Lompat ke konten

Cara Mengatasi Anak 2 Tahun yang Kecanduan HP (Usia Balita)

Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP

Cara mengatasi anak 2 tahun yang kecanduan HP memang bisa dibilang gampang-gampang susah, apalagi jika si kecil sudah sampai terlalu melekat alias tak ingin dipisahkan dari perangkat tersebut. Terlalu sering screen time gadget dari sejak dini memiliki lebih banyak dampak negatif dibandingkan positifnya, yaitu sering tantrum, enggan berinteraksi secara langsung, speech delay atau keterlambatan bicara, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk mengetahui cara mengatasi anak kecanduan HP.

Sebagian orang tua menganggap bahwa gadget adalah benda penenang paling ampuh jika si kecil mulai rewel karena nantinya bisa membuat ia tertarik untuk melihat konten menarik di HP. Namun faktanya, jika terlalu sering melakukannya justru membuat ia semakin ketagihan dan tidak ingin meninggalkan gadgetnya. Hal ini nantinya tidak baik bagi tumbuh kembang maupun berpengaruh pada pengelolaan emosinya.

Maka dari itu, sebaiknya sesegera mungkin usahakan mengurangi screen time gadget agar tidak semakin memperparah keadaan. Begini cara mengatasi anak kecanduan HP yang harus diterapkan ayah dan ibu.

1. Kurangi Screen Time Sebisa Mungkin

Terlalu sering screen time bagi anak usia balita, terutama 2 tahun bukanlah hal baik karena bisa berpengaruh buruk pada perkembangan fisik maupun mentalnya. Dampak fisik misalnya mata menjadi rabun pada usia dini, kanker otak, permasalahan pada gizi, dan rentan mengalami speech delay atau keterlambatan bicara. Sedangkan dampak pada mentalnya, yaitu mudah sekali tantrum atau kesusahan mengendalikan emosi, kurang percaya diri, kesusahan berinteraksi dengan orang lain, dan lainnya.

Screen time untuk anak balita memiliki kategori tertentu, sebenarnya pada anak usia 1-2 tahun sebaiknya tidak boleh melakukan screen time. Namun apabila terpaksa melakukannya, usahakan tidak lebih dari satu jam (kurang dari sejam lebih baik) guna mengatasi kecanduan HP. Jika sudah terlanjur dan sampai berjam-jam, cobalah untuk mengurangi waktunya secara bertahap dengan cara mengajak si kecil untuk bermain dan berinteraksi secara langsung.

2. Buat Jadwal Kapan Boleh Menggunakan HP

Cara mengatasi anak kecanduan HP yaitu dengan membuat jadwal kapan boleh menggunakan HP tersebut. Hal ini sangat penting supaya tidak menjadi kebiasaan buruk dan membuat si kecil jadi kurang menghargai orang lain karena kecanduan gadget. Batasilah waktu di mana si kecil tidak boleh menggunakan HP sama sekali, misalnya ketika sedang bermain langsung, saat berbicara, saat makan, di perjalanan, sebelum tidur, dan lain-lain.

Jangan menormalisasi menggunakan HP pada waktu-waktu tertentu, ajarkan anak untuk mengerti hal tersebut agar bisa menghargai orang lain. Sebagai orang tua pun wajib memberikan contoh pula dengan tidak sembarangan memakai gadget pada saat tertentu agar anak bisa mencontohnya.

3. Batasi Penggunaan HP, Termasuk Apa yang Dilakukan Anak di Perangkat Tersebut

Membatasi penggunaan gadget termasuk apa yang dilakukan si kecil pada perangkat tersebut sangat penting dilakukan sebagai cara mengatasi anak kecanduan HP. Kita tidak tahu apa saja tontonan anak ketika sedang tidak mengawasinya, sebab bisa ditakutkan ia menonton hal yang tak seharusnya, seperti tayangan dewasa, kekerasan, adegan horor, dan tayangan lainnya yang menyebabkannya jadi gampang candu.

Meski bukan hanya tayangan tersebut, menonton kartun pun menyebabkannya kecanduan HP sampai tak ingin melepaskannya, padahal sudah menontonnya berkali-kali. Oleh karena itu, sebaiknya batasi penggunaannya dan aturlah kondisi gadget agar tidak bisa diakses lagi oleh si kecil setelah screen timenya habis.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa diunduh di ponsel pintar untuk membantu para orang tua membatasi screen time anak. Ada beberapa fitur seperti memblokir akses anak ke pembelian aplikasi, melacak situs web yang banyak dikunjungi, serta memblokir akses gadget ketika screen time sudah habis.

4. Perbanyak Aktivitas Bermain dan Berinteraksi secara Langsung

Cara mengatasi anak kecanduan HP yang lebih efektif adalah dengan mengajaknya memperbanyak aktivitas bermain dan berinteraksi secara langsung. Dengan begitu, si kecil jadi lebih banyak melupakan kebiasaannya bermain HP karena sudah teralihkan pikirannya pada hal lain.

