Lompat ke konten

10 Tips supaya Double Date Seru dan Menyenangkan

Tips Double Date Seru dan Menyenangkan

Double date atau kencan ganda adalah kegiatan kencan yang biasa dilakukan oleh dua pasangan kekasih. Biasanya dilakukan bersama teman dekat atau sahabat supaya tak merasa canggung.

Tak semua orang mempunyai keberanian untuk melakukan double date. Banyak kekhawatiran menghantui pikiran bahkan sebelum melakukan kencan ganda tersebut. Misalnya takut iri dengan pasangan lainnya, merasa diabaikan, atau malah terjadi perseteruan karena ketidakcocokan kepribadian satu sama lainnya.

Selain itu, banyak orang enggan melakukan double date karena tak mengerti harus bagaimana, khawatir canggung, bahkan takut meninggalkan kesan buruk. Padahal, sebenarnya kencan ganda ini memiliki sensasi dan keseruan tersendiri jika melakukannya. Sesekali Anda bisa merencanakan hal ini bersama sahabat dan pasangannya.

Tips supaya double date seru dan menyenangkan bisa didapatkan, jika menerapkan beberapa aturan seperti pada ulasan berikut ini.

1. Pilih Partner yang Tepat untuk Melakukan Double Date

Langkah pertama sebelum melakukan kencan ganda atau double date yaitu memilih partner yaitu memilih partner yang tepat. Partner bisa jadi sahabat atau teman supaya nantinya tidak jadi canggung.

Ketika memilih partner, sebaiknya ajak juga pasangan untuk berdiskusi. Jangan pernah memutuskannya secara sepihak atau tanpa persetujuan darinya. Hal ini karena bisa jadi partner untuk melakukan double date nanti tak disukai olehnya, sehingga kencan ganda nantinya tak berjalan dengan lancar.

Perhatikan kenyamanan juga untuk sang kekasih. Partner yang cocok menurut Anda, belum tentu cocok bagi dirinya. Maka dari itu jika ia belum mengetahuinya, sebaiknya ceritakan kepribadian sahabat dan pasangannya sebelum kencan ganda. 

2. Pastikan Kekasih Anda Setuju untuk Melakukan Double Date

Hal paling penting sebelum memutuskan untuk double date yaitu memastikan bahwa kekasih Anda setuju melakukannya. Bagaimanapun juga, kenyamanan juga penting supaya tak ada pihak yang terpaksa.

Tidak semua orang nyaman jika diajak untuk kencan ganda. Apabila dirinya setuju, maka segera diskusikan partner untuk kencan ganda nanti. Pastikan jangan memutuskannya secara sepihak demi menghindari konflik.

Namun, jika pasangan tak setuju, sebaiknya tanyakan padanya tentang alasan tak ingin melakukan kencan ganda. Apabila dirinya tak setuju meskipun diberi sedikit rayuan, maka janganlah jadi manusia egois dengan tidak memaksanya pergi. Bagaimanapun juga, mendengarkannya dengan baik dapat membantu Anda untuk lebih memahami perasaannya.

3. Cari Topik yang Bisa Diterima dan Dimengerti oleh Setiap Pihak

Aturan penting selanjutnya supaya double date seru dan menyenangkan adalah mencari topik yang bisa dimengerti oleh setiap orang. Kesukaan masing-masing mungkin berbeda, sehingga sebaiknya mencari bahan obrolan paling umum dan bisa dimengerti oleh setiap pihak.

Mencari topik bisa tentang hal yang saat ini sedang menjadi tren atau ramai diperbincangkan, bercerita tentang kuliah atau pekerjaan, rencana bisnis, ataupun tempat-tempat yang sedang hits. Mencari bahan obrolan ringan dan tidak membuat berpikir keras sangat disarankan, sebab tujuannya adalah untuk bersenang-senang bersama.

Pastikan topik tersebut memang benar-benar dipahami oleh setiap pihak, bukan hanya Anda dengan pasangan ataupun dengan sahabat saja. Adapun hal penting lainnya yaitu memastikan bahwa bahan obrolan tersebut tidak menyinggung perasaan siapapun.

4. Pilih Kegiatan yang Bisa Melibatkan Semua Pihak

Ketika melakukan double date, perihal memilih tempat dan kegiatan pun penting supaya seru dan menyenangkan, sehingga semua pihak bisa menikmatinya. Daripada memilih tempat romantis, disarankan untuk memilih tempat seru seperti wahana bermain, cafe atau tempat nongkrong, tempat karaoke atau billiard, dan lain-lain.

Memilih tempat romantis untuk kencan ganda justru tidak seru. Sebab masing-masing pasangan sibuk dengan kemesraan masing-masing, sehingga tak ada bedanya dengan kencan biasanya.

Sebaliknya, memilih tempat sekaligus kegiatan yang melibatkan semua pihak, akan berguna supaya masing-masing bisa berinteraksi dan saling mengenal. Selain itu, juga meningkatkan keakraban dalam hal pertemanan.

5. Kurangi Terlalu Banyak Bermesra-mesraan atau PDA (Public Display Affection) dengan Pasangan

Mengurangi bermesra-mesraan berlebihan atau public display affection (PDA) dengan pasangan sebaiknya dilakukan. Sebab, belum tentu orang lain menyukainya, dalam artian mungkin risih saat melihatnya.

