tidak sopan justru membuatnya menjadi ilfeel dan memberikan penilaian negatif.

Misalnya jika Anda terbiasa makan sambil angkat kaki saat di rumah atau bersama sahabat, namun saat kencan pertama sebaiknya perhatikan adab. Atau mungkin jika Anda terbiasa merokok, saat pertemuan perdana sebaiknya menahannya karena belum tentu ia merasa nyaman dengan hal itu.

Menjaga sopan santun juga termasuk tata krama dalam berbicara, tidak hanya bersikap. Jangan dengan mudah mengucapkan kata kasar, ataupun candaan kasar dan mengarah ke hal terlalu intim agar tidak membuatnya ilfeel dan merasa tak nyaman.

8. Hindari Memberikan Pertanyaan yang Bisa Jadi Menyinggung

Kepribadian seseorang belum tentu bisa langsung dikenali saat bertemu pertama kali. Oleh karena itu, ada seseorang yang super sensitif dan mudah tersinggung, tetapi ada juga orang dengan tipe santai. Maka agar berkesan dan sukses, kencan pertama sebaiknya usahakan hindari memberikan pertanyaan menjebak karena belum tentu paham bagaimana isi pikirannya.

Memberikannya pertanyaan menjebak bisa jadi membuatnya merasa tak nyaman, entah karena susah dijawab, atau memang terdengar sensitif menurutnya.  Carilah topik bahasan paling netral, di mana paling tidak Anda dapat mengenal kepribadiannya secara lebih jauh. Misalnya perihal hobi, pengalaman kerja atau kuliah, makanan kesukaan, tempat nongkrong paling sering dikunjungi, dan lain-lain karena hal ini akan membuat Anda terkesan menyenangkan.

9. Jangan Terlalu Banyak Bercerita Mengenai Diri Sendiri

Banyak bercerita tentang diri sendiri pada saat kencan pertama memang baik karena bertujuan untuk membuatnya dapat lebih mengenal tentang kepribadian Anda. Hal yang tidak baik adalah ketika terlalu banyak bercerita tentang diri sendiri, apalagi sampai membandingkan lawan bicara dengan Anda karena dapat dinilai sombong.

Meskipun ia ingin mengenal Anda sepenuhnya, tetap berikanlah ia kesempatan untuk bercerita tentang dirinya. Maka dari itu, sebaiknya berikan pertanyaan ringan dan mudah dijawab agar dapat mengulik kepribadiannya juga secara lebih jauh. Biarkan ia bercerita sampai tuntas, jadi jangan sampai menginterupsinya.

Terlalu banyak bercerita mengenai diri sendiri juga membuat ia menilai Anda sebagai manusia haus perhatian dan tak mempedulikan orang lain. Tidak ingin dinilai demikian, bukan? Oleh karena itu, saling memberikan pertanyaan sangat dianjurkan karena akan meninggalkan kesan baik pada kencan perdana.

Tak hanya itu, anggap bahwa kencan ini sangat berharga. Sehingga, jangan pula menjadi pihak yang selalu ingin ditanya karena terlihat seperti sedang melakukan wawancara. Maka, cobalah untuk mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan sebelum datang pada kencan perdana.

10. Hubungi Dia Usai Kencan Pertama

Menghubungi dia usai kencan pertama termasuk adab dan sebaiknya dilakukan. Menanyakan kabar apakah sudah sampai di rumah dengan selamat dan mengucapkan terimakasih karena telah menyempatkan diri bertemu akan membuatnya menilai bahwa Anda sangat perhatian.

Anda boleh bertanya kepadanya mengenai kesannya ketika bertemu. Jika merasa cocok, cobalah sedikit basa-basi merencanakan pertemuan selanjutnya. 

Itulah tips kencan pertama agar berkesan dan sukses. Hal terpenting yaitu tetap utamakan adab dan kesopanan sekaligus memberikan kesan pertama yang baik supaya mendapatkan penilaian baik darinya. Namun, pastikan tetap bisa menjaga diri agar pertemuan perdana tersebut tidak menjadi kacau.

1 tanggapan pada “10 Tips Kencan Pertama agar Berkesan dan Sukses”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.