Lompat ke konten

Ciri-ciri Hamil yang Perlu Diketahui

/ Diverifikasi oleh: dr. Dewi Puspasari

Ciri Hamil yang Perlu Diketahui

Kehamilan merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu bagi pasangan yang sudah menantikan momongan. Namun, ada beberapa ciri atau tanda-tanda untuk menentukan Anda sedang hamil atau tidak. Ciri-ciri tersebut bisa jadi umum ataupun khusus.

Beberapa pasangan tidak menyadari adanya ciri-ciri yang menunjukkan kehamilan. Namun, ini adalah beberapa ciri-ciri pasangan Anda sedang hamil:

Ciri-ciri Umum Orang Hamil

Ciri-ciri umum kehamilan ini biasanya tidak disadari karena tidak terlalu terlihat, bahkan seringkali terabaikan karena bisa jadi hal ini dianggap biasa terjadi. Berikut ini merupakan ciri-ciri umum adanya kehamilan:

Perut Terasa Kembung dan Kencang

Pada awal kehamilan minggu keempat hingga minggu keenam, beberapa ibu mengalami perut yang terasa kembung dan lebih kencang. Perut yang terasa kembung terjadi akibat adanya hormon kehamilan yang mengakibatkan lambatnya sistem pencernaan. Tidak jarang kondisi ini terjadi juga disertai rasa mulas ingin buang air besar.

Kepala Pusing

Ciri-ciri umum lainnya adalah kepala ibu lebih sering pusing, hal ini biasanya terjadi akibat adanya penurunan tekanan darah pada awal kehamilan. Cara mengurangi pusing biasanya cukup dengan beristirahat.

Untuk mengurangi kondisi ini, cukup dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat mengembalikan tekanan darah menjadi normal. Pastikan Anda tidak mengalami stres berlebihan akibat terlalu banyak pikiran. 

Lebih Cepat Lelah

Pada saat awal kehamilan, ibu seringkali merasa lebih cepat kelelahan, padahal tidak melakukan aktivitas yang berat. Perasaan cepat lelah ini muncul akibat peningkatan hormon progesteron pada tubuh ibu yang mempengaruhi kinerja jantung dan metabolisme tubuh. Jika hal ini terjadi, pastikan beristirahat yang cukup, menghindari aktivitas fisik yang berat, serta menghindari konsumsi kafein atau minuman berenergi.

Lebih Mudah Mengantuk

Orang yang sedang hamil biasanya akan lebih cepat mengantuk, meskipun sudah tidur cukup dan tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Kondisi ini dapat berlangsung ketika usia kandungan hingga empat bulan. JIka Anda sedang merencanakan program kehamilan, apabila sudah terdapat ciri seperti ini, hendaknya mengurangi stres, aktivitas berat, dan konsumsi kafein.

Rambut Mudah Rontok

Rambut mudah rontok pada ibu, terjadi akibat adanya perubahan hormon. Maka dari itu, sebagian ibu yang sedang hamil biasanya akan memotong rambutnya menjadi pendek. Rambut yang mudah rontok selama kehamilan terjadi akibat kurangnya asupan gizi, sehingga pastikan cukup mengkonsumsi vitamin sebagai asupan nutrisi.

Perubahan Nafsu Makan dan  Ngidam

Pada saat hamil muda, sebagian ibu mengalami perubahan nafsu makan, bahkan sering ngidam pada saat-saat tertentu. Cara mengatasi perubahan atau penurunan selera makan ini bisa dicoba dengan sering makan makanan yang mengandung gizi seimbang, makan dengan porsi sedikit tapi sering, serta selalu menyediakan cemilan supaya perut tidak kosong.

Muncul Jerawat

Munculnya jerawat bisa terjadi selama kehamilan akibat adanya peningkatan kadar hormon yang mendorong pembuluh darah untuk meningkatkan kinerja kelenjar minyak di wajah. Jika ingin mengatasi munculnya jerawat saat hamil dengan produk perawatan kulit, harus dipastikan bahwa produk tersebut aman untuk ibu hamil dan janin.

Mood yang Tidak Stabil

Mood tidak stabil atau sering terjadi perubahan suasana hati bisa jadi terjadi pada saat hamil muda atau mungkin karena sedang mengalami pra-menstruasi. Mood yang tidak stabil ini menyebabkan perempuan yang sedang hamil muda menjadi lebih sensitif akibat perubahan hormon.

