Lompat ke konten

5 Cara Mengajarkan Anak 1 Tahun Agar Mau Sikat Gigi

Cara Mengajarkan Anak 1 Tahun Sikat Gigi

Mengajarkan anak 1 tahun agar mau sikat gigi, penting dilakukan oleh setiap orang tua. Apalagi pada usia tersebut, giginya sudah mulai tumbuh. Sehingga, sangat penting untuk menjaga kebersihan mulutnya agar tidak mudah menjadi sarang bakteri yang bisa menyebabkan penyakit pada mulut.

Ketika usia anak sudah menginjak 1 tahun, Anda sudah boleh untuk mengajarkannya menggosok gigi ketika ia sudah bisa memegang sikat giginya sendiri. Apalagi pada usia tersebut, pertumbuhan giginya sudah mulai lengkap.

Penting sekali bagi orang tua memilih jenis sikat dan pasta gigi yang tepat bagi si buah hati agar tidak berbahaya jika ia tak sengaja menelannya. Sebab, anak-anak pada usia tersebut biasanya rasa keingintahuannya cenderung tinggi, sehingga mereka sangat mencoba berbagai hal baru. 

Anak berusia 1 tahun belum paham bagaimana cara menyikat gigi yang benar karena kegiatan ini adalah pertama kali baginya. Oleh karena itu, sudah seharusnya ayah dan ibu mengajarkannya sekaligus sikap konsisten dalam hal menjaga kebersihan mulut.

Mengajarkan si kecil agar mau sikat gigi kenyataannya memang gampang-gampang susah. Biasanya mereka menolak ketika disuruh melakukannya. Oleh karena itu, mungkin Anda harus mengubah cara dalam menerapkan kebiasaan penting ini pada sang anak.

Begini cara mengajarkan anak 1 tahun agar mau sikat gigi. Jadi, ia bisa menjadikannya sebagai kebiasaan rutin yang teramat penting dan wajib dilakukan setiap hari.

1. Beri Anak Kesempatan untuk Memilih Peralatan Sikat Giginya Sendiri

Ketika usia si kecil sudah menginjak 1 tahun, pertumbuhan giginya sudah mulai lengkap dan sudah mulai bisa menggenggam barang dengan benar. Pada kondisi ini, para orang tua harus sudah siap dalam mengajarkan anak agar mau sikat gigi.

Cara mengajarkannya yaitu dengan memberikan si kecil kesempatan untuk memilih perlengkapan membersihkan mulutnya sendiri, misalnya ketika sedang berbelanja ke pertokoan. Saat ini sudah banyak beredar di pasaran sikat gigi dengan berbagai bentuk lucu sekaligus unik. Biasanya, barang tersebut memiliki bulu sikat lembut dengan jarak renggang yang cocok digunakan oleh anak kecil, jadi tidak akan melukai gusi maupun mulut saat digosokkan.

Tak hanya itu, ayah dan ibu sebaiknya memilih pasta gigi khusus anak karena formulanya lebih aman meskipun nantinya ada kemungkinan tidak sengaja tertelan. Produk khusus anak dirancang agar ia mau menjaga kebersihan mulutnya, sebab rasa dan aromanya manis seperti buah-buahan.

2. Ajak Si Kecil untuk Menyikat Gigi Bersama

Guna mempermudah cara mengajarkan anak 1 tahun agar mau sikat gigi, Anda perlu mengajak melakukannya bersama. Tujuannya supaya si kecil tau bagaimana memperagakannya secara benar.

Mengajak si kecil untuk menyikat gigi bersama memang gampang-gampang susah. Sebab kebanyakan anak akan kabur jika diajak untuk melakukan rutinitas penting tersebut. Padahal, kegiatan membersihkan mulut penting bagi kesehatan sekaligus kebersihan mulutnya.

Meskipun susah diajak, sebaiknya mulailah dari diri Anda sendiri dengan cara memperlihatkan betapa pentingnya rajin sikat gigi, khususnya saat mandi dan sebelum tidur. Tunjukkan di hadapannya bahwa Anda selalu konsisten melakukannya. Lambat laun, biasanya ia mulai menirukan kebiasaan baik orang tuanya tersebut.

Sebagai orang tua, Anda perlu memberitahu si buah hati betapa pentingnya menyikat gigi serta bahayanya apabila tidak rajin dilakukan. Dengan begitu, kesadarannya dapat tumbuh dengan sendirinya. Sering-sering ingatkan si kecil untuk melakukannya ketika mandi dan sebelum tidur agar menjadi kebiasaan setiap harinya.

