Lompat ke konten

5 Aplikasi Untuk Mengawasi Anak Bermain Gadget

aplikasi untuk mengawasi anak

Mengawasi anak saat bermain gadget mungkin menjadi salah satu tugas orang tua yang cukup sulit dilakukan. Sebab semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula berbagai jenis permainan untuk anak-anak. Sedangkan biasanya, anak lebih mengerti karena lebih cepat belajar daripada orang tua.

Namun jika tidak diawasi, Anda tentu khawatir anak membuka situs-situs terlarang yang belum pantas ditonton. Apalagi jika Anda tidak bisa membersamai anak atau Anda merupakan wanita karier yang harus membagi waktu antara bekerja dengan tugas rumah tangga.

Nah, sekarang Anda tidak tidak perlu risau dan khawatir, karena telah hadir aplikasi untuk mengawasi anak bermain gadget, tentunya aplikasinya mudah digunakan dan bisa Anda unduh diunduh di ponsel pintar Anda.

1. Norton Family Premier 

Norton family premier merupakan aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mengawasi anak ketika ia sedang bermain gadget. Aplikasi ini bisa dipasang di perangkat Windows, Android maupun iOS. Anda bahkan bisa menggunakannya ketika tidak sedang berdekatan dengan buah hati Anda, sehingga cocok untuk Anda orang tua yang bekerja.

Dengan aplikasi ini Anda bisa menghindarkan dari bahaya cyber bullying yang sedang marak sekarang ini. Artinya Anda juga menghindarkan dia dari gangguan kesehatan mental yang bisa mempengaruhi perilakunya. Menghindarkan anak dari sikap pemalu, tidak percaya diri dan sulit beradaptasi.

Tidak hanya sampai situ saja, aplikasi ini memiliki berbagai fitur canggih. Diantaranya dapat membatasi jumlah waktu bermain gadget berdasarkan umurnya dan waktu yang Anda mau. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir jika ia memakai HP terlalu lama. Ketika waktu sudah diatur, maka setelah batasnya habis, handphone anak akan tertutup secara otomatis. Hal ini bisa membuat anak menjadi lebih mudah diatur dan bisa menjadi cara mengatasi kecanduan HP.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melacak lokasi anak melalui sinyal yang ada pada HP yang ia bawa. Sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi anak ketika ia sedang menyembunyikan gadgetnya karena sedang marah, atau pun ketika ia bermain secara sembunyi-sembunyi.

2. Net Nanny 

Aplikasi yang bisa memudahkan Anda untuk mengawasi anak selanjutnya adalah Net Nanny. Net Nanny merupakan sebuah perangkat lunak yang bisa digunakan sebagai kontrol konten-konten apa saja yang muncul di sebuah perangkat. Oleh karena itu, aplikasi ini dapat digunakan terutama oleh orang tua untuk memantau serta mengambil kendali penuh atas semua aktivitas anak bermain gadget baik di telepon maupun di komputer atau Windows.

Sama dengan aplikasi sebelumnya, Net Nanny juga bisa dipasang di gadget android dan iOS. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang sudah cukup terkenal di kalangan ibu-ibu karena dapat membantu memantau berbagai aktivitas anak saat bermain gadget

Seperti melakukan pemantauan pada log telepon, juga berbagai pesan yang masuk dan berbagai media pengiriman pesan dan informasi. Selain itu, bisa juga digunakan untuk memblokir akses atau situs yang berbahaya sesuai dengan keinginan Anda.

Ketika Anda sudah memasukkan sebuah kata kunci mengenai situs apa saja yang terlarang, maka secara otomatis ketika anak membuka kata kunci atau yang hampir sama dengan kata kunci tersebut situs akan secara otomatis terblokir. Sehingga sangat aman digunakan untuk anak-anak.

Terakhir, aplikasi ini juga bisa membantu Anda untuk mengawasi jam atau waktu menggunakan handphone dan internet. Sehingga pada batas waktu tertentu, anak sudah tidak bisa mengakses gadgetnya setelah terkunci.

