Lompat ke konten

7 Hiburan untuk Ibu Rumah Tangga Agar Tetap Waras

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Hiburan untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga, memiliki kesibukan tersendiri meskipun hanya di rumah saja. Mengurus suami dan anak, mengatur segala keperluan keluarga, keuangan, ataupun kegiatan lainnya sudah menjadi kesibukan sehari-hari yang menguras fisik maupun mental.

Tak jarang pula dirinya terserang tekanan batin dan beban pikiran karena sering diremehkan oleh orang lain mengenai profesinya. Dianggap tidak mampu mengurus keluarga dengan baik, pengangguran, tak bisa merawat diri, dan cemoohan lainnya merupakan makanan sehari-hari baginya. Maka dari itu selain wajib memiliki mental baja, seorang wanita yang sudah menikah dan memiliki anak harus tetap bisa menjaga dirinya tetap waras.

Jarang menerima kesenangan ataupun hiburan bisa berdampak pada kondisi psikologis wanita yang sudah menikah dan memiliki anak. Mereka rentan mengalami stres karena banyaknya tuntutan maupun pekerjaan yang tak hanya menguras tenaga, tetapi juga mempengaruhi pikiran dan mental.

Hiburan untuk ibu rumah tangga sangat diperlukan. Bukan hanya membuat hatinya senang dan menghalau rasa jenuh yang melanda, tetapi juga supaya membuat dirinya tetap waras. Kewarasan itu penting untuk menjalani hari agar tetap bisa melakukan segala sesuatu secara sadar dan tak menyimpang.

Berbagai macam hiburan untuk ibu rumah tangga ini bisa menjaga ibu supaya tetap waras. Apa saja itu? Simaklah ulasan berikut ini.

1. Melakukan Quality Time Bersama Keluarga

Seorang ibu rumah tangga bukan hanya sering sibuk dengan pekerjaannya di rumah, tetapi juga bisa merasakan kesepian karena ditinggal anaknya sekolah, ataupun saat suaminya bekerja. Rasa kesepian itu membuatnya mudah jenuh dan stres.

Ketika seseorang stres, pikirannya mudah tidak fokus, gampang marah, apalagi menyalahkan orang lain. Anda pun pantas mendapatkan hiburan demi kesenangan juga ketenangan diri. Salah satu hal sederhana yang bisa dicoba adalah melakukan quality time bersama keluarga.

Melakukan quality time bersama keluarga bisa mencegah kesepian, memunculkan perasaan senang, sekaligus memperkuat ikatan emosional antar anggota keluarga. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana, misalnya menonton film, berkebun, pesta kebun keluarga kecil, memasak bersama, travelling  ke luar kota, dan lain-lain.

Quality time bersama keluarga ini bisa menjadi hiburan karena berguna untuk mengistirahatkan pikiran yang selama ini membuatnya terbebani. Sediakan satu hari ketika hari libur ataupun akhir pekan untuk melakukan kegiatan tersebut. Ajak anggota keluarga berpartisipasi mengajukan jenis kegiatan yang hendak dilakukan supaya semakin seru.

Menyediakan satu hari penuh untuk bersantai bersama keluarga juga perlu. Hal ini karena setiap anggota keluarga pun memiliki kesibukan yang membuat pikirannya menjadi lelah dan jenuh, sehingga bersantai bersama keluarga bisa menjadi solusi untuk menghibur diri.

2. Tetap Menjaga Interaksi dengan Tetangga dan Teman

Sibuk beraktivitas hanya di lingkungan rumah membuat seorang wanita yang sudah menikah serta memiliki anak tak terlalu sering bertemu dengan banyak orang ataupun menjalin interaksi secara bebas di luar seperti saat masih melajang. Mungkin juga lingkungannya hanya terbatas di sekitar rumah, melakukan interaksi pun lebih banyak bersama tetangga dan keluarga.

Agar tetap waras, Anda dapat ikut berpartisipasi pada kegiatan yang ada di masyarakat. Biasanya di suatu perumahan atau perkampungan, perkumpulan ibu-ibu sering mengadakan acara seperti arisan, pengajian, rewang, atau perkumpulan rutin lainnya yang bertujuan meningkatkan keeratan dan sikap gotong royong bagi warga di lingkungan tersebut.

