Lompat ke konten

11 Rekomendasi Film Tentang Keluarga Ini Wajib Ditonton!

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Rekomendasi Film Keluarga

Quality time bersama keluarga bisa dilakukan dengan banyak hal sederhana. Menonton film bersama adalah salah satunya, sekaligus menghabiskan waktu di akhir pekan secara menyenangkan.

Tentunya, sebelum memutuskan untuk menonton film bersama, sangat penting untuk memperhatikan usia anak dan genre film yang hendak ditonton. Hal ini penting supaya anak tidak hanya mendapat tontonan menarik, tetapi juga mampu mengontrol perilakunya supaya tidak mencontoh hal buruk yang ia lihat.

Sudah menentukan jadwal nonton bareng keluarga? Rekomendasi film tentang keluarga ini wajib ditonton untuk akhir pekan yang seru!

1. Yes Day (2021)

YesDay!

Film bergenre komedi dari Amerika yang rilis di Netflix pada Maret 2021 ini dengan judul ‘Yes Day’ merupakan tontonan menarik bersama keluarga, terutama di masa pandemi seperti ini. Ceritanya terinspirasi dari buku cerita anak-anak karya Amy Krouse Rosenthal dan juga pengalaman pribadi dari pemeran utama, yaitu Jennifer Garner.

Film Yes Day menceritakan pengalaman tidak terduga yang dialami oleh sebuah keluarga. Keluarga ini adalah sepasang suami-istri (Carlos dan Allison), serta ketiga anaknya (Katie, Nando, Ellie). 

Yes Day menyoroti tentang kesenangan pada anak apabila mereka mampu mewujudkan keinginan terliar mereka.

Kejadian ini bermula pada suatu ketika, Katie muak karena kedua orang tuanya selalu melarangnya dan mengatakan ‘tidak’. Sebagai orang tua, hal ini dilakukan Carlos dan Allison untuk melindungi ketiga anaknya.

Katie kemudian mengusulkan bahwa harus ada hari untuk bersenang-senang bersama keluarga.  Oleh karena itu, pada akhirnya orang tuanya memberlakukan satu hari penuh untuk membiarkan anak-anak membuat aturan, lalu mereka menyebutnya ‘Yes Day’.

Akhirnya keputusan tersebut membawa satu keluarga ini dan mengalami petualangan hebat dan tak terduga di Los Angeles. Tidak disangka, hal itulah yang membuat mereka menjadi lebih dekat dari pada sebelumnya.

Tertarik untuk menontonnya? Film ini sudah rilis di Netflix dan bisa dinikmati bersama dengan keluarga.

2. The Mitchells vs The Machines

The Mitchells vs The Machines

Film The Mitchells vs The Machines resmi tayang di Netflix pada April 2021. Film ini merupakan garapan dari Sony Pictures memiliki genre animasi-komedi.

Film ini mengisahkan tentang putri sulung di keluarga Mitchells, yakni Katie Mitchells yang bercita-cita menjadi produser film dan ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah perfilman di California. 

Akan tetapi, ayahnya (Rick Mitchells) tidak mengerti mengapa anaknya sangat terobsesi pada dunia perfilman. Hingga suatu ketika, ayahnya tidak sengaja merusak laptop milik Katie dan membuat anaknya itu kecewa terhadapnya, padahal saat itu adalah sehari sebelum hari pertama masuk kuliah.

Ayahnya menyesal telah melakukannya dan berusaha memperbaiki keadaan, lalu mengantar Katie ke California menggunakan mobil bersama ibu dan adik laki-lakinya sebagai dukungan agar Katie semakin semangat.

Ketika sedang dalam perjalanan ke California, mereka menemui masalah. Tiba-tiba saja dihadang oleh banyak robot yang ingin membinasakan seluruh umat manusia, kumpulan robot ini adalah hasil karya Mark Bowman yang dapat mengubah mesin apapun menjadi senjata untuk menyerang manusia.

Bermula dari sanalah kemudian Katie dan keluarganya berinisiatif untuk menyelamatkan dunia dibantu dengan dua robot baik (Eric dan Deborah Bot). Kejadian tersebut mengajarkan keluarga mereka bagaimana cara penyelesaian konflik dan mempererat hubungan keluarga Mitchells.

