Lompat ke konten

18 Daftar Peralatan Rumah Tangga, Keluarga Baru Wajib Punya

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Daftar Peralatan Rumah Tangga yang Wajib Dimiliki

Peralatan rumah tangga adalah sesuatu yang wajib dipunyai oleh pasangan yang baru menikah. Pengantin baru yang menempati rumah baru, tentu saja harus mempersiapkan segala perabotan supaya rumah menjadi nyaman untuk ditinggali.

Perabotan dan peralatan rumah tangga sangat penting karena akan banyak manfaat untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dalam memilihnya harus berdasarkan pertimbangan akan fungsi atau kegunaan, dan juga pemakaian jangka panjang.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan bahan agar masa pakainya juga bisa lebih lama dan awet. Pengaturan biaya untuk membeli segala perabot dan peralatan rumah tangga harus dilakukan, supaya bisa memperkirakan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mempersiapkan isi hunian baru yang nyaman.

Apa saja peralatan rumah tangga yang harus dimiliki? Ini adalah daftar peralatan rumah tangga yang wajib dimiliki oleh pengantin baru:

1. Peralatan Dapur

Peralatan dapur tentu tidak bisa lepas dari kehidupan rumah tangga karena selalu bermanfaat untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Alat-alat dapur ini penting untuk aktivitas masak-memasak di rumah supaya kebutuhan untuk mengisi perut juga terpenuhi.

Peralatan dapur yang dimaksud adalah penggorengan, panci, spatula, oven, blender, pisau, dan lain-lain. Dengan adanya peralatan untuk memasak ini,  Anda dan keluarga bisa melakukan penghematan supaya tidak terlalu sering makan di luar rumah.

Selain itu, apabila senang bereksperimen membuat berbagai kue atau masakan lainnya, Anda dapat membeli microwave atau oven supaya kegiatan masak-memasak di dapur jadi lebih bervariasi.

Meja dapur dan rak untuk meletakkan alat-alat dapur serta tempat untuk bumbu juga diperlukan supaya alat-alat memasak bisa tertata dengan rapi. 

Peralatan dapur lainnya yang harus ada, yaitu tempat pencuci piring dan wastafel untuk mencuci alat-alat makan kotor maupun membersihkan alat dapur usai digunakan.

2. Kompor

Kompor adalah kebutuhan peralatan rumah tangga di dapur yang juga sangat penting untuk kegiatan memasak. Memilih kompor hendaknya sesuai kebutuhan karena memiliki berbagai jenis.

Jenis kompor ini juga harus disesuaikan dengan budget dan kondisi dapur. Macam-macamnya ada kompor listrik, kompor gas, kompor induksi, kompor satu tungku dan dua tungku.

Jika Anda sering memasak untuk keluarga, kompor dua tungku merupakan pilihan yang tepat. Proses memasak dapat lebih cepat daripada kompor yang memiliki satu tungku saja.

Apabila kompor sudah ada, hal paling penting lainnya untuk mendukung kegiatan masak-memasak adalah meja, tabung gas, dan regulator. 

3. Alat Penanak Nasi

Alat penanak nasi atau rice cooker juga perlu disiapkan untuk menjalani kehidupan baru di rumah yang baru. Sebab, alat ini penting untuk memasak sekaligus menghangatkan nasi.

Tidak hanya sebagai penanak nasi, rice cooker sebenarnya alat serbaguna yang bisa digunakan untuk memasak berbagai hidangan, misalnya bubur, kue bolu, dan lain-lain.

4. Peralatan Makan dan Minum

Peralatan rumah tangga lainnya yang perlu disiapkan adalah alat makan dan minum karena berfungsi untuk menghidangkan masakan. 

Peralatan makan dan minum ini berupa piring, mangkok, sendok, garpu, dan mug atau gelas. Tidak hanya itu, adanya alat makan dan minum ini juga berguna untuk menjamu tamu yang datang ke rumah.

Apabila Anda menyukai keindahan, memilih alat makan dan minum dengan warna senada dapat membuat suasana makan menjadi lebih nyaman. Selain itu, dalam memilih pastikan dapat digunakan dalam jangka panjang dan bahannya awet.

