Lompat ke konten

8 Cara Move On dari Mantan yang Akan Menikah

Cara Move On dari Mantan yang Akan Menikah

Mendengar kabar bahwa sang mantan akan menikah rasanya pasti sangat sedih. Mengingat segala kenangan manis di masa lalu bersamanya, perasaan sedih, marah, maupun kecewa bercampur jadi satu lalu membebani pikiran.

Jodoh adalah rahasia Tuhan, sehingga sebagai manusia kita hanya bisa berusaha untuk memperjuangkannya. Meskipun telah menjalin hubungan bertahun-tahun lamanya, apabila pada akhirnya tidak hidup bersamanya, maka segalanya pun tak bisa dipaksakan.

Mengikhlaskan mantan menikah dengan seseorang pilihannya, tentu tidak mudah pada mulanya. Tetapi, jika terus ikhlas dan berlapang dada, lambat laun segala kenangan manis di masa lalu itu dapat dengan cepat dilupakan.

Setiap manusia yang patah hati membutuhkan proses untuk penyembuhan luka batinnya. Menyembuhkan luka patah hati, salah satunya adalah berusaha untuk move on dari mantan yang hendak menikah. Bagaimanapun juga, baik Anda maupun mantan sudah memiliki kehidupannya masing-masing, sehingga sebaiknya tak lagi mengusiknya.

Meskipun mendengar kabar pernikahannya sangat menyayat hati, coba lakukan cara move on dari mantan yang akan menikah seperti berikut ini.

1. Jangan Terus Menyalahkan Diri, Lebih Baik Luapkan Segala Kesedihan yang Mengganjal

Jodoh adalah rahasia Tuhan. Ketika mendengar kabar bahwa mantan akan menikah, ketahuilah semua itu adalah bagian dari takdir. Jadi, jangan terus menyalahkan diri bahwa ia pergi sebab Anda tak lebih baik dari calon pendamping hidupnya. 

Pertama kali mendengar kabarnya mungkin rasanya sangat sedih dan terus bertanya-tanya dengan perasaan yang bercampur aduk. Sebaiknya jangan memendam segala kesedihan yang mengganjal, melupakannya hingga lega akan lebih baik.

Seringkali seseorang menganggap bahwa menyembunyikan perasaan dan berpura-pura kuat membuat perasaan jadi lebih baik dan cepat melupakan. Apalagi seorang pria, tak perlu menutupi perasaan, sebaiknya lepaskan saja. Terima saja segala perasaan sedih dan kecewa tersebut sebagai bagian dari hidup dan masa pendewasaan.

Hindari berpikir untuk menjadi orang ketiga dalam hubungan mereka, sebab tak membuat Anda tampak lebih baik dari calon pendamping hidupnya. Bahkan, terus menyalahkan diri hanya dapat menghambat proses move on.

Maka dari itu, sebaiknya keluarkan saja kesedihan yang mengganjal. Berilah waktu kepada diri untuk menerima kenyataan. Jangan pula terus-terusan menyalahkan diri, seharusnya Anda bersyukur bahwa mantan kekasih telah mendapatkan pendamping hidup terbaik.

2. Bercerita tentang Kesedihan Anda kepada Orang Terdekat

Cara move on dari mantan yang akan menikah yaitu dengan mencari orang terdekat untuk mendengarkan segala keluh kesah. Terutama jika Anda tak mampu menahan perasaan itu sendiri. Orang terdekat seperti sahabat biasanya selalu siap menjadi pendengar, bahkan sebagai bahu untuk bersandar ketika sedang bersedih.

Bercerita tentang kesedihan karena mendengar kabar mantan akan menikah kepada orang terdekat, dapat membantu untuk lebih cepat move on. Sehingga, Anda tidak merasa sedih sendiri ketika sedang patah hati.

Apalagi, adanya orang terdekat tersebut bisa membantu memberikan saran dan motivasi agar tetap bangkit dan move on. Jadi, sebaiknya untuk tidak menyimpan segala rasa sedih sendirian. Sebab, bagaimanapun juga, adanya pendengar yang baik dapat membantu mengurangi rasa sedih dan emosi negatif.

3. Jauhkan Segala Hal Pemicu Ingatan tentang Kenangan Manis Bersamanya

Kenangan manis biasanya sangat susah dilupakan. Apalagi ketika mengunjungi tempat ketika pertama kali kencan, atau tempat kesukaan yang biasa dikunjungi bersama. Tak hanya itu, bahkan barang pemberiannya pun masih disimpan karena penuh kenangan di dalamnya.

Menyimpan barang pemberian mantan, bagi sebagian orang termasuk hal menyakitkan karena mengingatkan seseorang pada kenangan manis di masa lalu. Terutama ketika mendengar kabar bahwa mantan akan menikah, mengingat segala barang pemberian dan tempat yang pernah dikunjungi justru dapat membuka memori lama. Sehingga, proses move on dapat terhambat dan menghapus segala tentangnya pun jadi sangat susah.

Ketika mendengar kabar dari mantan yang hendak menikah, sebaiknya jauhkan segala pemicu ingatan tentang kenangan manis bersamanya. Lenyapkan barang pemberiannya karena khawatir malah mengingatkan Anda pada memori masa lalu, kemudian pada akhirnya jadi susah untuk melupakannya dan menolak realita bahwa ia telah menjalani hidup baru dengan pendamping hidupnya.