Anda dapat mengikuti kegiatan tersebut demi sekedar menghibur diri dan mengurangi kejenuhan. Selain itu, berkumpul atau mengobrol bersama tetangga adalah hal paling sederhana yang bisa dilakukan supaya tidak merasakan kesepian. Sekedar mengobrol ketika berbelanja di depan perumahan, bercakap dengan tetangga sebelah, maupun mengajak anak bermain bersama anak tetangga lainnya juga bermanfaat supaya lebih mengenal lingkungan sekitar.

Tak hanya dengan tetangga, bertemu dan berkumpul bersama teman adalah contoh lainnya hiburan untuk ibu rumah tangga agar tetap waras. Mungkin Anda kesepian dan merasa ingin bersenang-senang dengan teman, meskipun hanya sekedar hang out atau berbelanja.

Mintalah izin terlebih dahulu kepada sang suami, bersikap jujur dan terbuka dengan suami sangat penting supaya mendapatkan kepercayaan darinya. Pastikan untuk tidak mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan kepada Anda.

3. Melakukan Hobi atau Sesuatu yang Sangat Disukai

Menjaga diri agar tetap waras dengan cara melakukan hobi atau sesuatu yang sangat disukai, bisa dilakukan sebagai hiburan untuk ibu rumah tangga. Mungkin Anda merasa semenjak menikah dan memiliki anak jarang memiliki waktu untuk melaksanakan hobi atau kesukaan saat dulu masih melajang. Sekali memiliki waktu, mungkin justru Anda gunakan untuk tidur atau sekedar mengistirahatkan diri karena terlanjur lelah.

Mengistirahatkan diri dengan tidur memang tidak masalah dilakukan, namun sesekali Anda juga perlu melakukan kegiatan yang sangat disukai seperti melanjutkan hobi demi menghibur diri sekaligus membuat pikiran menjadi rileks. Anda dapat mencuri waktu luang saat tidak terlalu lelah untuk melakukannya.

Anda juga dapat melibatkan anak untuk melakukan hobi atau sesuatu yang Anda sukai, misalnya seperti berkebun, merajut, berolahraga, dan lain-lain sekaligus menjadikan kegiatan tersebut sebagai bahan edukasi untuk si buah hati. Selain sebagai hiburan, Anda juga bisa mengajarkan anak tentang berbagai macam hal.

Walaupun sibuk, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga ataupun aktivitas fisik. Lakukan olahraga ringan minimal seminggu sekali supaya badan tetap bugar supaya tak mudah terserang penyakit. Anda juga bisa melakukan yoga karena bermanfaat untuk merelaksasikan pikiran sekaligus membuat badan menjadi sehat.

4. Mengikuti Kegiatan Berupa Seminar, Workshop, Pelatihan, dan lain-lain

Terdapat perbedaan tingkat stres antara ibu rumah tangga dan ibu bekerja. Kegiatannya pun kebanyakan terbatas hanya di rumah saja. Sehingga hal ini membuatnya mudah jenuh, stres, dan kesepian. Sedangkan ibu bekerja masih memiliki aktivitas di luar rumah dan mudah berinteraksi dengan orang lain selain keluarganya sendiri dan tetangganya.

Mungkin menjadi ibu yang hanya di rumah mengurus keluarga membuat Anda serba terbatas untuk melakukan sesuatu dan tidak terlalu berinteraksi dengan orang banyak di luar keluarga serta tetangga. Maka dari itu, mengikuti kegiatan berupa seminar, workshop, pelatihan, dan lain-lainnya juga bisa dijadikan sebagai solusi hiburan untuk ibu rumah tangga agar tetap waras. Selain itu, kegiatan tersebut berguna untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan.

