Lompat ke konten

7 Cara Menyikapi Suami yang Sudah Tidak Mencintai Istri Lagi

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Cara Menyikapi Suami Tidak Mencintai Istri Lagi

Kenyataan bahwa suami sudah tidak mencintai istrinya lagi benar-benar sangat menyakitkan. Rasanya seperti ada sesuatu yang hilang dari hati. Apalagi ketika sudah lama menikah, hubungan rumah tangga rasanya sangat hambar karena tak ada cinta di dalamnya.

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan pernikahannya berjalan dengan mulus dan banyak dilalui oleh momen manis. Akan tetapi kenyataannya, beberapa kejadian dalam pernikahan sebagian orang terdapat kasus perselingkuhan, suami tidak mencintai istrinya lagi, kekerasan dalam rumah tangga, maupun perceraian.

Ketika sudah mengetahui bahwa suami tidak mencintai istri, otak benar-benar tak bisa diajak berpikir logis. Sebab sudah terlanjur dipenuhi oleh emosi seperti perasaan sedih dan juga kecewa. 

Suami tidak mencintai istri bisa karena ada sebab tertentu. Misalnya terlibat perselingkuhan, terlalu sibuk dan memprioritaskan pekerjaan, dan lain-lain sehingga membuat suasana keluarga menjadi tak hidup atau hambar.

Daripada terus overthinking sebaiknya Anda perlu mengetahui penyebabnya dan ketahuilah cara dalam menyikapi suami yang sudah tidak mencintai istrinya lagi:

1. Cari Penyebab atau Akar Permasalahannya

Ketika mengetahui bahwa suami sudah tidak mencintai Anda sebagai istrinya, mencari penyebab atau akar permasalahannya sebaiknya harus dilakukan. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui sesuatu yang sebelumnya tak diketahui, mengurangi beban pikiran, serta menemukan solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Sebagian pria yang sudah menikah tetapi kemudian tak lagi mencintai atau hilang rasa pada wanitanya, bisa jadi disebabkan karena suami terlibat perselingkuhan, faktor perubahan sifat istri ke arah negatif, terlalu memprioritaskan pekerjaan, atau bisa juga karena istri terlalu menuntutnya.

Faktor penyebab tersebut seringkali jarang disadari oleh istri. Bahkan mungkin baru disadari ketika perasaan suami yang tak mencintainya baru terlihat jelas. Misalnya tiba-tiba suami bersikap dingin dan tak peduli, atau bisa jadi seringkali membuat istri dalam posisi selalu salah.

Apalagi ketika istri menghadapi suami selingkuh, hal ini tentu tidak mudah untuk berjuang pada posisi tersebut. Dalam kasus perselingkuhan, biasanya mata dan hati suami telah dibutakan, sehingga ia pun lebih memilih wanita simpanannya. Hal inilah yang membuat dirinya menjadi tidak mencintai pasangan sahnya.

Jika Anda sudah bisa menemukan akar permasalahan mengapa ia tidak mencintai Anda lagi, dengan begitu akan lebih mudah untuk menemukan cara penyelesaiannya. Maka, usahakanlah untuk memperbaiki ikatan pernikahan sebelum terlambat.

2. Minta Suami untuk Lebih Terbuka tentang Alasannya Tak Mencintai Istrinya Lagi

Menyadari bahwa suami sudah tidak mencintai istri lagi, kenyataan itu memang sangat menyakitkan. Apalagi jika sama sekali tidak mengerti alasannya, tentu saja hal ini membuat kebingungan, bahkan sampai jadi overthinking.

Daripada tidak pernah mengetahui alasan sang suami dan membuat overthinking, lebih baik menanyakan langsung alasan kepadanya supaya semuanya lebih jelas. Dirinya pasti memiliki alasan tersendiri mengapa bisa hilang rasa kepada istrinya, jadi bukan tanpa alasan jelas.

Mintalah suami Anda untuk lebih terbuka dan mengutarakan segala perasaannya menyangkut diri Anda sebagai istrinya. Apabila ia tidak mengungkapkan alasannya, tidak perlu menuntutnya terus-terusan. Tetaplah bersabar dan ulangi lagi ketika pikirannya sedang santai, katakan padanya bahwa Anda membutuhkan jawaban yang jelas supaya bisa berubah ke arah lebih baik.

Jawaban darinya mungkin bisa saja mengejutkan Anda. Maka dari itu, tetaplah persiapkan hati supaya bisa tetap tegar dalam menghadapi kenyataan tak terduga, bahkan sesuatu yang sebelumnya bisa jadi tidak pernah Anda dengar dari suami Anda.

Jangan menginterupsi dan cepat terpancing emosi setelah mendengar jawabannya yang mungkin sedikit mengejutkan. Dengarkan ia dengan baik supaya tidak terjadi salah paham dan tidak lengkap dalam menerima informasi.

3. Cobalah untuk Mencintai Suami tanpa Syarat

Mungkin seorang istri telah menyadari bahwa suami sudah tidak mencintainya lagi, sehingga sudah pasrah dan tidak tahu harus bagaimana lagi. Daripada hanya pasrah, sebaiknya tetaplah tunjukkan rasa cinta secara tulus, bahkan lebih baik daripada sebelumnya.

