Lompat ke konten

5 Prakarya Mudah untuk Anak Kerjakan Mandiri

prakarya mudah untuk anak

Prakarya mudah untuk anak kerjakan secara mandiri bisa dilakukan di rumah.  Kerajinan tangan terbukti mampu membantu tumbuh kembang nak menjadi lebih baik. Dengan menghabiskan waktu untuk membuat kerajinan tangan, anak-anak akan lebih terlatih dalam berbagai skill baik dari ketangkasan, kerjasama, kreativitas dan kepercayaan diri.

Sebenarnya ada banyak sekali prakarya yang bisa dikerjakan di rumah untuk buah hati Anda. Tinggal bagaimana Anda sebagai orang tua memberikan waktu dan tenaga untuk mengawasinya. Nah, jika Anda tetap ingin mengajarkan anak kerajinan tangan, namun enggan untuk melakukan kegiatan yang terlalu merepotkan, berikut 5 prakarya mudah untuk anak kerjakan mandiri.

1. Prakarya mudah untuk anak melukis dengan daun

Prakarya yang pertama adalah melukis dengan daun. Kegiatan ini sangat mudah dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan di rumah. Sehingga Bunda tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mencari bahan. Bisa dipastikan anak juga akan senang karena kegiatan yang dilakukan amat seru.

Anda cukup menyediakan kertas putih, bisa dengan jenis kertas putih apapun. Kemudian sediakan daun dengan berbagai bentuk sebagai cetakan, sikat gigi sebagai media untuk menetaskan warna, serta cat air sebagai warnanya.

Tuangkan cat yang telah disediakan ke dalam sebuah wadah dan campur dengan air. Anda dan buah hati bisa menata daun di atas kertas, kemudian ambil sikat gigi bekas dan celupkan ke cat air. Sebelum digunakan tiriskan beberapa waktu. Jika sudah siap, Anda bisa mengarahkan anak Anda untuk menggerakkan jari pada permukaan sikat yang menghadap ke kertas. Nantinya, warna akan terciprat ke kertas dan membentuk pola sesuai dengan bentuk daun.

Lakukan cara di atas dengan berbagai warna, hingga pola daun yang dibentuk benar-benar sempurna. Sehingga bisa membentuk sesuai pola daun yang sudah ditempel. Kegiatan ini selain mengasyikkan untuk menghabiskan waktu bersama anak, juga bisa melatih ketangkasan anak, kerapian, kedisiplinan dan kesadaran. Sehingga saat baik untuk perkembangan anak kedepannya.

2. Prakarya mudah untuk anak membuat kerajinan tangan dengan kertas lipat 

Prakarya  yang mudah dilakukan untuk menghabiskan waktu bersama anak adalah membuat kerajinan tangan dengan kertas lipat. Kertas lipat bisa dikreasikan menjadi berbagai bentuk kerajinan tangan. Selain mudah, kegiatan ini juga sangat menarik untuk anak-anak sehingga membuatnya bersemangat.

Dari selembar kertas lipat, bisa dibentuk berbagai kerajinan tangan yang bisa mengasah kreativitas anak untuk mengeksplorasi dunianya. Sehingga kemampuan otaknya berkembang menjadi lebih baik.

Anda cukup menyediakan kertas lipat dan aksesoris tambahan yang hendak digunakan untuk membentuk sesuatu. Misalnya, membentuk ikan, cukup sediakan manik-manik kecil sebagai mata ikan. Potong kertas warna warni menjadi dua bagian memanjang, kemudian di ujung potong segitiga. Nah, minta si kecil untuk melipat kertas di tengah hingga kedua ujungnya saling bertemu.

Sederhana bukan? Tinggal tambahkan garis dengan spidol agar menyerupai sirip dan memberi mata pada bagiannya. Selain mengasah kreativitas, kegiatan ini juga bisa mengasah kemampuan anak dalam ketangkasan, ketelitian dan kedisiplinan sehingga bentuk ikan bisa sempurna. Aktivitas ini bisa Bunda lakukan sebagai alternatif prakarya untuk anak di rumah.

3. Prakarya mudah untuk anak membuat pesawat terbang dari botol plastik

Prakarya sederhana  lainnya yang mudah untuk dikerjakan secara mandiri adalah membuat membuat pesawat terbang dari botol plastik. Ini cukup sederhana untuk menjadi aktivitas anak di rumah sebab anak hanya tingga menggabungkan saja bagian-bagiannya.

