Lompat ke konten

Salahkah Mencintai Pacar Orang Lain? Begini 5 Cara Menyikapinya

mencintai pacar orang lain

Mencintai pacar orang lain sungguh sesuatu yang dilematis. Di satu sisi, Anda mungkin tidak merencanakan kapan dan kepada siapa Anda jatuh cinta. Tetapi di sisi yang lain, Anda harus sadar bahwa si dia sudah menjatuhkan pilihannya pada orang lain.

Saat hal ini terjadi Anda mungkin akan merasa bingung harus bersikap seperti apa. Sebelum mengambil tindakan yang gegabah dan hanya akan merusak hubungan si dia dengan pasangannya, Anda mungkin perlu tahu penyebab, dampak dan cara menyikapi perasaan tersebut. Nah, berikut penjelasannya.

Salahkan Mencintai Pacar Orang Lain?

Mencintai pacar orang merupakan sesuatu yang salah. Salah sebab perasaan cinta itu ditujukan kepada seseorang yang jelas-jelas sudah memiliki kekasih. Sehingga hal itu menjadi tidak wajar. Sebab ketika mencintai seseorang, pasti ada hasrat untuk memilikinya. Sedangkan ia sudah berstatus milik orang lain. 

Memang, jatuh cinta merupakan suatu anugerah terindah dari Tuhan. Menjatuhkan hati pada seseorang merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Apalagi ketika melihat seseorang yang sangat sesuai dengan kriteria pasangan yang Anda miliki, perasaan suka itu akan sangat sulit dibendung. 

Anda pasti akan berpikir berkali-kali untuk merebutnya dari kekasihnya. Karena sejatinya merusak hubungan orang lain itu merupakan sesuatu yang dilarang. Tapi juga rasanya sulit untuk bisa mengontrol perasaan cinta ini. Akhirnya perasaan ini hanya menjadi sesuatu yang rumit dan mengganggu hari-hari Anda.

Penyebab Mencintai Pacar Orang Lain 

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab seseorang mencintai pacar orang. Salah satunya adalah karena sering bersamanya dan menemukan kenyamanan yang tidak dapat ditemukan pada orang lain. Hal ini biasanya terjadi pada lingkup pertemanan yang intens bertemu. Misal si dia adalah teman kampus atau rekan kerja Anda. Kebersamaan kalianlah yang akhirnya menumbuhkan benih-benih perasaan cinta.

Selain itu, perasaan cinta pada pacar orang bisa disebabkan karena si dia memiliki sesuatu yang diidam-idamkan untuk kriteria pasangan. Dan sesuatu itu mungkin jarang ditemukan pada orang lain. Misal Anda mendambakan seorang pasangan yang taat beribadah, dan Anda merasa hanya dia yang memiliki kriteria tersebut. Hal ini yang mungkin akan membuat Anda jatuh hati padanya, meski tahu bahwa si dia merupakan pacar orang.

Dampak Mencintai Pacar Orang Lain

Segala keputusan pasti memiliki dampak dalam hidup kita. Termasuk keputusan untuk mencintai pasangan orang lain. Beberapa dampak yang ditimbulkan dari perasaan cinta pada pacar orang adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi fokus dan mengganggu aktivitas. Dengan mencintai kekasih orang lain Anda pasti akan dilanda rasa dilema dan cemas. Setiap akan dihantui perasaan cinta pada seseorang yang tidak bisa  dimiliki. Hal ini mungkin akan berdampak pada keseharian, fokus Anda terhadap sesuatu mungkin akan berkurang, juga mungkin akan menghambat beberapa aktivitas karena terus memikirkan hal ini.
  • Melukai perasaan kekasih si dia. Perasaan cinta yang yang hadir untuk si dia, mungkin akan melukai perasaan kekasihnya. Seseorang pasti tidak akan suka jika ada orang yang tidak diketahui menyukai kekasihnya. Apalagi jika hal ini dapat menggoyahkan komitmen si dia terhadap kekasihnya. Artinya secara tidak langsung, Anda juga melukai perasaan kekasihnya.
  • Berisiko mendatangkan patah hati. Jika perasaan mencintai pasangan orang  ini tidak terbalaskan karena si dia memilih mempertahankan komitmen dengan kekasihnya, maka Anda hanya akan merasakan perihnya patah hati. 

