Lompat ke konten

7 Penyebab Suami Dingin Terhadap Istri

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Penyebab Suami Dingin Terhadap Istri

Suami dingin terhadap istri bisa jadi dikarenakan oleh sebab tertentu. Mungkin sikap dinginnya itu pun baru Anda sadari, sehingga hal ini tentu saja membuat tidak nyaman dan merasa seperti serba salah.

Sikap dingin suami tersebut seringkali membuat sang istri berasumsi macam-macam, tak jarang pula berpikir negatif dan menempatkan diri sendiri menjadi wanita yang serba salah. Sebab, perilakunya seperti itu membuat seorang istri bingung bagaimana harus berbuat.

Perasaan tidak nyaman yang dirasakan membuat hubungan menjadi berjarak, seolah memiliki pemisah berupa dinding tinggi dalam hubungan pernikahan. Akibatnya, dalam menjalani hubungan rumah tangga menjadi tidak sedekat dahulu, sering menimbulkan konflik, apalagi salah paham satu sama lain. Tak hanya itu, baik suami dan istri jadi tak bisa memahami perasaan masing-masing karena tidak adanya komunikasi yang baik.

Oleh karena itu, apabila suami dingin terhadap istri sudah seharusnya hal tersebut tidak boleh diabaikan. Terlalu menyepelekannya akan terbawa hingga jangka panjang, sehingga menyebabkan hubungan keluarga menjadi tidak harmonis.

Apabila bersikap demikian, sebaiknya Anda perlu mengetahui penyebabnya dan hindari untuk berasumsi macam-macam. Inilah penyebab suami dingin terhadap istri yang perlu Anda ketahui.

1. Istri Terlalu Sibuk Bekerja dan Asik dengan Dunianya Sendiri

Seseorang ketika sudah sangat sibuk dengan pekerjaannya ataupun dunianya sendiri, cenderung sering melupakan lingkungan sekitarnya. Bisa jadi juga ia bahkan hanya berfokus pada dunia sendiri hingga mengabaikan keluarganya.

Tak hanya istri yang kesal saat suami sibuk dengan dunianya sendiri, perilaku seperti ini juga berlaku sebaliknya. Tak seorang pun senang jika diabaikan, apalagi seorang laki-laki. Bagaimanapun juga, laki-laki juga memiliki perasaan ingin selalu diperhatikan.

Seorang suami meskipun cuek tetapi ia pasti sayang pada istrinya jika diperlakukan secara baik. Sebaliknya jika Anda cenderung tak memberi perhatian dan terlalu sibuk pada dunia sendiri maupun lebih mementingkan pekerjaan daripada keluarga, jangan mudah menyalahkan jika suami Anda bersikap dingin secara tiba-tiba.

Menjalani peran sebagai seorang istri sekaligus ibu bagi keluarga bukanlah hal mudah. Apalagi jika sambil bekerja demi memenuhi kebutuhan tambahan untuk keluarganya. Sebenarnya, wanita ketika sudah menikah sah-sah saja apabila memutuskan untuk bekerja, dengan catatan harus bisa membagi waktu antara dirinya dan keluarganya.

Bagaimanapun juga, seorang istri memiliki peran penting dalam rumah tangga. Apabila peran tersebut tak dapat dijalankan dengan baik, bahkan terlalu sibuk dengan dunianya, wajar saja jika sang suami dingin terhadap istri.

2. Suami Anda Bisa Jadi Tertarik kepada Wanita Lain

Penyebab suami dingin terhadap istri lainnya mungkin saja karena ia sedang menyukai wanita lain. Asumsi seperti ini seringkali terlintas dalam pikiran seorang wanita ketika sudah menikah, sebab banyak pria mendadak menjadi bersikap dingin bahkan enggan melirik pasangannya karena dirinya sibuk melihat wanita lain.

Perubahan sifat secara drastis, seperti suami dingin terhadap istrinya secara tiba-tiba mungkin disebabkan karena dirinya tertarik kepada wanita lain. Sehingga, perhatian yang seharusnya diberikan sepenuhnya kepada istrinya, justru diberikannya pada wanita lain yang menurutnya lebih menarik. Hal inilah yang seringkali menyebabkan rusaknya ikatan pernikahan.

Apabila asumsi Anda benar bahwa suami sedang tertarik dengan wanita lain, atau memang sudah berhubungan sangat dekat dengan selingkuhannya, pasti rasanya sangat menyakitkan. Apalagi jika mengingat bahwa ia dulu mengucap janji suci di hadapan banyak orang tetapi justru saat ini dirinya dengan mudah mengkhianati ikrarnya sendiri.

