Lompat ke konten

8 Cara Mengatasi Bosan dalam Hubungan LDR

Cara Mengatasi Jenuh dalam Hubungan LDR

Menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) rentan sekali terserang rasa bosan dan jenuh. Pertemuannya pun tidak seintens seperti pasangan pada umumnya, mungkin hanya seminggu sekali, sebulan, atau bahkan lebih lama dari itu.

Tak jarang pula rasa bosan ataupun jenuh yang melanda membuat hubungan jarak jauh menjadi renggang, bahkan paling kemungkinan terburuk adalah perpisahan. Tentunya Anda juga tidak ingin menjalani LDR seperti itu, bukan? Maka dari itu, pasti banyak sekali hal harus dikorbankan supaya tetap bisa mempertahankan hubungan, khusus waktu dan kesabaran.

Cara mengatasi kebosanan dalam hubungan LDR, diantaranya yaitu selalu mengingat adanya komitmen, tetap yakin sekaligus percaya pada pasangan, dan melakukan hal-hal pengusir rasa jenuh. Meskipun berhubungan jarak jauh memang ada saja konfliknya, penting sekali untuk masing-masing pasangan tetap saling terbuka dan percaya guna meredakan konflik agar tidak semakin berlarut-larut.

Wajar saja timbul rasa jenuh dan jenuh ketika LDR atau pacaran jarak jauh. Begini cara mengatasi bosan dalam hubungan LDR supaya tetap bisa mempertahankannya.

1. Jangan Terlalu Sering Menghubunginya

Salah satu cara mengatasi pacaran jarak jauh terasa membosankan adalah jangan terlalu sering menghubunginya. Mungkin menurut Anda menghubungi sang kekasih sesering mungkin merupakan suatu bentuk rasa perhatian kepadanya, belum tentu. 

Terlalu sering menghubunginya, bahkan hanya untuk mengucapkan ucapan monoton dalam waktu berdekatan, misalnya “Sudah makan belum?” atau “Lagi ngapain?” setiap sepuluh menit sekali ataupun sejam sekali tentunya membuat pasangan Anda mudah bosan, tak percaya padanya, dan menganggap Anda tak memiliki topik pembicaraan sama sekali, bahkan cenderung posesif padanya.

Apalagi ketika sedang sibuk-sibuknya, tak semua orang suka diganggu karena ingin fokus dengan pekerjaannya saja. Maka dari itu, supaya pacaran  jarak jauh tidak mudah bosan yaitu jangan terlalu sering menghubunginya. Berikan ruang dan waktu untuk pasangan supaya dapat fokus pada pekerjaan ataupun urusannya.

Hindari pula melakukan spam panggilan atau mengirimkan pesan singkat beruntun kepadanya dalam intensitas sering. Hal ini tentu membuatnya risih dan jadi malas untuk membalasnya. Meskipun penting, sebaiknya pahami dulu situasinya, kemudian menghubunginya kembali jika dia sedang luang.

Cara chat LDR agar tidak bosan, yaitu perlu mengetahui kapan jam dia sedang beristirahat atau sedang tidak benar-benar sibuk dan menyesuaikan pula dengan waktu Anda. Misalnya ketika jam makan siang, atau selepas pulang dari kegiatan. Hindari pula chat terlalu monoton atau terkesan seperti mewawancarainya, menanyakan tentang keseharian dan membahas topik tertentu, misalnya masa depan, film, rencana pertemuan, dan semacamnya tentu lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

2. Saling Memberikan Kejutan

Bagi pejuang hubungan jarak jauh (LDR) pasti jarang sekali bertemu langsung atau secara tatap muka karena mau tidak mau lebih sering virtual. Memberi kejutan padanya pun juga tak semudah pasangan lainnya yang bisa bertemu secara langsung.