Sediakan untuk anak kardus yang sudah dibentuk bagian-bagian pelengkap pesawat. Sedangkan untuk bagian badan, gunakan botol plastik. Minta anak untuk menggunting sesuai pola sehingga membentuk bagian pesawat terbang lainnya. Setelah itu bisa diwarnai sesuai dengan selera si kecil.

Nah, setelah selesai diwarnai, selanjutnya adalah menempel bagian-bagian yang sudah dipotong ke badan pesawat atau botol plastik. Anda tinggal memberikan gambar contoh saja, dan biarkan anak bereksplorasi sesuai tipe dengan imajinasinya.

Prakarya tersebut bisa menjadi mainan anak atau sekedar pajangan di rumah. Dengan melakukan prakarya di atas anak menjadi terbangun imajinasinya, ia juga belajar mengenali berbagai transportasi yang ada sehingga menambah luas wawasannya.

Prakarya yang mudah dan sederhana namun membawa dampak baik bagi perkembangan anak di masa depan. Sehingga waktu anak dihabiskan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dibanding hanya sibuk dengan gadgetnya saja sehingga kecanduan ponsel, seperti fenomena yang sering terjadi saat ini.

4. Prakarya mudah untuk anak melukis dengan kain perca

Kali ini prakarya mudah yang bisa dilakukan anak secara mandiri adalah melukis dengan kain perca. Seperti yang kita tahu bersama, kain perca memiliki banyak varian warna dan mudah sekali untuk dibentuk. Oleh karena itu sangat cocok apabila digunakan untuk media anak mengeksplor imajinasinya.

Anda tinggal menyediakan saja kain perca dalam beberapa warna kemudian arahkan anak menggambar berbagai macam karakter favoritnya. Dengan demikian anak akan menjadi lebih kreatif menggambar karakter kesukaannya. Apabila sudah selesai, minta anak menggunting sesuai dengan pola yang sudah dibuat.

Setelah pola jadi, bagian terakhir adalah menempel pada kain perca yang lebar yang telah disediakan. Sehingga karakter atau bentuk yang dibuat oleh anak bisa dilihat secara keseluruhan. Tempelkan gambar di kamar anak dan apresiasi pekerjaannya dengan hasil apapun.

Hal tersebut akan membuat anak merasa diperhatikan dan membuat tingkat kepercayaan dirinya menjadi naik. Tentu karakter masing-masing anak berbeda, namun stimulasi kegiatan untuk membentuk kepribadian bisa dengan mudah dilakukan melalui aktivitas sehari-hari atau pun kegiatan bermanfaat saat liburan.

5. Prakarya mudah untuk anak membuat stempel dari kentang

Seperti yang sudah dijelaskan, contoh prakarya yang ada dalam artikel ini adalah kerajinan yang bahannya bisa ditemukan di rumah salah satunya adalah bahan masak Bunda sekalian di dapur yaitu kentang. Dengan kentang, And bisa membuat kegiatan yang sangat menarik untuk buah hati Anda.

Cukup minta anak untuk membelah dua bagian kentang tepat di tengah, kemudian minta ia untuk menggambar di atas permukaan kentang bentuk, bentuk yang ia mau, pada bagian ini Bunda bisa mengawasi supaya benda tajam yang digunakan tidak melukai anak.

Selanjutnya sediakan pewarna, celupkan permukaan kentng yang sudah dgambar dan tarik kembali. Tempelkan pada permukaan kertas putih yang sudah disediakan untuk media menggambar. Pergunakan kentang tersebut seperti layaknya stempel. 

Biasanya ketika menemukan hal baru, anak akan merasa sangat senang. Nah, stempel dari kentang adalah satu satu hal baru yang baru ia temukan. Sehingga ia akan sangat bersemangat untuk terus melakukan stempel di kertas. Bunda cukup memastikan saja bahwa pewarna yang digunakan merupakan pewarna yang aman untuk anak-anak, bahkan meski tidak sengaja tertelan. Sehingga hati menjadi lebih tenang membiarkan anak mengeksplor dunianya.

Nah, berikut di atas merupakan prakarya mudah untuk dikerjakan anak secara mandiri, meski dikerjakan secara mandiri, sebisa mungkin orang tua tetap melakukan pengawasan. Sebab tidak ada yang tahu tingkah konyol anak yang mungkin membahayakan. Sehingga daripada mengobati lebih baik mencegah dari awal. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.