3. Petualangan Sherina (2000)

Petualangan sherina

Rekomendasi film keluarga selanjutnya adalah terbaik dari Indonesia, yaitu Petualangan Sherina yang tayang pada tahun 2000. Petualangan Sherina merupakan film dengan genre komedi-musikal ini disutradarai oleh Riri Riza, meskipun termasuk lawas tetapi tak pernah bosan untuk ditonton.

Petualangan Sherina masuk dalam kategori film terbaik dan memenangkan 1 penghargaan Asia-Pacific Film Festival 2000 dan 6 kategori nominasi pada Piala Citra 2004.

Film ini menceritakan tentang Sherina yang bersedih karena harus pindah ke Bandung dan meninggalkan teman-temannya di Jakarta.

Ketika pindah ke Bandung, tidak hanya kesedihan dirasakannya, tetapi juga rasa kesal karena terus-terusan diganggu oleh salah satu teman baru di sekolah barunya, namanya Sadam. Sadam adalah anak manja dan nakal yang kebetulan juga merupakan anak dari teman ayah Sherina.

Perselisihan mereka ini membawa mereka menelusuri jalan menuju laboratorium dan diculik oleh kelompok orang karena adanya perselisihan perebutan tanah di wilayah tersebut. Hal inilah yang kemudian membuat Sherina dan Sadam harus menahan ego mereka demi lepas dari penculikan, di mana akhirnya mereka pun menjadi saling akrab.

Film anak-anak terbaik di Indonesia ini memang membuat nostalgia, bukan? Selain bisa diakses di YouTube, Petualangan Sherina juga bisa diakses di Netflix.

4. The Sleepover (2020)

The_Sleepover

Selanjutnya ada The Sleepover, adalah film yang rilis pada Agustus 2020. Film ini menceritakan tentang kisah seorang ibu bernama Margot yang bekerja sebagai sukarelawan tugas makan siang di sekolah anak-anaknya, dan ibu ini juga memiliki rahasia masa lalu sebagai seorang pencuri ulung.

Bertahun-tahun Margot hidup dalam perlindungan saksi. Sementara itu, suaminya yang bernama Ron adalah pemilik toko kue dan sibuk menciptakan kue-kue enak.

Konflik ini dimulai ketika suatu hari Margot dan Ron diminta untuk melakukan perampokan besar oleh mantan rekan Margot. Padahal keduanya tidak mengetahui apapun soal itu.

Anak-anak mereka sadar bahwa orang tuanya diculik kemudian berpikir akan menyelamatkannya. Mereka akhirnya memulai petualangan untuk mencari berbagai petunjuk untuk menyelamatkan Margot dan Ron.

Film genre aksi-komedi ini akan seru untuk ditonton bersama keluarga. Anda dapat menikmatinya juga melalui Netflix.

5. A Dog’s Way Home

A Dog's Way Home

Rekomendasi film berikutnya adalah ‘A Dog’s Way Home’. Film dengan nuansa sedih dan haru tersebut rilis pada 2019 ini menceritakan tentang seekor anjing bernama Bella yang ditemukan oleh Lucas. Sejak menemukannya, Lucas sudah berniat ingin merawat anjing manis itu dengan baik.

Bella si anjing lucu itu senang karena diberi tempat tinggal yang nyaman. Begitu juga Lucas sangat senang karena Bella menjadi penghiburnya di kala lelah dan sedih melanda.

Akan tetapi ketika suatu hal terjadi, Bella dan Lucas terpisah, hal ini membuat Lucas menjadi Rekomendasi sangat sedih kehilangannya. Setelah itu ia memutuskan untuk mencari Bella.

Bella pun memutuskan mencari Lucas sejauh 400 mil supaya dapat bertemu kembali. Kisah pertemuan mengharukan ini mengajarkan arti persahabatan dan kasih sayang terhadap hewan.

Film keluarga yang mencampuradukkan perasaan ini cocok untuk ditonton bersama anak supaya mereka mengerti arti kasih sayang terhadap binatang.

6. Keluarga Cemara (2019)

Keluarga Cemara

Keluarga Cemara merupakan salah satu film keluarga terbaik di Indonesia yang merupakan karya dari Yandy Laurens. Beliau berusaha menghadirkan kembali serial drama Indonesia ini supaya bernostalgia pada tahun 1996 silam.

Cerita ini bermula ketika abah membawa emak dan kedua anaknya ke rumah tua peninggalan keluarganya. Di sana lah konflik antar anggota keluarga tersebut bermunculan.

