Lompat ke konten

6 Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati Guru

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Alasan Harus Menghormati Guru

Menghormati guru harus kita lakukan selain menghormati orang tua. Guru adalah pahlawan tanpa tanda saja, beliau rela berkorban demi mencerdaskan masa depan anak bangsa.

Seorang guru rela memberikan ilmu kepada muridnya dengan tulus tanpa meminta imbalan apapun. Harapannya tentu saja agar anak didiknya mendapatkan masa depan cerah, mampu meraih cita-cita yang diinginkan, dan menjadi pribadi yang baik di masyarakat.

Dengan perjuangannya yang tak kenal lelah itulah alasan mengapa kita harus menghormati guru. Meskipun mereka bukan orang tua kandung, tetapi guru juga berperan penting bagi kehidupan kita.

Akan tetapi faktanya, masih banyak kasus murid berkata kasar, menghina, membantah gurunya, bahkan ada juga kasus penganiayaan yang berseliweran di media sosial. Tentu saja perilaku ini sangat disayangkan mengingat guru lah yang telah mendidik mereka di luar rumah.

Padahal, beliau menyelamatkan kita dari kebodohan. Tak hanya sekedar memberikan teori mata pelajaran, tetapi juga pelajaran mengenai kehidupan, cara menggapai masa depan, maupun pengalaman lainnya yang pasti sangat mulia.

Oleh karena itu, setiap orang tua perlu menjelaskan kepada buah hatinya mengenai alasan mereka harus menghormati guru, berikut adalah alasannya:

1. Guru Adalah Orang Tua Kedua

Meskipun sudah memiliki orang tua kandung, guru adalah orang tua kedua kita saat berada di sekolah. Beliau mendidik kita di luar lingkungan rumah supaya menjadi anak yang cerdas, disiplin, memiliki kepribadian baik, dan memiliki tata krama.

Selain itu, beliau juga mengajarkan kita mengenai berbagi kasih kepada orang lain dan tak pernah membenci muridnya. Cara mendidiknya pun penuh kesabaran dan ketelatenan, itu lah mengapa guru pantas disebut sebagai orang tua kedua kita di sekolah.

Sembari mempersiapkan anak memasuki sekolah, sangat penting untuk mengajarkan si buah hati mengenai alasan harus menghormati guru, selain mengajarkan ia tentang pentingnya berbakti kepada orang tua sendiri.

Jelaskan pada si buah hati bahwa menghormati guru sama pentingnya dengan menghormati orang tua. Sebab, guru merupakan pendidik yang baik untuk membentuk pribadinya menjadi lebih baik lagi.

Sama seperti orang tua, guru juga memberikan perhatian kepada murid-muridnya. Tujuannya adalah agar mengetahui apa yang kita butuhkan dan membantu untuk sesuatu yang dirasa kesusahan dikerjakan karena mereka pun berusaha memahami muridnya.

2. Pengantar Ilmu yang Berjasa Bagi Masa Depan

Guru merupakan seorang yang mendidik sekaligus memberikan ilmu kepada kita sebagai muridnya. Tujuannya tentu saja untuk membuat kita menjadi orang yang lebih baik dan memiliki wawasan luas.

Beliau tak hanya mengajarkan tentang hal berbau akademis saja di sekolah, tetapi juga mengajarkan mengenai pengalaman hidup, tata krama atau etika, budi pekerti, dan juga nilai-nilai pentingnya yang pasti berguna untuk masa depan.

Tanpa adanya seorang guru, kita tentu tidak akan bisa sukses. Sebab beliau lah yang membantu para muridnya untuk belajar demi menggapai masa depan cerah.

Oleh karena itu, mereka sangat berjasa karena telah mengajarkan banyak ilmu. Mereka pun membantu para murid untuk menyelesaikan pendidikan dan meniti karir di masa depan.

3. Guru Mendidik Kita Menjadi Manusia  Berguna

Setiap guru pasti ingin murid-muridnya menjadi orang sukses di masa depan nanti, tak mungkin beliau menginginkan hal sebaliknya atau kegagalan. Ketika muridnya gagal, tentu saja seorang guru pasti terus memikirkan bahwa dirinya belum bisa mendidik dengan baik.