Baik laki-laki maupun perempuan, hampir semua orang menyukai kejutan, apalagi jika diberikan oleh orang terkasih. Cara memberi kejutan bagi para pejuang LDR bisa jadi tak sama seperti pasangan yang bisa bertemu langsung. Lakukan saja secara sederhana, misalnya mengirimkan barang kesukaan atau memang dibutuhkan oleh pacar, atau mengejutkannya secara virtual melalui kiriman rangkaian video atau kolase foto saat Anda dan dia bertemu secara langsung maupun mengirimkan makan siang melalui aplikasi pesan makan online.

Selain itu, pada saat momen ulang tahun dan hari jadian boleh juga melakukan tukar kado dengan mengirimkan barang kesukaan. Dengan begitu, pacaran jarak jauh jadi tidak mudah bosan dan masing-masing pasti senang saat menerimanya.

Memberikan sebuah kejutan mampu mengatasi kebosanan dalam hubungan jarak jauh. Jadi meskipun sedang saling berjarak secara fisik, rasanya seperti bertemu langsung. Sehingga, pacaran pun jadi tidak terasa hambar.

3. Tidak Ada Salahnya Mencoba Saling Manja secara Virtual

Rindu adalah rasa yang wajar dialami oleh setiap pasang manusia ketika menjalankan hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR). Rindu ada baiknya jika tak perlu ditahan, sebab justru menyengsarakan diri sendiri.

Menahan rindu tak semuanya kuat, jadi lebih baik disampaikan saja kepadanya. Anda bisa sedikit bersikap manja guna menunjukkan rasa rindu kepadanya meskipun hanya secara virtual. Bersikap manja karena kangen pada kekasih, menunjukkan bahwa Anda memang memiliki perasaan tulus mencintainya.

Tunjukkan rasa rindu secara positif dan tulus, tanpa menyinggung jarak, maupun menuntutnya macam-macam. Mungkin susah sekali menunjukkannya dengan sikap, maka cobalah mengirimkannya kata-kata manis. Cara ini efektif mengatasi pacar yang bosan saat LDR supaya hubungan tidak cenderung monoton atau hambar.

Sesekali manja tanpa bersikap posesif juga mampu membuat hubungan pacaran jarak jauh jadi lebih bahagia dan langgeng. Sebab ada momen indah meskipun hanya sebatas virtual yang membuat lebih berwarna dan hidup, sehingga seolah jarak bukanlah masalah besar.

4. Manfaatkan Waktu Virtual Bersama secara Maksimal

Berkomunikasi dengan pacar saat LDR rasanya memang terbatas. Hal ini karena dilakukan secara virtual, di mana kesalahpahaman penyebab konflik pun seringkali terjadi.

Maka dari itu, sangat penting bagi para pejuang LDR untuk memanfaatkan waktu virtual semaksimal mungkin dengan cara tidak mudah memperpanjang masalah, selalu terbuka satu sama lain, serta memberikan kepercayaan satu sama lain. Sebab kunci LDR langgeng dan bahagia adalah kepercayaan dan komitmen.

Ketika sedang dihadapkan dengan konflik, tetaplah tenang dan mencari akar permasalahannya supaya dapat menyelesaikan segala permasalahan bersama. Selain itu, jangan mudah menaruh curiga kepada pacar, berikan ruang untuknya maupun diri sendiri, serta jangan menyinggung soal masa lalu maupun apapun pemicu permasalahan lainnya.

LDR sangat rentan kesalahpahaman. Oleh karena itu, sebisa mungkin menghindari penyebab masalah perlu dilakukan karena menyelesaikannya secara virtual lebih susah daripada jika bertemu secara langsung.

5. Saling Berkunjung Apabila Ada Waktu Luang

Pejuang LDR memiliki sedikit waktu untuk bertemu. Sehingga ketika ada kesempatan untuk menemuinya, rasanya semakin tidak sabar karena rasa rindunya sudah tak kuat lagi ditahan.