Film yang tayang di bioskop Tanah Air pada 2019 ini mampu mencampuradukkan perasaan penonton karena terbawa emosi kesedihan.

Menonton Keluarga Cemara bersama keluarga di akhir pekan tidak ada salahnya meskipun ceritanya berupa kesedihan. Film yang sering direkomendasikan ini dapat ditonton melalui kanal YouTube maupun Netflix.

7. Reply 1998

Reply 1988

Rekomendasi selanjutnya adalah salah satu serial drama terbaik dengan rating selalu tinggi di Korea Selatan, yaitu Reply 1988. Serial drama ini menceritakan tentang lima orang sahabat yang tinggal di daerah Ssangmundong.

Tidak hanya konflik pada persahabatan mereka, serial ini juga menceritakan adanya beberapa konflik yang terjadi pada keluarga masing-masing dengan latar waktu tahun 1988. Drama yang mampu mengaduk emosi penonton ini cocok ditonton bersama keluarga, teman, atau pasangan saat quality time. 

Sayangnya pada September 2021, Netflix sudah tidak menayangkan Reply 1988 lagi. Jangan khawatir, Anda dapat menontonnya melalui Viu atau platform Vidio. 

8. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

NKCTHI

Rekomendasi film selanjutnya berasal dari Tanah Air, dengan judul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau biasa disingkat NKCTHI. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul sama dari karya Marchella FP.

Film ini direkomendasikan sebagai film keluarga yang menarik karena banyak pelajaran berharga untuk dipetik di dalamnya. Film ini menceritakan tentang kehidupan keluarga yang tampak bahagia namun saling menyembunyikan perasaannya.

Selain itu, banyak orang berkata bahwa mereka banyak memiliki pengalaman serupa seperti di NKCTHI. Hal ini yang membuat film ini benar-benar memainkan emosi penontonnya.

Anda dapat menonton NKCTHI bersama keluarga melalui kanal YouTube maupun Netflix.

9. The Gifted (2017)

The Gifted

The Gifted merupakan film yang tayang pada tahun 2017. Mengisahkan seorang anak perempuan bernama Mary yang diasuh oleh pamannya karena sang ibu meninggal dunia.

Mary merupakan gadis kecil berusia 7 tahun tetapi memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata, tidak seperti anak sebaya pada umumnya. Alih-alih mendapatkan banyak teman karena kepintarannya terutama dalam bidang matematika, ia justru tidak mempunyai teman sama sekali.

Drama dan kelucuan mengenai perjuangan sang paman untuk mempertahankan hak asuh Mary sangat seru untuk ditonton. Anda bisa menontonnya melalui Netflix bersama keluarga.

10. Cek Toko Sebelah (2016)

Cek Toko Sebelah

Lalu ada juga Cek Toko Sebelah yang merupakan film karya anak bangsa yang disutradarai oleh Ernest Prakasa. Film ini bergenre drama-komedi.

Film ini menceritakan tentang keluarga Koh Afuk yang hendak mewariskan toko miliknya kepada 

Anaknya, Erwin. Tetapi, kakaknya (Yohan) tidak menerima keputusan tersebut karena ia merasa lebih pantas jika toko itu diwariskan kepadanya.

Anda dapat menonton keseruan dan konfliknya yang diselingi kelucuan di Netflix bersama keluarga atau orang-orang tersayang.

11. Inside Out (2015)

Inside Out

Rekomendasi film lainnya adalah Inside Out dari Disney yang tayang pada tahun 2015. Film ini merupakan animasi yang juga cocok ditonton bersama anak-anak.

Banyak menuai pujian dari para penonton dan kritikus, Inside Out mendapatkan penghargaan dari Oscar. Film ini akan membuat siapapun yang menontonnya akan berpikir mengenai emosi yang ada di alam bawah sadarnya karena mengajarkan tentang lima emosi yang dimiliki oleh manusia.

Meskipun banyak menceritakan melalui sisi psikologis, Inside Out juga memberikan pesan tersirat mengenai kenangan dan perasaan dalam sebuah keluarga.

Tertarik untuk menontonnya? Anda dapat mengaksesnya melalui kanal YouTube, Netflix, maupun Disney Hotstar.
Jadi itulah 11 rekomendasi film tentang keluarga yang wajib ditonton. Memiliki quality time bersama keluarga sangat penting, Anda dapat melakukannya secara sederhana dengan menonton serial drama atau film bersama orang tersayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.