Sakit Pinggang

Mengalami sakit pinggang meski tidak melakukan terlalu banyak aktivitas bisa jadi merupakan tanda-tanda sedang hamil. Sakit pinggang ini terjadi karena adanya pertambahan berat badan, postur tubuh, dan adanya janin yang sedang bertumbuh dalam kandungan.

Suhu Tubuh Meningkat

Ketika pagi hari, suhu tubuh orang hamil akan lebih meningkat daripada sebelum hamil. Kenaikan suhu tubuh ini dipengaruhi oleh hormon progesteron.

Peningkatan suhu tubuh pada orang hamil terjadi sejak masa ovulasi hingga selama masa kehamilan berlangsung. Akan tetapi, peningkatan suhu tubuh ini juga biasa terjadi pada perempuan yang sedang dalam masa pra-menstruasi dan berhenti ketika darah haid sudah keluar.

Ciri-ciri Khusus Orang Hamil

Ciri-ciri khusus orang hamil perlu diperhatikan untuk mengetahui pasangan Anda sedang hamil atau tidak. Berikut ini adalah ciri-ciri khusus pada ibu yang sedang hamil muda:

Morning Sickness

Pada saat hamil muda, ibu akan mengalami morning sickness atau mual dan muntah. Mual dan muntah ini memang bisa terjadi kapan saja. Akan tetapi, morning sickness biasanya terjadi pada pagi hari dengan ciri muntah atau mual namun tidak ada isi perut yang dikeluarkan. Selain itu, gejala morning sickness ini biasanya dilanjutkan dengan adanya penurunan selera makan.

Terlambat Menstruasi

Terlambat menstruasi ini terkadang diabaikan, sebab beberapa ibu pernah mengalaminya meskipun tidak sedang hamil. Ciri-ciri hamil seperti ini biasanya jika menstruasi terlambat seminggu atau lebih dari tanggal seharusnya.

Terlambat menstruasi terjadi karena sedang atau telah berlangsungnya pembuahan sel telur oleh sperma. Setelah pembuahan berhasil, selanjutnya akan terjadi implantasi atau penempelan embrio pada dinding rahim.

Buang Air Kecil Terlalu Sering

Frekuensi buang air kecil yang terlalu sering ini bisa jadi menandakan bahwa pasangan Anda sedang hamil muda. Hal ini biasanya terjadi pada usia kehamilan 6 – 8 minggu. Sering buang air kecil saat hamil terjadi akibat tingginya hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) serta karena rahim yang menekan kantung kemih.

Pendarahan Ringan (Flek)

Ketika hamil muda, ciri khusus yang menunjukkan adanya kehamilan adalah munculnya flek kecokelatan dari vagina. Munculnya flek ini bisa terjadi selama beberapa hari hingga dua minggu usia kandungan. Pendarahan ringan ini terasa seperti menstruasi biasa, namun lebih ringan.

Pendarahan ringan atau flek ini terjadi akibat adanya implantasi pada dinding rahim.

Perubahan Bentuk Payudara

Memasuki awal kehamilan, salah satu ciri fisik yang ibu rasakan adalah perubahan bentuk payudara. Ketika hamil, bentuk payudara cenderung lebih padat dan kencang, dengan warna puting susu yang lebih gelap. Perubahan bentuk payudara dan puting ini sebagai persiapan untuk memberikan asi kepada si buah hati nantinya.

Lebih Sensitif Terhadap Bau

Hamil muda membuat ibu lebih sensitif indera penciumannya. Hal ini menyebabkan ibu yang sedang hamil muda lebih sering ngidam, mual, muntah, pusing, bahkan cepat berubah suasana hatinya karena mencium bau-bauan tertentu. Padahal sebelum hamil, bau-bauan tersebut mungkin tidak mengganggu.

Ada Rasa Seperti Logam di Mulut

Adanya rasa seperti logam pada mulut seringkali dirasakan oleh ibu yang sedang mengandung. Rasa logam ini muncul seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Cara meredamnya bisa dilakukan dengan makan atau minum makanan yang manis atau dingin.

Itulah beberapa ciri-ciri umum maupun khusus pada orang yang sedang hamil. Baik ciri yang umum, maupun khusus memang harus diperhatikan. Apalagi ketika Anda sedang merencanakan program kehamilan. 

Selama perencanaan program kehamilan, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dan mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi maupun vitamin khusus orang hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.