Lompat ke konten

10 Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Status

Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Status

Hubungan tanpa status atau biasa disingkat HTS adalah hubungan yang tidak memiliki komitmen jelas, biasanya dilakukan dengan sebuah prinsip ‘jalani saja dulu’. Selain itu, kebanyakan melakukan HTS seperti ini hanya dijadikan untuk bermain-main. Mungkin sebagian orang nyaman saat menjalaninya, namun sebagiannya lagi tidak nyaman.

Beberapa faktor mempengaruhi alasan seseorang memilih menjalani hubungan tanpa adanya status, misalnya enggan memperkenalkan pasangannya kepada orang tua, tidak ingin diketahui orang lain karena memiliki pacar, masih ingin merasa bebas, dan lain sebagainya. Apapun alasannya, hubungan tak ada komitmen namun masih berharap lebih, tentu lebih baik diakhiri supaya tak semakin menyakiti diri sendiri. Sebab kemungkinan paling buruk yaitu tak memperoleh jawaban pasti darinya soal komitmen.

Sudah terlanjur terjebak dalam hubungan tanpa adanya status memang dapat membuat seseorang menjadi nyaman, namun tetap saja pada akhirnya akan menyakiti diri sendiri karena tak ada kejelasan komitmen. Berniat menyudahinya? Ketahuilah cara mengakhiri hubungan tanpa status berikut ini.

1. Pertanyakan Soal Kejelasan Komitmen dalam Hubungan

Lelah dalam menjalani hubungan tanpa status pasti saja terjadi pada salah satu ataupun kedua pihak. Apalagi soal komitmen, sebab setiap hubungan pasti membutuhkan komitmen sekaligus keseriusan ketika menjalaninya.

Apabila Anda tidak nyaman dan hendak mengakhiri hubungan tanpa ada status, sebaiknya pertanyakan secara langsung soal kejelasan komitmen. Menanyakan komitmen ini sangat penting supaya bisa membuat perencanaan masa depan secara jelas.

Anda juga berhak menanyakan soal keseriusan padanya agar mengetahui seberapa penting Anda bagi hidupnya. Apabila dia tak bisa menjawabnya ataupun tak memiliki alasan khusus, sebaiknya tinggalkan saja daripada tertahan terlalu lama dalam HTS.

2. Jangan Hanya Diam dan Menurut, Ungkapkan jika Memang Tidak Nyaman

Awalnya, menjalani hubungan tanpa status memang memberikan kenyamanan tersendiri. Namun semakin lama, hal ini justru tak baik bagi diri sendiri karena tak mempunyai ikatan apapun, dan enggan membuka hati karena sudah terlanjur nyaman.

Jangan sampai terjebak dalam HTS terlalu lama karena bisa mengekang kebebasan hati sendiri untuk memilih orang lain. Mengakhiri hubungan tanpa ada status lebih baik, jadi sebaiknya jangan hanya diam dan menurut saja. Apabila tidak nyaman, lebih baik ungkapkan padanya.

Diam saja dan tetap menurut, bahkan memiliki harapan lebih padanya justru dapat menyakiti diri sendiri. Sadarilah bahwa HTS tidak akan baik kedepannya karena tak ada ikatan apapun. Mengakhirinya adalah cara terbaik demi ketenangan sekaligus kebebasan diri Anda.

3. Berikan Batasan dan Ketegasan, Khususnya pada Diri Sendiri

Memberikan batasan dan ketegasan pada diri sendiri perlu dilakukan. Jangan biarkan terlalu lama terjebak dalam hubungan tanpa ikatan dan komitmen daripada nantinya hanya akan menyakiti.

Beri batasan padanya, jangan mau diperlakukan secara spesial olehnya. Tak hanya itu saja, cobalah tegaskan pada diri sendiri untuk menghilangkan segala perasaan padanya secara perlahan. 

Perlu diketahui bahwa hubungan tanpa adanya ikatan, pasti tidak ada kejelasan mengenai masa depan karena dia pun pasti enggan memiliki niat serius. Anda berhak menjadi lebih bahagia dengan komitmen jelas bersama orang lain. Bermain-main dalam hubungan hanya membuang-buang waktu berharga.

4. Jangan Pernah Mengharapkan Jawaban Pasti dari Hubungan Tanpa Ada Status

Cara mengakhiri hubungan tanpa status adalah dengan tidak mengharapkan jawaban darinya. Perlu diketahui bahwa tidak ada jawaban jelas dari hubungan seperti ini karena kedua pihak tidak memiliki ikatan apapun.

Daripada terus memikirkan tentang perasaannya, lebih baik pikirkan diri sendiri. Anda berhak egois demi kebahagiaan sendiri daripada terjebak tanpa ikatan jelas. Jadi, sebaiknya jangan pernah mengharapkan jawaban apapun darinya karena tidak akan ada kepastian darinya.

Apabila dia berdalih dan menjanjikan banyak hal demi menghibur Anda, jangan mudah termakan rayuannya. Toxic positivity seperti ini justru dapat menahan Anda lebih lama dalam hubungan yang tidak jelas.