5. Kulkas

Kebutuhan dapur yang juga perlu dimiliki oleh pengantin baru adalah kulkas. Tidak hanya sebagai pendingin, kulkas dapat berfungsi untuk menyimpan bahan-bahan makanan supaya tidak cepat basi.

Memilih kulkas sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget, ada kulkas satu pintu dan dua pintu. Meskipun memilih kulkas kondisi bekas pakai, pastikan semua fungsinya normal dan masih layak pakai.

6. Peralatan Mandi

Beralih ke kamar mandi, adanya peralatan mandi juga perlu dipersiapkan. Alat-alat mandi yang diperlukan, antara lain gayung, sabun, pengharum kamar mandi, ember untuk bak mandi, pasta gigi, dan sikat gigi.

Anda juga dapat menggunakan rak khusus untuk meletakkan peralatan mandi. Tujuannya adalah supaya alat-alat mandi letaknya lebih tertata dan mudah dicari.

7. Setrika

Pakaian yang selesai dicuci kemudian dijemur hingga kering, di mana pakaian yang baru saja dijemur pasti kusut karena terkena tekanan dan diperas saat mencuci. 

Setrika termasuk barang elektronik yang berguna untuk menghaluskan pakaian kusut usai dijemur. Mencari setrika yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga juga diperlukan supaya lebih efektif dan efisien.

Jenis setrika yang digunakan misalnya setrika uap dan listrik. Pastikan untuk melihat kebutuhan dayanya supaya bisa tetap hemat listrik ketika digunakan.

8. Peralatan Cuci

Peralatan cuci tidak bisa dilupakan dari keseharian rumah tangga untuk mencuci pakaian kotor, handuk, keset, selimut, sprei, dan lain-lain.

Peralatan cuci sederhana dapat dengan menggunakan beberapa ember dan selang. Namun apabila ada dana lebih, Anda dapat membeli barang elektronik berupa mesin cuci supaya kegiatan mencuci lebih mudah dan efisien.

Sabun cuci merupakan hal yang tidak boleh dilupakan dalam kegiatan mencuci. Jika menginginkan pakaian yang lebih wangi setelah dicuci, Anda dapat membeli pewangi pakaian sebagai pelengkapnya.

Selain itu, peralatan lain yang dibutuhkan adalah alat penjemur pakaian. Pastikan menjemur pada tempat terbuka dan terkena sinar matahari agar pakaian cepat kering.

Alat khusus menjemur dapat ditemukan di berbagai toko kebutuhan rumah tangga. Namun, Anda dapat membuatnya sendiri dengan tali yang kuat supaya bisa menjemur dengan baik.

Jangan lupakan keranjang laundry untuk meletakkan pakaian kotor dan hendak dicuci, agar tidak terlalu menumpuk di kamar tidur yang dapat menyebabkan nyamuk dan bau tak sedap.

9. Perabotan dan Isi Kamar Tidur

Kenyamanan untuk menjaga kualitas tidur tentu diperlukan bagi setiap orang. Maka dari itu, mempersiapkan kamar tidur yang nyaman juga diperlukan bagi pengantin baru yang sudah memiliki rumah sendiri.

Perabotan khusus kamar tidur, antara lain kasur, lemari pakaian, meja, kursi. Sedangkan alat khusus kamar tidur, yaitu bantal, guling, selimut, cermin,  lampu tidur, gorden, sprei, sarung bantal dan guling.

Sesuaikan tata letak perabotan kamar tidur supaya dapat beristirahat dengan nyaman. Sebaiknya, melihat jenis bahan untuk perabotnya juga penting agar bisa lebih awet jika digunakan untuk jangka panjang.

10. Sofa, Kursi, Meja

Ruang tamu adalah ruangan yang akan pertama kali dilihat saat pertama kali masuk rumah. Oleh karena itu, perabot untuk diletakkan di ruang tamu seperti sofa, meja, dan kursi akan sangat berguna untuk dapat menjamu tamu dengan baik.

Perhatikan tata letak untuk perabot yang ada di ruang tamu supaya tamu yang dijamu nyaman ketika sedang berkunjung ke rumah Anda.

