Lompat ke konten

7 Cara Cepat Mengajarkan Anak Membaca Sejak Dini

Cara Cepat Mengajarkan Anak Membaca

Mengasah kemampuan anak membaca sejak dini adalah hal baik. Sebab, hampir segala hal dalam aspek kehidupan membutuhkan kemampuan tersebut supaya bisa memahami sesuatu. Bahkan meskipun hal sederhana seperti petunjuk arah, poster, dan lain-lain.

Mengajari anak membaca sejak dini bukan perkara mudah karena membutuhkan cara yang tepat agar si kecil mudah belajar dan tidak cepat bosan. Banyak tips mengajarkan anak membaca secara cepat namun tidak seperti belajar karena dilakukan melalui hal-hal menyenangkan. Sebab, anak usia dini masih sangat senang bermain-main.

Sebab membiasakan si kecil perihal literasi sejak usia dini sangat penting bagi kehidupannya kelak, maka mengajarkannya pun sebaiknya dilakukan dalam keseharian. Bahkan sampai ia tak menyadari bahwa dirinya sedang belajar.

Tak hanya dengan bermain dan bercerita agar belajar baca lebih menyenangkan. Anda juga bisa mengajak si buah hati untuk memperkaya kosa katanya sambil melakukan kegiatan sehari-hari supaya lebih seru.

Melatih kemampuan literasi si buah hati memang sangat penting bagi kehidupannya. Maka dari itu, para orang tua perlu mengetahui cara cepat mengajarkan anak membaca sejak dini melalui tips-tips berikut ini.

1. Biasakan Anak Membaca Sejak Dini

Cara cepat mengajarkan anak membaca salah satunya adalah dengan menanamkan kebiasaan tersebut sejak usia dini. Mengenalkannya tentang berbagai manfaatnya akan membuatnya terbiasa menerapkannya hingga ia dewasa nanti.

Menerapkan kebiasaan baca kepada anak memang susah karena mereka tentunya harus mempelajari hal baru yang sebelumnya belum pernah ia lakukan. Oleh karena itu, menanamkannya kepada sang buah hati tak perlu terburu-buru, lakukan secara bertahap saja agar anak tak merasa sedang dipaksa oleh orang tuanya.

Anda bisa secara bertahap memberitahunya tentang banyaknya manfaat apabila suka membaca. Misalnya menambah wawasan, menghibur diri, dan lain sebagainya. Mulailah juga dari dini Anda sendiri sebagai orang tua, caranya dengan memberikan contoh atau teladan bahwa Anda pun melakukan kebiasaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Anak pasti mencontoh orang tuanya karena dianggapnya sebagai teladan. Maka dari itu, ketika ayah dan ibunya sering membaca, secara perlahan membuatnya tertarik untuk ikut melakukannya juga.

2. Tingkatkan Kemampuannya dalam Berbahasa dan Berkomunikasi

Cara cepat mengajari anak membaca sejak dini, yaitu sebagai orang tua Anda perlu meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa dan berkomunikasi. Kemampuan berbahasa dan berkomunikasinya juga berkaitan dengan kesadaran fonemik dan kesadaran fonetik.

Kesadaran fonemik adalah kemampuan mendengar sekaligus memanipulasi suara berbeda menggunakan kata-kata. Sedangkan kesadaran fonetik yaitu memahami hubungan antara huruf dan suara yang dihasilkan.

Membangun kesadaran fonemik dan fonetik atau fonologi sangat penting guna menumbuhkan kemampuannya dalam memahami kata-kata. Sering berkomunikasi bersama si kecil dengan baik akan menumbuhkan kedua kesadaran tersebut.

Ayah dan ibu yang sudah sering mengajak anaknya membaca sejak usia buah hatinya kurang dari satu tahun, kemampuan anaknya ketika berkomunikasi dan berbahasa menjadi sangat baik ketika nanti usianya sudah mencapai satu tahun. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan pada  penelitian tentang hubungan antara membaca dengan kemampuan berkomunikasi serta berbahasa oleh Journal of Applied Developmental Psychology.

3. Perbanyak Kosakata dengan Latihan

Tips mengajari anak membaca selanjutnya yaitu dengan memperbanyak kosakata melalui latihan sesering mungkin. Jika hanya memperbanyak kosakata melalui buku cerita saja kedengarannya mungkin sangat membosankan bagi si buah hati. Oleh karena itu, sebaiknya mencari bahan lain, jadi seolah-olah si kecil tidak merasa seperti dipaksa belajar.

Hampir sama dengan mengajarinya belajar Bahasa Inggris karena berbeda bahasa. Memperbanyak menghafal kosakata juga penting supaya kemampuan literasinya semakin baik dari waktu ke waktu.