Guna mengatasi kebiasaannya main HP, ajaklah ia bermain ke luar rumah bersama teman sebayanya sekaligus membiasakannya berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Namun apabila keadaan tidak memungkinkan untuk mengajaknya ke luar, lakukan banyak permainan non digital di rumah saja. Contoh kegiatan anak di rumah adalah bermain puzzle, tebak kata, membacakannya sebuah cerita, bermain peran, dan lain sebagainya.

5. Sesering Mungkin Ajak Anak Berkomunikasi

Mengajak si kecil untuk berkomunikasi sesering mungkin sangat baik bagi tumbuh kembangnya, termasuk emosionalnya. Sering mengajak ia bicara, membantunya dalam perkembangan bahasa, mencegah speech delay, dan membuat orang tua mengerti apa yang sedang dirasakan oleh anak. Sehingga, ada ikatan lebih dekat antara anak dengan orang tua karena sejak dini sudah dibiasakan untuk saling terbuka.

Mungkin kesibukan membuat orang tua jadi sering mengabaikan buah hatinya lalu memberikannya gadget agar ia tidak mudah bosan. Cara tersebut memang ampuh, namun dampaknya tidak baik bagi tumbuh kembangnya nanti. Sesibuk apapun, sebaiknya selalu luangkan waktu untuk menjalin komunikasi dengan si buah hati agar ia tidak terbiasa sibuk dengan dunianya sendiri.

Jangan dengan mudah memberikannya HP ketika Anda sedang sibuk. Lebih baik berikan ia mainan agar tidak cepat bosan, atau jika terpaksa tak ada waktu luang cara mengatasi anak kecanduan HP, yaitu sebaiknya mintalah bantuan orang lain seperti keluarga dan pasangan untuk membantu menjaganya.

6. Ajarkan Si Kecil Mengenai Pentingnya Menahan Diri

Anak yang sudah terlanjur keranjingan gadget biasanya memiliki perilaku susah menahan diri dan mudah sekali tantrum. Tantrum adalah perilaku di mana anak tidak bisa mengendalikan emosinya akibat amarah yang meledak-ledak, biasanya karena sebab tertentu, salah satunya tidak dituruti kemauannya.

Perilaku anak yang gampang tantrum membuat orang tua kebingungan karena khawatir tentang pandangan orang lain di sekitarnya saat si buah hati sedang tantrum di tempat umum. Maka dari itu, cara mengatasi anak kecanduan HP yaitu mengajarkan buah hati Anda mengenai pentingnya menahan diri, bahwa tidak semua keinginannya harus dituruti, terutama jika ia memaksa minta diberikan HP. Selain itu, beri tahu ia bahwa perilaku susah mengendalikan emosi (khususnya di tempat umum) sangat merugikan dan sebaiknya sebisa mungkin tahan diri agar tidak melakukannya.

Berikan buah hati Anda pemahaman bahwa ia tidak bisa selalu meminta HP, jelaskan dampaknya, dan berikan pengertian agar tak selalu memainkan gadget saat sedang bersama orang lain sebagai upaya saling menghargai. Jangan mudah memberikan HP kepada si buah hati saat ia sedang bosan atau ketika tantrum, justru hal ini malah semakin membuat ia kecanduan dan susah lepas karena orang tuanya selalu menurutinya.

7. Jadilah Contoh Terbaik bagi Si Kecil

Cara mengatasi anak kecanduan HP yang paling penting adalah menunjukkan sisi sebagai orang tua yang bisa dijadikan teladan oleh buah hatinya. Ketika Anda melarang si buah hati memainkan gadget terlalu sering, maka Anda pun juga tidak boleh menggunakan gadget sembarangan di depannya karena ia pasti akan mencontoh perilaku ayah dan ibunya.

Jangan mudah memainkan ponsel saat sedang bersama si kecil. Tetapi jika terpaksa melakukannya karena ada panggilan mendesak, menjauhlah sebentar untuk mengangkat panggilan tersebut. Selalu ajaklah ia bermain dan berinteraksi secara langsung, baik dengan orang tua atau keluarganya, maupun dengan orang lain di sekitarnya supaya dapat mengalihkan pikirannya untuk tidak memainkan gadget.

Mengatasi anak 2 tahun yang kecanduan HP sangat penting dilakukan sesegera mungkin, Sebab ada dampak negatif yang mempengaruhi tumbuh kembangnya, terutama perkembangan bahasa, fisik, maupun emosional. Oleh karena itu, batasi screen time buah hati Anda semaksimal mungkin dan jangan mudah memberinya HP ketika sedang tantrum, bosan, atau menangis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.