Maka dari itu, cara mengatasi bosan dalam hubungan LDR adalah dengan menyempatkan diri untuk bertemu dengannya. Anda bisa berkunjung ke tempatnya, maupun sebaliknya. Atur jadwal pertemuan sebaik mungkin supaya tidak bentrok dengan kesibukan masing-masing.

Anda dapat merencanakan bersamanya mengenai tempat mana saja yang hendak dikunjungi bersama. Bisa juga merencanakan hendak melakukan apa saja ketika sudah sampai nanti.

Saling berkunjung mungkin sedikit susah ketika tak punya waktu cuti yang sama, ataupun ketika berbeda pulau ataupun zona waktu. Komunikasikan semuanya dengan baik dan terbuka, supaya masing-masing tahu rencananya, baik itu dari segi biaya, penginapan, dan lain sebagainya.

6. Beri Ruang untuk Diri Sendiri

Hubungan asmara antara dua insan bukan berarti fokusnya kepada kekasih dan hubungan itu sendiri. Melainkan, Anda pun juga perlu ruang untuk sejenak memahami diri sendiri agar bisa berkembang dan sadar bahwa dunia tak hanya tentang pasangan.

Memberi ruang untuk diri sendiri juga mampu mengatasi rasa jenuh ketika LDR. Selain itu, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri sendiri supaya lebih baik lagi dan menyadarkan bahwa Anda tak benar-benar sendirian di dunia ini. Menjalani LDR bisa jadi menimbulkan perasaan jenuh, namun tetap fokuslah pada dunia luar seperti keluarga, teman, karir, pendidikan, dan lainnya tanpa melupakan pasangan, tetapi hal ini berguna memperbaiki kualitas diri.

7. Ceritakan Keseharian atau yang Sedang Terjadi Akhir-akhir Ini

Chat  LDR monoton seperti pertanyaan “Sedang apa?” atau “Udah makan belum?” kelihatannya membosankan. Meski seolah menunjukkan perhatian, namun terlalu sering mengirimkan chat seperti ini tentunya menimbulkan rasa jenuh karena tak ada topik pembicaraan untuk dibahas lebih panjang lagi.

Dibandingkan pertanyaan monoton seperti itu, menanyakan hal yang sedang terjadi atau akhir-akhir ini maupun menceritakan keseharian jauh lebih baik karena tidak seperti mewawancarai seseorang. Sebab pasti ada saja topik baru nantinya, sehingga LDR tidak gampang bosan.

Apalagi membicarakan soal topik kesukaan, saling menghibur saat sedang ada masalah, ataupun merencanakan masa depan merupakan topik paling menyenangkan dan tak ada bosannya jika dibahas. Tunjukkan rasa peduli padanya dengan menjadi pendengar terbaik untuknya meskipun sedang pacaran jarak jauh.

8. Rencanakan Pertemuan Berikutnya Dengannya

Pertemuan adalah momen paling ditunggu-tunggu oleh para pejuang LDR. Sebab pertemuan merupakan suatu kesempatan sangat berharga di mana sepasang kekasih pejuang LDR dapat bertatap muka secara langsung untuk menunjukkan rasa rindu yang ditahan.

Merencanakan pertemuan selanjutnya dengan pasangan tak masalah dilakukan. Misalnya saling mengunjungi ketika sama-sama senggang, ataupun merencanakan liburan bersama di kemudian hari.

Membuat perencanaan perihal pertemuan selain mengatasi bosan ketika LDR, juga mampu memperkuat hubungan karena selalu ingat untuk menghabiskan waktu bersama dengannya. Oleh karena itu, cobalah merencanakannya bersama pasangan.

Itulah beberapa cara mengatasi bosan dalam hubungan LDR. Hal paling penting yaitu tetap percaya, bangun komunikasi secara baik dan terbuka, serta hindari bersikap posesif agar langgeng dan harmonis meskipun sedang diuji dengan hubungan jarak jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.