Meskipun begitu, beliau pasti akan membantu muridnya ketika sedang kesusahan agar bisa sukses di kemudian hari. Hal ini bagi seorang guru, masa depan anak murid adalah hal yang paling utama.

Apabila kita mampu menghargai sekaligus menghormati guru dengan baik, pasti akan mendapatkan pemikiran yang lebih matang, serta menjadi pribadi yang lebih cerdas dalam berpikir maupun berbuat. Dengan begitu, kita dapat meraih pendidikan yang lebih tinggi sekaligus menjadi manusia berguna karena jasa mereka yang telah dengan sabar mendidik tanpa meminta imbalan sejak kita masih berada di taman kanak-kanak hingga lulus dari perguruan tinggi.

4. Guru Bertindak untuk Mendisiplinkan Kita

Sebagian dari kita mungkin pernah dihukum oleh guru? Jika iya, tujuan beliau menghukum bukan semata-mata ingin melampiaskan rasa kesal atau memiliki dendam tertentu, tetapi untuk mendisiplinkan muridnya agar tidak terbiasa berperilaku buruk.

Seorang guru pasti memiliki ketegasan dan caranya sendiri untuk mendisiplinkan muridnya. Meskipun beliau pun paham bahwa upaya untuk membuat para murid menjadi disiplin bukanlah sebuah hal mudah.

Seorang guru memberikan hukuman juga agar siswanya mengerti akan pentingnya tanggung jawab dan tidak boleh menyia-nyiakan amanah dari orang tua, sebab ayah dan ibu tentu menyekolahkan anak supaya menjadi generasi yang cerdas, disiplin, dan paham dengan tanggung jawabnya. Guru hanya ingin kita mampu bertanggung jawab agar lebih disiplin dalam menjalani kehidupan, terutama soal etika, ketepatan waktu, dan lain-lainnya.

5. Seorang Guru Juga Manusia

Bagaimana pun juga, seorang guru juga pasti manusia sama seperti orang lainnya. Setiap manusia pun memiliki hak sama untuk dihormati oleh yang lainnya. Bukan berarti beliau gila hormat, tetapi atas jasa yang telah diberikannya tentu seorang tenaga pendidik layak untuk dihormati.

Selain itu, memperlakukan guru dengan baik, tidak menghinanya, apalagi sampai menganiayanya juga harus dilakukan. Beliau juga sama seorang manusia yang memiliki perasaan, dan pasti harus diperlakukan juga dengan baik.

Setiap manusia pun pasti memiliki masalahnya sendiri, begitu pun seorang guru. Beliau pasti pusing bagaimana harus menyiapkan materi untuk mengajar esok hari, memikirkan kebutuhan para siswa, serta cara untuk mengajar dengan baik agar anak didiknya memahami penjelasan yang diberikan.

Para tenaga pendidik pun juga pasti memiliki kehidupannya sendiri, sama seperti manusia lainnya. Akan tetapi, mereka bahkan rela meluangkan waktu untuk membimbing para siswa bahkan meskipun di luar jam mengajarnya, sebab mereka paham bahwa kesuksesan anak didiknya tentu berada juga campur tangan dari pengajarnya.

6. Perjuangannya Sangat Hebat

Meskipun para tenaga pendidik tak pernah meminta agar selalu dihormati, akan tetapi lebih baik kita melihat bagaimana perjuangan mereka dalam mengajar di sekolah. Banyak sekali perjuangan para guru yang hebat dan tak kenal lelah, terutama apabila kita melihat situasi dan kondisi para tenaga pendidik di daerah terpencil atau pun yang menerima gaji kecil.

Tanpa kenal lelah, mereka tetap dengan semangat mendidik para siswa agar tetap bisa belajar dan menggapai cita-citanya kelak. Mereka tak pamrih atau mengharapkan balasan apapun selain menginginkan anak didiknya bisa meraih kesuksesan di masa mendatang.

Di luar sana, banyak sekali kisah para guru yang hebat karena masih semangat mengajar meskipun bisa dibilang kondisinya susah dan sarana serta prasarananya belum memadai. 

Itulah alasan mengapa kita harus menghormati guru, sebab mereka bukan hanya pahlawan tanpa tanda jasa. Tetapi juga perjuangannya sangat hebat dalam mendidik kita dengan baik hingga bisa menggapai cita-cita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.