Melakukan skinship dengan pasangan sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan tidak berlebihan. Contoh bermesraan terlalu berlebihan ini misalnya merangkul, memeluk, maupun terlalu sering mencium. Bukannya asik bersama, justru serasa dunia hanya milik berdua.

Maka dari itu, sebaiknya kurangi melakukan public display affection (PDA) ini. Meskipun mereka adalah partner Anda dan kerap kali melakukannya, ingatlah bahwa tak semua orang nyaman melihatnya.

6. Bercandalah secara Wajar supaya Tidak Menyinggung Pasangan Lainnya

Menciptakan suasana menyenangkan saat kencan ganda bisa dilakukan dengan menyelipkan candaan pada setiap perbincangan selama melakukan kencan ganda. Bukan hanya sebagai hiburan, tetapi juga supaya suasana tidak canggung maupun obrolan tak terlalu serius.

Perlu diketahui bahwa ketika bercanda saat kencan ganda, jangan sampai menyinggung pasangan lainnya. Sebaiknya hindari membawa candaan yang biasa dilakukan oleh Anda dan pasangan, sebab belum tentu semua orang memahaminya. Kemungkinan, bisa saja hal tersebut sensitif bagi pihak lainnya.

7. Tidak Oversharing Demi Menjaga Privasi Hubungan Pribadi

Ketika melakukan kencan ganda, saling bercerita mengenai diri dan pasangan masing-masing memang baik supaya bisa saling mengenal lebih jauh. Akan tetapi, hal ini justru sebuah kesalahan apabila dilakukan terlalu berlebihan.

Menjaga privasi hubungan masing-masing perlu dilakukan, sehingga ada baiknya tidak oversharing demi menjaga privasi ataupun terlalu berlebihan dalam mengumbar kepribadian pasangan. Misalnya soal masalah keluarga, maupun keburukannya sebaiknya tak perlu dijadikan bahan pembicaraan.

Selain menjaga privasi hubungan, tidak oversharing juga penting untuk menjaga kenyamanan pasangan Anda. Maka dari itu, sebaiknya ceritakan saja kebaikan dan hal-hal positif dari dirinya.

8. Hargai Batasan dan Perasaan Masing-masing

Menghargai batasan sekaligus perasaan masing-masing pihak juga penting. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki perasaan, maka dari itu ketika double date sebaiknya hindari menggunakan kata-kata yang membuat tersinggung ataupun bercanda mengenai topik sensitif.

Selain itu, sebaiknya hindari bertanya mengenai hal privasi dalam hubungan seseorang. Misalnya seperti menanyakan tentang masalah hidup dan keburukan dari pacar partner Anda. Hal ini malah menyebabkannya tak nyaman dan enggan untuk bercengkrama lebih jauh.

Menghargai orang lain juga dengan tidak mengabaikan keberadaannya maupun tak memberikan pertanyaan menjebak agar tidak menyinggung. Ketika salah satu pihak memiliki sifat pendiam ataupun memiliki kepribadian seorang introvert, sebaiknya pancing ia supaya bisa banyak bicara dan tak merasa diasingkan.

9. Tahan Diri untuk Tidak Berdebat atau Bertengkar di Hadapan Pasangan Lain

Kelakuan pasangan meskipun sedang kencan ganda, bisa saja menjengkelkan. Sehingga timbul rasa ingin marah ataupun terpancing untuk beradu mulut. Ketika hal itu terjadi, sebaiknya tahan diri untuk tidak berdebat atau bertengkar di hadapan pasangan lainnya.

Berdebat atau bertengkar dapat menimbulkan perasaan canggung dan tak nyaman. Apalagi jika hanya karena sepele, tentu partner kencan ganda Anda malah berpikir negatif sekaligus bingung bagaimana harus melerai.

Cara menghindari kejadian ini adalah dengan membuat kesepakatan dengan pasangan Anda agar tidak melakukan hal-hal yang memicu konflik ataupun perdebatan. Dengan begitu, risiko ribut di tempat umum dapat dikurangi.

10. Buat Kesepakatan untuk Membayar Tagihan, Jangan Sampai Memaksakan Diri

Pergi double date atau kencan ganda rasanya tentu belum afdol rasanya jika tak mencoba ke tempat-tempat menyenangkan seperti cafe, restoran, ataupun wahana bermain. Pasti ada pula tagihan yang harus dibayarkan, entah untuk makan ataupun tiket masuk.

Membuat kesepakatan sebelum merencanakan double date sebaiknya dilakukan, khususnya untuk masalah keuangan. Apabila kondisi keuangan sedang buruk, Anda dapat mengajukan untuk bayar sendiri-sendiri atau melakukan split bill agar tidak merepotkan satu sama lain.

Jangan memaksakan diri hanya demi terlihat loyal. Sebaiknya lakukan saja sesuai dengan kemampuan supaya tidak memberatkan nantinya.

Itulah beberapa tips supaya double date seru dan menyenangkan. Pastikan pula untuk menemukan partner yang tepat supaya kencan ganda nantinya dapat memberikan kesan baik dan tidak membosankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.