Sekedar mengingatkannya dan memberitahunya untuk menggosok gigi, mungkin kedengarannya membosankan, bahkan tidak menyenangkan sama sekali. Supaya ia lebih bersemangat dan mau melakukannya, cobalah untuk mempraktekkannya bersama-sama dan berikan suasana menyenangkan.

3. Coba Ajak Si Kecil Menggosok Gigi di Depan Cermin

Anak berusia 1 tahun, biasanya sudah mulai tumbuh gigi tetapi belum mengerti bagaimana cara membersihkannya secara benar. Pada usia tersebut, ia sudah mulai bisa menggenggam sikat giginya sendiri, jadi Anda bisa mulai mengajarkannya supaya bisa menjadi kebiasaan rutin setiap hari.

Mengajaknya menggosok gigi di hadapan cermin besar di kamar mandi boleh Anda lakukan. Sebab dengan bantuan cermin, bayangan diri jadi lebih terlihat jelas agar si kecil lebih mudah mempraktekkannya.

Minta anak untuk melihat ke cermin supaya lebih mudah saat melihat Anda menggosok gigi. Contohkan cara menyikat gigi yang benar melalui cermin, lakukan secara perlahan dan tidak terburu-buru supaya anak bisa mengikutinya dengan baik.

Mulailah mempraktekkannya dari mencuci bersih sikatnya, mengoleskan pasta gigi, lalu menggosok gigi dengan benar dari atas ke bawah. Anda dapat memandu si buah hati dengan cara mengarahkan tangannya. Lakukan hal ini setiap hari ketika mandi dan sebelum tidur supaya anak jadi semakin terbiasa.

4. Tak Perlu Mempermasalahkan Teknik Menggosok Gigi

Anak 1 tahun termasuk masih sedang dalam masa tumbuh kembang serta belajar melakukan sesuatu. Sehingga, apabila ia masih sering melakukan kesalahan perihal teknik menggosok gigi meskipun sudah diajarkan berulang kali, sebaiknya jangan terlalu mempermasalahkannya. Sebab semakin hari ia pasti akan menemukan cara paling nyaman untuk menyikat giginya.

Menggosok gigi adalah kebiasaan baru bagi anak, jadi wajar apabila ia kerap kali melakukan kesalahan. Daripada hanya mempermasalahkan hal seperti ini, membangun kebiasaannya supaya rajin menggosok gigi saat pagi dan malam hari jauh lebih penting. Membangun kebiasaan tersebut sejak dini dapat terbawa hingga ia tumbuh dewasa kelak.

Sebagai orang tua, Anda bisa mengajarkannya teknik menggosok gigi yang benar. Ajarkan ia secara bertahap agar semakin paham bagaimana membersihkan gigi seharusnya. Jangan terlalu sering mengkritik agar ia tidak malas mempraktekkannya atau mungkin secara tiba-tiba anak menjadi tantrum akibat terlalu sering dikritik  dan akhirnya ia merasa selalu salah dalam berbuat apapun.

Cara sederhana membangun kebiasaan membersihkan gigi adalah sebagai orang tua selalu konsisten menunjukkan kebiasaan tersebut. Sehingga, buah hati Anda nantinya akan menirukan rutinitas tersebut karena dianggapnya memang sudah seharusnya ia lakukan.

5. Puji Kebersihan Gigi Anak

Sebagai orang tua yang baik dan perhatian, memberikan apresiasi atau pujian kepada sang buah hati teramat penting dilakukan. Bukan berarti anak haus pujian, namun adanya apresiasi mampu memberikannya motivasi untuk melakukan segala sesuatu dengan lebih baik lagi ke depannya.

Ketika anak berhasil menggosok giginya dengan benar dan rajin melakukannya saat mandi dan sebelum tidur, berikan ia apresiasi karena telah berhasil menjaga kebersihan mulut. Mungkin sesekali boleh memberikannya hadiah, sebab jika terlalu sering justru membuatnya melakukan segala sesuatu secara pamrih.

Memberikan pujian sederhana kepada anak mengenai kebersihan giginya, bisa membuat ia jadi termotivasi dan rajin melakukannya. Jadi, ayah dan ibu harus selalu mendukungnya agar anak bisa melakukannya setiap hari.

Itulah cara mengajarkan anak 1 tahun agar mau sikat gigi. Meskipun gampang-gampang susah, mengajak anak melakukannya setiap hari secara konsisten nantinya secara perlahan bisa membangun kebiasaan baik tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.