Mengikuti berbagai macam kegiatan dapat dilakukan secara daring maupun luring. Anda dapat mencari berbagai seminar dan pelatihan melalui media sosial. Biasanya, banyak yang mengadakan kegiatan tersebut secara gratis maupun yang berbayar. Mengikuti berbagai macam kegiatan di luar juga bisa meningkatkan interaksi sosial, melawan rasa kesepian, serta mendapatkan banyak kenalan baru.

5. Melibatkan Anggota Keluarga Lainnya untuk Beraktivitas Akhir Pekan

Sebagai ibu rumah tangga, Anda mungkin banyak merasa bosan karena kegiatannya terlalu monoton hingga sering merasakan kebosanan. Padahal, kegiatan monoton tersebut bisa diubah lebih menyenangkan dan meringankan beban.

Cara meringankan beban dengan tetap mengerjakan pekerjaan rumah tangga, yaitu dengan melibatkan anggota keluarga lainnya untuk melakukan aktivitas bersama di akhir pekan. Misalnya dengan berkebun, menyiram tanaman, membersihkan rumah, dan lain-lain.

Dengan melakukan kegiatan produktif bersama keluarga di akhir pekan bermanfaat untuk meringankan beban pekerjaan rumah tangga, mempererat hubungan antar anggota keluarga, serta melatih anak menjadi pribadi yang lebih disiplin. Anda dapat mengkomunikasikan hal ini bersama suami dan anak untuk melakukan pembagian tugas masing-masing.

6. Membaca Buku, Sebuah Cerita, ataupun Bahan Bacaan Lainnya

Ibu yang sibuk mengurus keluarganya juga membutuhkan waktu untuk ketenangan dirinya sendiri guna melepas penat sesaat. Banyaknya pekerjaan rumah tangga mulai mengurus suami hingga anak bisa membuat ibu mudah stres karena berlangsung seperti itu saja setiap harinya.

Sebagai upaya menghalau rasa bosan sekaligus menjadi hiburan untuk ibu rumah tangga, Anda dapat membaca sebuah buku, novel, ataupun bahan bacaan lain. Tak hanya agar tetap waras, membaca suatu cerita juga akan mengalihkan Anda dari hal-hal yang membebani pikiran.

Anda dapat mencuri waktu luang untuk membaca sebuah buku ataupun cerita. Misalnya ketika anak sedang tidur atau sekolah, dan tidak ada pekerjaan lainnya untuk dilakukan.

Hindari membaca bahan bacaan berbau negatif dan membuat overthinking. Sebab, hal tersebut justru akan berdampak buruk bagi kondisi psikologis Anda. Membaca sesuatu yang menarik dan positif akan meningkatkan mood sekaligus membuat pikiran menjadi lebih segar.

7. Meluangkan Waktu untuk Memanjakan Diri Sendiri

Memiliki waktu untuk memanjakan diri sendiri merupakan sebuah kemewahan bagi ibu rumah tangga. Jarang-jarang mereka dapat melakukannya karena padatnya kegiatan meskipun hanya di rumah.

Jangankan memanjakan diri, merawat diri pun rasanya jarang dilakukan karena lebih memilih tidur untuk memaksimalkan waktu beristirahat. Hal inilah yang membuat ibu rumah tangga diremehkan karena dianggap tak pandai mengurus diri padahal hanya beraktivitas di rumah.

Padahal, merawat diri juga penting. Suami akan merasa sangat senang ketika melihat istrinya selalu tampil menarik di hadapannya, sehingga membuat dirinya lebih memilih menghabiskan waktu bersama istri daripada keluar bersama teman-temannya ataupun sibuk dengan dunianya sendiri.

Cobalah meluangkan waktu untuk memanjakan diri, contohnya seperti melakukan perawatan. Bukan hanya untuk tampil cantik, memberikan waktu pada diri sendiri juga dapat membuat pikiran menjadi tenang, sehingga meskipun kegiatan di rumah padat, Anda masih bisa tetap waras.

Itulah berbagai macam hiburan untuk ibu rumah tangga. Adanya upaya untuk menghibur diri berguna supaya membuat pikiran tetap waras dalam menjalani hari. Sehingga, walaupun sedang ada masalah, masih mampu berpikir secara jernih untuk bisa menyelesaikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.