Lompat ke konten

Cara Mengisi Liburan Sekolah yang Bermanfaat

Cara mengisi liburan sekolah

Cara mengisi liburan sekolah yang bermanfaat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pada dasarnya, setiap orang, baik itu anak-anak, hingga orang tua membutuhkan liburan. Liburan digunakan sebagai sarana menyegarkan tubuh dan pikiran dari berbagai rutinitas rutin sehari-hari. Sehingga bisa mengembalikan energi dan semangat untuk menjalani hari-hari selanjutnya.

Saat liburan sekolah tiba, anak akan merasa senang karena bisa terbebas sejenak dari tugas sekolah. Maka dari itu, biasanya liburan sekolah diisi dengan kegiatan yang menyenangkan. Eits tapi jangan salah, kegiatan yang menyenangkan juga bisa dibersamai dengan kegiatan yang bermanfaat. Nah, berikut cara mengisi liburan sekolah yang bermanfaat agar tidak hanya menyenangkan namun juga menambah wawasan.

1. Berlatih melukis

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan sekolah adalah dengan berlatih melukis. Dengan melukis anak akan merasa senang karena dapat mengekspresikan dirinya. Anda sebagai orang tua bisa mengajari anak melukis atau memasukkan anak ke salah satu les pendek melukis. 

Selain untuk mengekspresikan diri, dengan melukis kreativitas anak akan meningkat, ia juga melatih skill atau bakat agar lebih tajam sehingga kelak berguna saat ia dewasa. Kegiatan berlatih menulis ini juga bisa menjadi sarana kedekatan batin antara anak dan orang tua. Dengan melakukan kegiatan bersama yang menyenangkan komunikasi non verbal anggota keluarga akan semakin erat.

2. Mengunjungi rumah nenek atau saudara

Kegiatan mengunjungi rumah nenek atau saudara merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu liburan serta baik untuk perkembangan pertumbuhannya. Mengapa demikian? Sebab dengan mengunjungi rumah nenek atau saudara anak akan terbangun rasa kekeluargaan, saling menghormati dan saling menyayangi antar anggota keluarga besar.

Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan ilmu berkomunikasi anak, bagaimana ia bersosialisasi dengan saudara. Selain itu, juga mengenalkan cara beradaptasi terhadap lingkungan baru yang ditemui di rumah nenek ataupun saudara.

3. Belajar menulis dan mengarang

Sebagai orang tua, Anda pasti sudah mengetahui mengenai bakat, minat dan potensi anak. Nah, jika anak Anda memiliki potensi di bidang menulis dan mengarang maka sebisa mungkin mengasah dan memperdalam kemampuannya. Menulis bisa menjadi sarana bagi anak untuk menuangkan ide dan gagasannya sehingga kreativitasnya tidak cepat hilang.

Nah, waktu berlibur bisa menjadi waktu yang tepat untuk orang tua memberikan dukungan atas potensi anak. Anda bisa membimbing secara langsung, atau memasukkan anak ke dalam les khusus untuk menulis. Dengan begitu potensi dan kemampuannya tidak sia-sia. Menulis dan mengarang baik untuk perkembangan kecerdasan anak dan menambah pengetahuan anak khususnya di perbendaharaan kata dan pengetahuan kosakata baru.

4. Berkebun di halaman rumah 

Kegiatan seru namun menyenangkan lainnya  adalah berkebun di halaman rumah yang kosong. Anda bisa memanfaatkan sedikit lahan untuk berkebun bersama si kecil. Selain karena anak biasanya memang menyukai kegiatan di luar rumah, kegiatan berkebun sangat disukai karena mengasyikkan bagi anak.

Dengan berkebun, banyak manfaat bagi pertumbuhan baik pertumbuhan karakter anak hingga kondisi mentalnya. Anda bisa menanamkan nilai-nilai baik seperti mencintai dan melestarikan lingkungan, tanggung jawab hingga kesabaran. Berkebun juga bisa menambah pengetahuan anak seperti bagaimana proses pertumbuhan dari mulai bibit hingga menjadi buah, mengenal beragam media tanam, hingga mengenali berbagai jenis sayur.