5. Siap Terima Kenyataan

Selalu siap menerima kenyataan termasuk cara mengakhiri hubungan tanpa status. Khususnya ketika menanyakan soal keseriusannya dalam hubungan, jawaban darinya bisa saja memang tidak ingin ada ikatan, maupun bingung soal kejelasan ke depannya.

Jangan pernah mengharapkan jawaban apapun dari seseorang yang memang hanya ingin bermain-main dalam suatu hubungan. Cobalah menerima kenyataan bahwa dia memang tak benar-benar ingin serius menjalani hidup bersama.

Selalu siap menerima kenyataan dapat membawa Anda kepada pandangan baru. Sebab, hidup tak melulu soal dia saja.

6. Beri Batas Waktu untuk Dirinya

Mungkin Anda masih perlu mempertanyakan kepadanya soal kejelasan hubungan, sehingga mencoba memberikan batas waktu padanya untuk memikirkan jawaban. Tak masalah melakukan hal ini, namun tetap harus siap ketika nanti sudah menerima jawaban darinya.

Bisa jadi dia bingung bagaimana kelanjutan hubungan tersebut, sehingga membutuhkan waktu untuk menjawabnya secara sadar dan dengan pikiran tenang. Jangan terlalu lama memberikannya waktu supaya dia pun bisa bersikap tegas kepada dirinya sendiri.

7. Minta Bantuan dan Dukungan dari Orang Terdekat

Bingung bagaimana mengakhiri hubungan tanpa status? Cobalah meminta bantuan dan dukungan dari orang terdekat seperti teman baik ataupun keluarga.

Wajar saja apabila bingung mengakhiri hubungan tanpa adanya status karena sudah terlalu nyaman dengan keadaan. Akan tetapi, mau bagaimanapun juga semua ini harus segera diakhiri demi kebaikan diri.

Mintalah dukungan kepada orang terdekat supaya memperkuat alasan mengakhiri hubungan tersebut. Apabila perlu, mintalah solusi bagaimana harus menghadapi dia yang enggan memiliki ikatan dan komitmen pada hubungan.

Orang terdekat biasanya lebih memahami tentang diri Anda. Sehingga, tidak ada salahnya menceritakan keresahan tersebut pada mereka supaya hati jadi lebih tenang.

8. Perlakukan Dia Selayaknya Teman Biasa

Menjalani hubungan tapi tanpa ikatan bagi sebagian orang membuat tidak nyaman pada akhirnya. Maka dari itu, sudah seharusnya tak berharap lebih soal apapun padanya, khususnya perihal perasaan demi kebaikan sendiri.

Beri batasan terhadap perlakuannya supaya tak semakin berpengaruh pada perasaan. Perlakukan dia selayaknya teman biasa tanpa rasa spesial supaya tidak lagi terbawa perasaan. Anggap tak memiliki hubungan apapun dengannya, selain teman tanpa kekhususan.

Menganggapnya sebagai teman biasa perlahan dapat menghilangkan rasa spesial terhadapnya. Cara ini juga efektif dalam mengakhiri hubungan tanpa status.

9. Kurangi Frekuensi Pertemuan dan Komunikasi

Mengurangi frekuensi pertemuan dan komunikasi sebaiknya dilakukan supaya tidak semakin terbawa perasaan. Jangan sampai merasakan cinta secara sepihak, namun dia menggunakan tameng hubungan tersebut dijalani tanpa komitmen supaya bisa mendekati lawan jenis lain dan kemudian selalu saja berkata bahwa hanya Anda yang ada di pikirannya.

Tentu saja perkataan seperti itu bohong. Apabila seseorang serius berkomitmen, tentunya tidak akan mendekati lawan jenis lain dengan alasan apapun. Jadi, jangan mudah termakan rayuannya yang pada akhirnya menahan Anda untuk menjalani hubungan tanpa kejelasan.

Cobalah batasi pertemuan dan komunikasi dengannya demi kebaikan diri sendiri. Bukalah mata, di luar sana pasti ada seseorang yang suatu saat nanti mengajak Anda menjalani hubungan secara serius dan ikatannya jelas. Sehingga, tak perlu mengharapkan apapun dari manusia dengan ketidakjelasan.

10. Lepaskan Dia, Move On Sepenuhnya

Mengakhiri hubungan berarti Anda harus siap melepaskan dia lalu move on sepenuhnya. Jangan terbayang-bayang lagi akan sosoknya, sebab sebenarnya Anda dan dia belum memulai hubungan apapun karena tanpa ikatan jelas.

Melepaskan dia adalah demi kebaikan diri sendiri. Jangan mau terperangkap dalam hubungan tanpa status karena kata-kata dan perlakukannya membuat nyaman. Pada dasarnya, jika orang tersebut serius, dia tak akan mendekati lawan jenis lain dengan alasan apapun, serta pasti membuat komitmen tanpa janji yang terkesan dibuat-buat.

Itulah berbagai cara mengakhiri hubungan tanpa status. Jadi, jangan mau terjebak terlalu lama pada hubungan seperti ini daripada nantinya malah menyakiti diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.