3. Google Family Link

Google Family Link hadir karena pihak Google merasa bertanggung jawab untuk ikut menyaring konten-konten yang dikonsumsi oleh anak di bawah umur. Maka dari itu, Google menciptakan sebuah aplikasi yang bisa membantu orang tua untuk mengawasi dan mengontrol pemakaian handphone dan internet untuk anak-anak.

Pada mulanya, layanan khusus ini hanya bisa digunakan untuk pengguna android. Sedangkan untuk pengguna iPhone, dan  iPad belum bisa mengaksesnya. Tetapi seiring berkembangnya teknologi, kemudian dilakukan perbaikan dan pembaharuan sehingga semua jenis perangkat bisa mengaksesnya.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk anak di bawah umur 13 tahun. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengawasi anak yang bermain game secara online. Terdapat banyak fitur menarik yang bisa digunakan oleh orangtua untuk mengontrol kegiatan anaknya di HP.

Diantaranya menyetel batas waktu pemakaian, melacak lokasi perangkat anak, kemudian juga menyetujui download atau pembelian aplikasi ataupun barang lainnya di e-commerce. Sehingga tidak akan ada lagi kasus pembelian game online tanpa diketahui oleh orang tua hingga ratusan ribu atau jutaan rupiah.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengatur konten yang muncul di beranda game dan You Tube ataupun media hiburan lainnya sehingga anak tidak dapat mengakses website yang mempertontonkan hal terlarang atau tidak pantas.

4. Kids Place

Selanjutnya adalah Kids Place. Merupakan aplikasi  yang digunakan sebagai pembatas akses anak pada aplikasi game atau pun media sosial. Untuk aplikasi ini biasanya hanya bisa digunakan untuk perangkat Android saja. 

Kids Place memiliki fitur yang bisa mengawasi anak sekaligus mencegahnya untuk melakukan panggilan keluar,  kemudian mendownload aplikasi game baru di HP, juga mencegah anak-anak untuk mengakses konten negatif dan situs yang belum sesuai dengan umurnya. karena jika anak sampai mengakses konten pornografi, maka dampaknya akan sangat buruk.

Keunggulan Kids Place apabila dibanding dengan aplikasi pengawas anak adalah aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet, aplikasi ini juga tidak meminta penggunaannya untuk memasukkan email. Sehingga untuk Anda yang masih gagap teknologi namun tetap ingin mengawasi anak, maka aplikasi ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan.

5. Kaspersky SafeKids

Terakhir, aplikasi untuk mengawasi anak bermain adalah Kaspersky Safe Kids. Kaspersky Safe Kids bisa diunduh melalui app store maupun play store di ponsel pintar Anda. Bisa digunakan untuk aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengontrol game yang sedang dimainkan oleh anak Anda. 

Fitur yang ada pada aplikasi ini adalah mengunci situs atau aplikasi yang tidak sesuai dengan umur anak, sehingga bisa menghindari konten-konten yang memang tidak diperuntukan untuk anak. Kemudian juga bisa untuk membatasi jam ideal anak bermain HP.

Hampir sama dengan aplikasi untuk mengawasi anak bermain game di handphone, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencari keberadaan anak melalui GPS. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengawasi dari jarak jauh. Sehingga cocok untuk Anda yang tidak bisa berada terus dekat dengan anak, apalagi jika anak sudah menginjak dewasa.

Tambahan fitur lainnya adalah aplikasi ini dapat digunakan untuk mengawasi pencarian Youtube dan juga menghentikan apabila konten yang muncul merupakan konten dewasa. Sehingga buah hati Anda akan lebih mudah terhindar dari melihat sesuatu yang belum sesuai dengan umurnya.

Nah, berikut di atas merupakan 5 aplikasi yang bisa digunakan untuk mengawasi anak dalam bermain di handphone. Kecanggihan teknologi dengan pemanfaatan yang salah memang berbahaya, namun jika digunakan untuk sesuatu yang positif ternyata juga bisa meringankan pekerjaan kita. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.