5 Cara Menyikapi Perasaan Mencintai Pacar Orang Lain

Berada terus menerus dalam situasi rumit mencintai kekasih orang tidak baik bagi kesehatan mental, apalagi jika hal ini sampai berlarut-larut. Oleh karena itu ada baiknya segera mengambil sikap atas perasaan yang cinta itu. Berikut lima cara menyikapi perasaan mencintai kekasih orang :

1. Sadari bahwa perasaan ini tidak tepat

Cara pertama menyikapi perasaan Anda pada kekasih orang adalah dengan menyadari bahwa perasaan ini merupakan sesuatu yang tidak wajar dan tidak tepat. Tanamkan hal itu dalam-dalam di diri Anda.

Dengan menyadari hal ini bisa membantu alam bawah sadar untuk mengambil keputusan. Anda tidak akan lagi dibutakan dengan perasaan cinta, dan hasrat yang menggebu-gebu untuk memilikinya. Hal ini dapat mendorong pikiran Anda untuk dapat berpikir secara lebih rasional. Terima kenyataan bahwa perasaan tersebut mungkin lebih besar peluangnya untuk tidak terbalaskan.

2. Batasi interaksi dengannya

Setelah menyadari bahwa perasaan tersebut tidak wajar dan tidak tepat, sikap yang harus ditunjukan adalah mengurangi interaksi dengan si dia. Batasi kontak fisik diri Anda dengannya seperti menatap mata, atau memegang tangan nya.antara. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengontrol perasaan yang cinta yang Anda miliki.

Beberapa orang yang mencintai rekan kerjanya yang sudah memiliki kekasih, bahkan memilih untuk meninggalkan pekerjaannya. Hal ini dilakukan agar perasaan yang dipunyai tidak semakin tumbuh.Jika dirasa perlu, cara ini mungkin bisa jadi salah satu cara menyikapi perasaan mencintai pacar orang lain.

3. Posisikan diri Anda menjadi kekasihnya

Selanjutnya, Anda bisa memposisikan diri menjadi kekasihnya untuk menyikapi perasaan Anda. Jika hal ini terjadi pada hubungan Anda, Anda pasti akan merasa cemburu dan sakit hati. Mengetahui bahwa ada orang yang menyukai kekasih yang sangat Anda cintai.

Dengan begitu, hasrat untuk tidak melanjutkan perasaan ini akan semakin kuat. Karena Anda mengerti betapa sakit hati kekasihnya jika orang yang disayangi harus direbut oleh orang lain. Bagaimana jika hal itu terjadi pada Anda?

4. Sibukkan diri dengan hal lain

Alih-alih terus memikirkan perasaan cinta pada kekasih orang, lebih baik sibukkan diri dengan melakukan sesuatu yang lain yang lebih bermanfaat. Sehingga proses melupakan perasaan ini jauh lebih mudah. 

Memang hal ini bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Perasaan sedih dan kecewa mungkin akan Anda rasakan. Tetapi Anda harus yakin sudah memilih keputusan yang tepat. Salurkan energi kesedihan dengan terus menyibukkan diri seperti meningkatkan skill atau menekuni hobi.

5. Cari tambatan hati baru yang bisa dimiliki

Setelah bisa melupakan si dia, Anda mungkin bisa mulai membuka hati untuk orang baru. Dengan begitu, Anda akan bisa melihat banyak pilihan pasangan lain yang mungkin lebih baik dari si dia.

Anda pasti tidak ingin jatuh ke lubang yang sama, mencintai pacar orang lain yang tidak bisa dimiliki. Oleh karena itu, Anda mungkin bisa mulai mencari tambatan hati baru yang bisa dimiliki alias masih single. Hal ini bisa dilakukan dengan memperluas relasi atau bersosialisasi dan memperbanyak kegiatan bertemu dengan orang lain.

Nah, berikut tadi merupakan cara menyikapi perasaan cinta terhadap pacar kekasih orang. Tidak mudah memang dilakukan, mengingat perasaan memang sulit dikontrol, apalagi perasaan cinta. Jika menemukan kesulitan dalam melakukannya, Anda mungkin bisa meminta bantuan dari orang-orang sekitar untuk membantu melakukan beberapa cara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.