Menghadapi kenyataan bahwa suami sudah tak tertarik lagi dengan Anda, membutuhkan ketegaran serta sabar yang lebih banyak. Daripada terus bersedih karena sikapnya seperti itu, sebaiknya Anda pun juga perlu melakukan introspeksi diri kemudian perbaikilah sikap yang tidak disukai oleh suami secara bertahap.

Terutama pada saat masa setelah melahirkan, bentuk tubuh wanita mengalami perubahan drastis. Bahkan sebagian wanita setelah melahirkan cenderung tampil lebih apa adanya dan kurang merawat dirinya sendiri karena terlalu sibuk mengurus bayi daripada memperhatikan penampilannya sendiri. Hal ini juga bisa menjadi pemicu sang suami menjadi bosan karena istrinya tidak menarik lagi penampilannya.

Sebagai seorang istri, menjaga penampilan tetap menarik di hadapan suami juga perlu. Kemudian untuk seorang suami, daripada hanya berkomentar negatif soal penampilan pasangannya yang berubah drastis, sebaiknya juga diberikan dukungan untuk merawat diri.

Terus berbenah diri dan melakukan segala hal dengan lebih baik perlahan mampu membuat hati dingin suami perlahan luluh. Cobalah untuk selalu memanjakannya, melayaninya dengan baik, serta lebih menjaga penampilan agar tetap menarik di hadapannya. Dengan begitu dirinya pun akan sangat senang dan menyadari bahwa wanita paling menarik hanyalah istrinya seorang.

3. Suami Merasa bahwa Istrinya Kurang Perhatian Terhadapnya

Ketika sudah menikah, saling menopang dan mendukung satu sama lain merupakan sesuatu penting yang harus tetap dipertahankan. Tak hanya suami saja yang harus memberikan perhatian maupun memahami perasaan, tetapi seorang istri juga harus melakukan hal serupa supaya dapat mempertahankan hubungan rumah tangga supaya harmonis.

Akan tetapi, apabila sang istri sudah jarang atau bahkan tidak lagi mendukung dan memberi perhatian kepada suami maupun keluarga kecilnya, wajar saja apabila suami menjadi bersikap dingin terhadap istrinya. Tentu saja ia kesal karena seperti diabaikan dan tidak dihargai keberadaannya.

Istri jika kurang perhatian pada keluarga, tak hanya menjadi penyebab suami dingin terhadap istri, tetapi juga bisa menimbulkan kerenggangan ikatan keluarga. Tak hanya itu, laki-laki yang telah menikah jika kurang diberi perhatian, dirinya pasti akan lebih memilih bersenang-senang di luar karena merasa bahwa rumah bukanlah tempat nyaman untuk pulang.

Maka dari itu, sebagai seorang istri hendaknya juga bisa lebih memberikan perhatian kepada suami dan anak, tidak hanya kepada kesibukan ataupun diri sendiri. Jika Anda adalah seorang suami, cobalah untuk terbuka membicarakan ketidaksukaan Anda pada sikap istri yang jarang memberikan perhatian supaya perlahan bisa meluluhkan hatinya.

4. Ada Hobi Baru yang Sedang Dijalani oleh Suami

Suami dingin terhadap istrinya tidak melulu karena adanya kesalahan atau perubahan sikap pada istrinya. Namun, sikap dinginnya bisa jadi karena ia sedang mempunyai suatu hobi baru, sehingga lebih fokus dan antusias untuk melakukan hobinya.

Antusiasme terhadap sesuatu atau hobi yang baru, bisa mengubah kepribadian seseorang secara perlahan. Bahkan bisa mengabaikan lingkungan sekitarnya, meskipun itu adalah keluarganya sendiri karena waktu luangnya lebih banyak digunakan untuk melakoni hobi barunya. Antusiasme terhadap sesuatu memang baik, tetapi harus tetap seimbang atau tak berlebihan.

Diabaikan oleh suami memang membuat kesal, apalagi jika ia sudah terlanjur tenggelam dalam kesibukannya sendiri. Meskipun kesal, sebenarnya laki-laki ketika sudah menikah juga membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. Jika Anda tak nyaman ia bersikap demikian, maka bicarakanlah baik-baik hal ini dengannya.