4. Tenangkan Diri dan Cari Kegiatan Menyenangkan

Patah hati bisa dialami oleh siapa saja. Ketika sedang mengalami hal tersebut, pikiran seseorang mudah sekali tidak fokus, kehilangan nafsu makan, sampai merasa sedih berlebihan dan mengalami depresi.

Mendengar kabar mantan akan menikah, dunia rasanya runtuh. Segala pikiran negatif berkecamuk, membuat seseorang mudah sekali menyalahkan diri dan susah untuk menerima kenyataan. Maka dari itu, ketika sedang patah hati sebaiknya segera mencari cara untuk menenangkan diri, misalnya dengan melakukan kegiatan menyenangkan.

Berusahalah fokus menenangkan diri dan mencari kegiatan menyenangkan karena dapat membantu Anda menyibukkan diri. Sehingga, lambat laun dapat melupakan segala tentangnya dan menerima kenyataan bahwa sang mantan kekasih sudah menemukan hidup barunya.

5. Fokus pada Diri Sendiri

Cara move on dari mantan yang akan menikah yaitu dengan berusaha fokus pada diri sendiri. Sebab, sikap seperti ini membuat Anda lebih bisa memahami dan menerima kenyataan. Sehingga, untuk menghapus kenangan manis dengan mantan kekasih menjadi lebih mudah.

Fokus pada diri sendiri, juga berarti belajar mencintai diri. Meskipun sedang patah hati, sebaiknya tidak terlalu lama larut dalam emosi negatif. Lebih baik berusaha untuk terus berbenah, menjaga kesehatan, melakukan perawatan, serta berkembang ke arah positif supaya menjadi manusia lebih baik.

Patah hati dan proses move on adalah fase dari pendewasaan. Mungkin berbagai hal yang dilalui terasa sangat berat dan menyakitkan. Namun ketahuilah, ketika Anda telah berhasil melewati fase tersebut dan move on dengan baik, maka hidup terasa lebih baik karena dapat berpikir lebih dewasa untuk menghadapi setiap prosesnya.

6. Jangan Terburu-buru Menjalin Hubungan Baru

Baru patah hati terkadang membuat sebagian akal sehat hilang. Sehingga, melakukan pelampiasan untuk menghalau rasa sedih dilakukan. Salah satunya adalah dengan langsung menjalin hubungan baru, entah sebagai ajang pamer atau memang murni sebagai pelampiasan.

Terburu-buru menjalin hubungan baru, hanya akan menghambat proses move on. Selain itu, sangat terlihat bahwa Anda hanya menjadikan hubungan baru tersebut sebagai pelampiasan karena bermaksud menyalurkan kesedihan dan rasa kecewa pada mantan kekasih. Tetapi, bisa jadi hanya demi membuat mantan kekasih jadi cemburu.

Menjalin hubungan baru demi pelampiasan, nantinya susah untuk bisa bahagia dalam ikatan tersebut. Sebab, tidak selesainya masa lalu atau belum move on dengan mantan kekasih, bisa menyakiti diri sendiri maupun dia yang menjadi bahan pelampiasan.

Sebaiknya, bukalah hati ketika memang sudah siap. Membuka hati dengan orang baru berarti Anda sudah berdamai dengan masa lalu maupun diri sendiri. Sehingga ketika nantinya menjalin kisah kasih baru, hubungan tersebut murni karena Anda menginginkannya dengan hati tulus.

7. Blokir dan Hapus Akses Segala Sosial Media maupun Kontaknya

Hal yang sebaiknya Anda lakukan ketika mendengar kabar mantan akan menikah yaitu memblokir dan menghapus akses segala sosial media maupun kontaknya. Hal ini dilakukan demi mempermudah proses move on.

Ketika sudah mendengar kabar pernikahannya, hindari melakukan stalking segala tentangnya maupun calon pendamping hidupnya. Sebab hanya membuat Anda merasa insecure sekaligus menyalahkan diri karena tidak bisa sampai pelaminan dengannya. 

Memblokir dan menghapus segala akses yang berhubungan dengannya membantu mempercepat proses move on sekaligus menghindari keinginan untuk menghubunginya kembali, meskipun hanya ingin bertanya kabar dan mengucapkan selamat menempuh hidup baru kepadanya.

8. Tidak Mengucapkan Selamat atas Pernikahannya

Mengucapkan selamat atas pernikahan mantan kekasih sebenarnya boleh-boleh saja. Apalagi jika menghadiri pesta pernikahan dalam keadaan sudah move on sekaligus berdamai dengan masa lalu sepenuhnya dan datang bersama kekasih baru.

Namuni, lain halnya jika Anda memberikan ucapan selamat ketik kondisi belum move on. Sebab membuat mantan berpikir bahwa Anda masih memikirkannya. Maka sebaiknya hindari dulu untuk menghubunginya, meskipun sebatas mengucapkan selamat karena justru dapat memperburuk keadaan.

Itulah berbagai cara move on dari mantan yang akan menikah. Proses penyembuhan patah hati memang cukup menyakitkan, maka cobalah untuk melewatinya dengan kesabaran, keikhlasan hati untuk merelakannya, dan mendoakan kebaikan atas hidup barunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.