Bisa jadi ia menganggap Anda juga tidak lagi seperti dulu lagi dan jarang menunjukkan rasa cinta. Hal ini lah yang membuat suami nampak berbeda dan seperti menjadi tidak betah bersama Anda.

Maka dari itu, mencoba mencintainya tanpa syarat tidak ada salahnya. Misalnya dengan memanjakan suami atau dengan menunjukkan perasaan tulus lainnya kepadanya tanpa meminta balasan atau imbalan apapun. Dengan begitu, ia akan menyadari bahwa Anda tidak pernah meninggalkannya.

Meskipun ia sudah tidak mencintai Anda lagi sebagai istri, bukan berarti Anda juga ikut berhenti mencintainya.Sebab hal ini tidak akan mengubah keadaan, justru hanya menambah beban pikiran dan masalah. 

Tetaplah bertahan, sebelum suami mengucapkan talak kepada istrinya. Bagaimanapun juga, melayaninya dengan baik tanpa meminta imbalan apapun sudah merupakan kewajiban istri. Sehingga, perlahan hatinya akan luluh dan mulai mencoba mencintai istrinya lagi.

4. Tetap Menghormati dan Menghargai Suami

Kewajiban istri yaitu menghormati dan menghargai suami. Sikap untuk saling menghormati dan menghargai sangat penting diterapkan dalam rumah tangga. Jika keduanya tidak diterapkan, terutama kepada suami, maka bisa membuatnya tidak mencintai Anda lagi sebagai istrinya.

Suami yang merasa dirinya tidak dihormati dan dihargai, membuat ia merasa tidak dianggap keberadaannya. Tak hanya merasa sedih, bahkan ia juga menganggap istrinya tidak mengerti perasaannya.

Jika suami masih melakukan hal wajar dan tidak di luar batas, tetap hormatilah karena bisa jadi hal itu untuk kebaikan istrinya. Namun, apabila memang dirinya tak lagi mencintai Anda, tetap jagalah lisan dan berikan kritikan yang baik sebagai upaya tetap menghargai perasaannya.

Mencoba tetap memperlakukannya dengan baik dengan cara menghormati dan menghargai, perlahan membuatnya luluh. Sehingga, ia merasa bahwa Anda mengerti perasaannya. Lihatlah perubahannya dalam beberapa waktu kemudian.

Ketika Anda sudah menyadari bahwa ia tidak mencintai lagi, hindari berkata kasar ataupun berperilaku seenaknya. Sebab, hal ini tidak akan mengubah keadaan apapun, justru hanya membuat situasi semakin runyam.

5. Perbaiki Diri Sendiri Supaya Lebih Baik Lagi

Dalam rumah tangga, saling melakukan introspeksi diri dan terus memperbaiki diri perlu dilakukan demi membangun keluarga harmonis. Terutama ketika Anda merasa bahwa suami sudah tidak cinta lagi, mungkin ada yang salah dengan diri Anda.

Alasan suami tidak mencintai istrinya lagi, bisa jadi karena istri jarang memanjakannya, tidak menunjukkan perhatian dan kasih sayang, terlalu sibuk dengan dirinya sendiri, ataupun tidak mengerti keadaan pasangannya.

Maka dari itu, sebaiknya cobalah untuk melakukan introspeksi diri tanpa harus ditegur. Setelah itu perlahan memperbaiki diri dan lebih memahami suami juga perlu supaya perlahan hatinya luluh dan mulai mencintai Anda lagi.

6. Tetap Tenang dan Usahakan Jangan Marah

Menyadari kenyataan bahwa sang suami tidak mencintai istri lagi pasti membuat hati sedih. Pada kondisi ini seorang wanita biasanya refleks merespon dengan amarah, di mana hal ini tak jarang akhirnya menimbulkan percekcokan dengan pasangan.

Wajar jika istri marah pada suaminya ketika mengetahui kenyataan tersebut. Akan tetapi, lebih baik berusaha tetap tenang agar tidak memperburuk suasana.

Kenyataan dalam hidup berumah tangga tidak selalu mengenai hal manis, pasti ada sisi pahit yang dilalui, sehingga tergantung setiap pasangan bagaimana cara menghadapinya. Maka jika sedang dalam kondisi sulit sekalipun, berusahalah untuk tetap bijaksana agar tidak gegabah saat mengambil keputusan maupun bertindak.

7. Berusaha Mengembalikan Momen Indah yang Sudah Lama Hilang dari Pernikahan Anda

Pasangan yang sudah menikah, terutama jika sudah dalam waktu lama mengarungi kehidupan bersama, pasti memiliki banyak momen yang telah dilalui. Kemungkinan suami tidak mencintai istri lagi karena sudah tak pernah melakukan momen indah dahulu yang sudah pernah dilalui bersama.

Cobalah untuk mengembalikan momen indah yang dulu pernah dilalui bersama saat masing-masing memiliki rasa cinta yang besar. Mungkin dengan melakukan hal tersebut perlahan bisa meluluhkan hatinya, apalagi jika Anda berusaha memulainya dengan perasaan tulus.

Begitulah cara dalam menyikapi suami yang sudah tidak mencintai istri lagi. Bagaimanapun nanti responnya terhadap Anda setelah melakukan banyak hal untuk membuatnya kembali mencintai Anda, tetaplah bersabar, tegar, serta memaafkan keadaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.