Jika suami bersikap dingin karena sedang senang-senangnya melakukan hobi baru, sebaiknya ajaklah ia untuk bicara baik-baik. Utarakan perasaan Anda tanpa menyudutkan ataupun berkata negatif soal hobi barunya, sehingga perlahan ia akan mengerti bahwa Anda sangat membutuhkan sosoknya. Buatlah kesepakatan kapan harus bersama keluarga dan kesempatan suami untuk melakukan me time supaya ia juga bisa berusaha menyeimbangkannya.

5. Suami Anda Merasa Kurang Percaya Diri

Penyebab suami dingin terhadap istri tidak selalu karena istrinya terlalu sibuk, ia tertarik dengan wanita lain, ataupun kurang diperhatikan. Akan tetapi, bisa jadi ia merasa kurang percaya diri selama membina rumah tangga.

Laki-laki sebenarnya bisa merasa kurang percaya diri pada wanitanya, terutama ketika sudah menikah. Suami dingin terhadap istri mungkin karena ia merasa bahwa istrinya adalah wanita karir yang hebat atau gajinya lebih besar daripada dirinya sendiri. Sehingga, hal tersebut membuatnya bersikap dingin dan cuek karena merasa malu.

Suami mungkin enggan mengakui langsung bahwa dirinya tidak percaya diri karena takut akan diremehkan oleh istrinya. Sehingga, ia lebih memilih menjaga jarak lalu membuat timbulnya kesan dingin, serta dianggapnya mampu mengurangi rasa tidak percaya diri.

Adanya rasa tidak percaya diri dalam hubungan pernikahan tentu bukanlah sesuatu yang baik, apalagi jika terus-terusan. Sebagai seorang istri, berusahalah untuk mendukung sang suami dan selalu berikan apresiasi atas kerja kerasnya. Hal tersebut mampu mengurangi rasa tidak percaya diri yang sering timbul.

6. Ada Masalah Pribadi yang Dipendam Sendiri

Penyebab lain suami dingin terhadap istri bisa juga karena adanya masalah pribadi yang sedang dipendamnya sendiri. Mungkin dirinya enggan terbuka tentang masalahnya, entah dirinya belum siap, atau bisa juga karena tidak ingin membuat Anda khawatir. Akan tetapi, justru menyebabkan perubahan pada sikapnya menjadi lebih menjaga jarak dan bersikap cuek terhadap istrinya.

Manusia pasti tak luput dari ujian dan permasalahan dalam hidup. Sehingga, mungkin saja suami Anda sedang tertimpa masalah, entah dalam pekerjaannya, lingkungan pertemanan, ataupun dari keluarganya. Sebagai istri, sebaiknya jangan berasumsi macam-macam apalagi sampai menghakiminya tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi karena hal ini dapat memicu konflik.

Maka, jadilah pendengar terbaik bagi suami dan jangan menginterupsinya hingga ia selesai bercerita tentang permasalahannya. Menjadi pendengar yang baik mampu memberikan rasa nyaman, sehingga ia leluasa bercerita dan percaya bahwa Anda adalah pasangan yang perhatian.

7. Sikap Istri Membuatnya Kesal

Suami dingin terhadap istrinya bisa jadi karena sikapnya menyebalkan, wajar saja jika sering membuatnya marah. Hal ini mungkin tak disadari, sehingga seringkali melakukan kesalahan yang sama.

Ketika suami marah besar kepada istrinya, sebagai istri sebaiknya melakukan introspeksi diri karena bisa jadi ia bersikap dingin dan sering marah karena Anda menyebalkan baginya. Sikap menyebalkan tersebut seperti, terlalu banyak menuntut, sangat cerewet, tidak mampu melayani dengan baik, sering mengeluh, banyak melakukan pemborosan, terlalu pelit, dan lain-lain yang membuat sang suami tidak betah dan memilih menjaga jarak.

Sikap menyebalkan tersebut bahkan mungkin jarang disadari oleh istri, maka sebaiknya komunikasikan dengan baik. Saling memberikan evaluasi dan introspeksi diri dalam sebuah hubungan mampu mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga rasa untuk saling melengkapi satu sama lain untuk mempertahankan hubungan dapat muncul dengan sendirinya.

Itulah penjelasan mengenai penyebab suami dingin terhadap istri yang perlu diketahui. Baik suami maupun istri, sebaiknya selalu lakukan komunikasi secara terbuka supaya dapat mengerti satu sama lain sekaligus mengurangi terjadinya kesalah pahaman. Tak hanya itu, komunikasi yang baik dan saling memahami dapat memberikan kehangatan pada hubungan pernikahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.