5. Mengunjungi museum

Cara mengisi liburan sekolah yang bermanfaat bisa dilakukan dengan mengunjungi museum terdekat yang ada di kota Anda. Alternatif ini bisa Anda pilih apabila bingung mengajak anak pergi ke luar saat ia sudah bosan mengunjungi tempat bermain atau pusat perbelanjaan karena sudah terlalu sering. Kegiatan ini juga bisa memberikan suasana liburan yang baru untuk anak sehingga berbeda dengan liburan yang sebelumnya.

Mengunjungi museum merupakan bentuk melestarikan budaya dan mengenalkan anak mengenai peristiwa yang terjadi pada zaman dahulu. Kegiatan ini juga bisa menambah pengetahuan anak dan memperdalamnya dengan ilmu baru yang disajikan oleh museum. Apalagi saat ini fasilitas, sarana dan prasarana museum semakin maju dan beragam, sehingga tidak cepat membuat anak menjadi bosan.

6. Memasak bersama 

Aktivitas yang cocok untuk mengisi liburan dengan bermanfaat adalah memasak bersama. Bunda atau Ayah bisa meluangkan sedikit waktunya untuk memasak menu sederhana bersama anak. Kemampuan memasak adalah kemampuan hidup dasar seseorang, jadi tidak perlu mempermasalahkan gender anak. Baik laki-laki maupun perempuan Anda tetap bisa melakukan aktivitas memasak bersama.

Kegiatan memasak baik untuk pertumbuhan anak.sebab dengan memasak Anda bisa mengajari anak berbagai jenis sayuran beserta manfaat mengkonsumsi sayuran tersebut. Mengenal nama bumbu, hingga berhitung. Ini juga bisa menjadi aktivitas melatih sensorik baik sensorik kasar maupun halus. Dengan segudang manfaat yang ada, sepertinya memasak harus jadi wishlist mengisi liburan anak di semester berikutnya.

7. Mendatangi kebun binatang

Salah satu kegiatan yang menyenangkan namun tetap memberi manfaat saat waktu libur sekolah adalah mendatangi kebun binatang. Anda bisa meluangkan waktu untuk mendampingi anak memasuki kebun binatang. Aktivitas ini akan sangat menyenangkan, terlebih apabila hal ini menjadi pengalaman pertamanya. Karena akan selalu diingat oleh anak dan menjadi kenangan yang baik di masa kecilnya.

Mengunjungi kebun binatang sangat cocok untuk anak yang banyak bergerak dan aktif, karena biasanya terdapat ruang luas untuk bergerak dan mengeksplorasi diri. Selain itu, anak juga bisa mengenal berbagai jenis hewan, mengetahui bentuknya, suara hingga menyentuhnya secara langsung.

Saat mengunjungi kebun binatang, sebisa mungkin orang tua mendampingi secara penuh. Karena mungkin akan banyak pertanyaan yang muncul dari si kecil, sehingga tugas Ayah dan Bunda adalah sipa siaga menjawab berbagai macam pertanyaannya. Anda juga bisa memberikan penjelasan kepada anak berupa pengetahuan umum mengenai hewan tertentu, seperti habitat aslinya, cara berkembangbik dan jenis makanan binatang.

8. Pergi berenang

Terakhir, cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan adalah dengan pergi berenang. Si kecil pasti akan sangat senang diajak berenang, karena merupakan sesuatu yang menyenangkan bermain air. Apalagi jika wahana air tersebut dilengkapi dengan permainan. 

Nah, Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir ketika anak berenang. Karena selain mengasyikkan kegiatan berenang ini ternyata bisa memberikan berbagai manfaat bagi pertumbuhan baik pertumbuhan fisik maupun psikisnya. Saat berenang tanpa disadari tubuh anak akan melakukan gerakan yang membuatnya lebih sehat dan bugar. Berenang juga dipercaya dapat menghilangkan stress.

Nah, berikut tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan yang bermanfaat. Selagi anak masih kecil, usahakan meluangkan waktu dan memberikan perhatian secara penuh. Sebab hal ini akan mempengaruhi pertumbuhannya hingga dewasa. 

Sering-sering melakukan kegiatan bersama anak, karena nanti ketika ia beranjak dewasa, biasanya ia akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk teman dan mengeksplorasi diri. Jadi selagi masih bisa, usahakan memperbanyak waktu yang berkualitas dengan anak. selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.