Pastikan memilih perabot yang nyaman digunakan dan kualitas bahannya juga baik agar awet saat digunakan dalam jangka panjang.

11. Televisi

Televisi adalah sebuah barang elektronik yang dapat digunakan sebagai media hiburan untuk melepas penat setelah aktivitas yang padat dan melelahkan.

Menonton televisi akan terasa sangat seru apabila dilakukan sekaligus quality time bersama keluarga saat akhir pekan tiba. Contohnya, bisa menikmati film tentang keluarga untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama.

12. Tempat Sampah

Setelah bersih-bersih, makan, atau memasak, pasti ada saja sampah yang harus dibuang. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya keberadaan tempat sampah di rumah.

Tempat sampah berguna untuk mengumpulkan kotoran, sisa makanan, atau lainnya supaya tidak berceceran di sekitar rumah yang dapat menimbulkan bau tidak sedap. Kebutuhan tempat sampah dapat diletakkan di beberapa ruangan, seperti dapur, ruang tidur, dan depan rumah.

13. Meja Makan

Makan bersama keluarga merupakan salah satu momen kebersamaan. Maka, itulah pentingnya keberadaan meja makan di rumah.

Selain sebagai momen makan bersama, adanya meja makan dapat digunakan untuk meletakkan hidangan usai dimasak. Jangan lupa sediakan tudung saji agar hidangan lebih awet dan tidak dihinggapi oleh lalat atau kotoran lainnya.

14. Lemari atau Rak Penyimpanan

Berbeda dengan lemari pakaian, lemari penyimpanan atau rak bisa digunakan untuk menyimpan beberapa dokumen penting dan juga menyimpan barang-barang supaya tidak berceceran dan mudah dicari di rumah.

15. Gantungan Baju

Pentingnya memiliki gantungan baju adalah supaya baju yang usai digunakan tetapi masih bisa dipakai lagi untuk hari esok juga sangat penting agar tidak berserakan dan tertata dengan baik.

Lebih baik memisahkan pakaian yang sudah dipakai agar tidak tercampur dengan pakaian yang masih belum dipakai, itulah alasan mengapa gantungan baju juga harus ada di rumah.

16. Kipas Angin 

Cuaca yang panas terkadang memang membuat mengeluh karena merasa gerah. Oleh karena itu, kipas angin adalah alat elektronik yang diperlukan untuk memberikan kesejukan udara di suatu ruangan.

Selain itu, memasang pengharum ruangan pada kipas angin juga dapat menangkal bau tidak sedap di suatu ruangan supaya menjadi lebih harum.

17. Peralatan Kebersihan

Membersihkan rumah adalah kegiatan wajib setiap keluarga demi perawatan rumah. Hal ini penting untuk membuatnya tetap bersih dan nyaman dihuni.

Peralatan kebersihan diperlukan untuk melakukan kegiatan tersebut. Alat kebersihan yang diperlukan, antara lain sapu, pel, pembersih debu dan kotoran, serta ember.

Selain itu sebagai alat pelengkap kebersihan, gunakan juga sabun pel, cairan pembersih kamar mandi dapur untuk memaksimalkan perawatan rumah.

18. Perkakas Rumah Tangga Lainnya

Perkakas rumah tangga yang dimaksud adalah alat-alat untuk melakukan servis atau memperbaiki barang elektronik maupun perabot lainnya di rumah apabila terjadi kerusakan.

Perkakas rumah tangga ini, antara lain berbagai jenis obeng, paku, palu, tang, gergaji, tangga, kunci inggris, dan lain-lain.

Itulah daftar peralatan yang wajib dimiliki oleh pengantin baru supaya kehidupan sehari-hari dapat berjalan dengan baik. Pastikan untuk selalu memilih dan memperhatikan jenis bahan pada peralatan dan perabot rumah tangga supaya lebih awet jika digunakan dalam jangka panjang.Pada barang elektronik, juga perlu diketahui daya listrik yang digunakan agar mengetahui jumlah kebutuhan listrik di rumah. Perhitungkan untuk pengelolaan keuangan rumah tangga agar tidak boros di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.