Memperkaya kosakata dapat meningkatkan kemampuan literasinya. Anda bisa mengajarkannya melalui berbagai kegiatan sehari-hari, misalnya membaca plang jalan, kemasan produk makanan, dan lain sebagainya.

Selain itu, bisa juga menggunakan berbagai media atau permainan menyenangkan. Media yang bisa digunakan untuk belajar salah satunya adalah kartu kata. Kartu ini berisi tulisan sederhana untuk dibaca oleh anak, jadi ia harus menyuarakan kata-kata di kartu kata tersebut untuk mengukur kemampuan bacanya.

Apabila mampu memperbanyak kosakata dan sering latihan membaca setiap waktu tanpa merasa seperti dipaksa belajar, anak lebih cepat dalam membaca karena sudah terbiasa memperhatikan sekaligus membaca berbagai tulisan di sekitarnya.

4. Biarkan Si Kecil Memilih Buku Cerita Kesukaannya

Cara cepat mengajarkan anak membaca berikutnya, yaitu membiarkan si kecil memilih sendiri buku cerita kesukaannya. Bisa jadi ada buku yang menurutnya menarik, namun belum tentu menarik bagi orang tuanya.

Memberikannya kesempatan memilih buku cerita kesukaannya mampu membuatnya semakin termotivasi dalam belajar. Sehingga, ia bisa membaca lebih cepat karena sudah memilih sesuatu yang memang disukainya.

Apapun buku-buku pilihannya, gunakan saja sebagai latihan. Dukung ia untuk memahami apa yang sedang dibacanya. Ajarkan mulai dari mengeja, hingga mampu membaca secara sempurna secara bertahap.

Anak usia dini biasanya belum mengerti mengenai genre buku cerita, sebaiknya Anda tetap selektif memilihkannya sesuai dengan usianya meskipun juga membebaskannya. Maka dari itu, mengajaknya ke tempat khusus buku cerita anak adalah solusi terbaik.

5. Latihan Membaca dengan Bersuara Lantang

Tips membuat anak cepat membaca yaitu mengajaknya untuk sering latihan menggunakan suara lantang. Cara ini efektif untuk membuatnya lebih paham bagaimana isi tulisan di dalamnya sekaligus memperkaya pemahaman kosakatanya.

Gunakan metode lihat dan ucapkan, sebab sering menerapkan metode ini membuat buah hati Anda jadi tergerak untuk membaca kata-kata di hadapannya. Selain belajar melalui tulisan di sekitarnya, Anda juga bisa membuatkannya tulisan di kertas dengan ukuran huruf besar agar mempermudahnya belajar membaca.

Tuliskan kata-kata tersebut mulai dari per huruf, per suku kata, hingga kalimat sederhana. Menerapkan cara ini membuat si kecil mampu berkomunikasi dengan baik sekaligus mengasah kemampuan bacanya.

Apabila kemampuan si kecil sudah mulai mendekati sempurna, Anda bisa mengajaknya latihan melalui buku cerita. Minta ia membacakan cerita secara lantang agar semakin baik lagi.

6. Kenalkan pada Lingkungan dan Kebaikan Membaca

Menjadikan anak cepat membaca, maka sebagai orang tua Anda harus mengenalkannya terlebih dahulu pada lingkungan membaca. Ceritakan pula kebaikan atau manfaat jika melakukannya, agar ia jadi semakin termotivasi.

Mengenalkan anak pada kebiasaan membaca, bisa dimulai dari lingkungan keluarga. Jadi, orang tuanya sendiri juga harus mencontohkan bahwa membaca itu tidak buruk sama sekali dan sebaiknya sering dilakukan agar membentuk kebiasaan baik.

Jelaskan pula padanya bahwa membaca membawa banyak kebaikan, misalnya menambah ilmu pengetahuan, tahu dunia luar, mampu memahami sesuatu dengan baik, dan lain sebagainya. Sering memberikannya buku cerita anak sederhana dan mengajak si buah hati membacakannya bersama dijamin merupakan cara efektif mengajari anak cepat membaca.

7. Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Adanya kecanggihan teknologi masa kini, dapat membantu manusia hampir untuk semua aspek kehidupan. Salah satu aspek kehidupan tersebut adalah belajar membaca anak.

Tips mengajarkan anak membaca cepat bisa dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, seperti ponsel pintar, tablet, laptop, maupun komputer. Banyak aplikasi yang bisa diunduh guna membantu mengasah kemampuan membaca anak usia dini. Biasanya aplikasi tersebut memiliki fungsi mirip kartu kata, dengan ciri khas fontnya menarik dan berukuran besar, serta tersedia warna-warna ceria untuk membantunya belajar.

Itulah berbagai cara cepat mengajarkan anak membaca sejak dini. Mengajarkannya secara rutin sejak dini dapat membuat kemampuan membacanya jadi semakin baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.