Lompat ke konten

Cara Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak di Rumah

Cara mengajarkan bahasa inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dikuasai karena pentingnya bahasa ini dalam bidang akademis maupun dalam dunia kerja. Kemampuan bahasa asing ini bukan merupakan suatu kemampuan turunan sehingga harus dipelajari terlebih dahulu.

Belajar bahasa asing tidak mengenal usia. Bahkan semakin dini anak belajar berbahasa asing, akan semakin mahir kemampuannya menggunakan bahasa tersebut. 

Membiasakan berbahasa asing sedini mungkin  lebih efektif untuk membuatnya mahir berbahasa Inggris apabila dibandingkan ketika mempelajarinya saat dewasa. Karena otak anak saat itu masih berkembang dan membuat ingatan lebih menetap dalam jangka panjang.

Nah, berikut beberapa cara mengajarkan bahasa Inggris efektif kepada anak sedari kecil dengan sarana yang ada di rumah.

1. Mengajarkan bahasa Inggris secara rutin di rumah

Cara pertama untuk mengajarkan bahasa Inggris adalah menyediakan satu waktu dalam sehari untuk rutin menggunakannya di rumah. Jika Anda ingin anak mahir berbahasa Inggris, konsistensi dalam mengajarkannya menjadi sebuah tantangan. Dengan aktivitas rutin dilakukan, kegiatan belajar ini menjadi suatu kebiasaan dan tidak memberikan beban ke anak.

Luangkan waktu sekitar 15 menit hingga 30 menit dalam sehari untuk berkomunikasi dengan anak menggunakan bahasa Inggris. Anda bisa memilih rentan dimana anak memiliki fokus dan konsentrasi yang baik serta keadaan yang kondusif. Tergantung pada masing-masing anak.

Meski belajar, jangan jadikan hal tersebut menjadi sesuatu yang menyeramkan. Tetap bangun suasana belajar menyenangkan. Anda juga bisa menyelingi dengan kegiatan menyenangkan seperti bermain bersama, menyanyi atau bercerita namun tetap menggunakannya saat berkomunikasi.

Pembelajaran yang dijadikan sebagai sebuah kebiasaan dan rutinitas singkat dirasa lebih efektif untuk diajarkan ke anak daripada waktu panjang. Sebab biasanya anak akan lebih ingat dengan sesuatu berulang daripada sesuatu yang diajarkan sekali.

2. Perkenalkan kosakata bahasa Inggris dengan lagu

Cara kedua yang efektif untuk mengajarkab bahasa Inggris adalah menggunakan lagu sebagai sarana pembelajaran. Ini merupakan salah satu cara yang menyenangkan baik untuk anak maupun untuk orang tua saat mengajarkannya.

Anda bisa menyetel lagu-lagu berbahasa Inggris yang sesuai dengan usianya untuk didengarkan oleh anak. Setiap mendengarkan lagu terbaru, buah hati Anda akan memperoleh kosakata yang baru. Tugas orang tua adalah mendampinginya dan menjelaskan kepadanya kosakata baru yang belum ia mengerti.

Dengan lagu pula, buah hati Anda akan tidak cepat bosan. Apalagi lagu-lagu yang bertema senang dengan video klip animasi yang menggemaskan, pasti anak akan antusias untuk belajar.

Sebelumnya, pilah terlebih dahulu lagu yang bisa didengar anak. Usahakan lagu memiliki arti sederhana namun makna yang juga bisa menjadi pembelajaran bagi buah hati Anda.

3. Belajar bahasa Inggris lewat buku cerita dan dongeng

Cara lain yang bisa Anda coba untuk memperkenalkan dan membiasakan bahasa Inggris kepada buah hati Anda adalah membeli buku cerita atau mendongeng kepadanya dengan berbahasa Inggris. Anda bisa memilih buku-buku sederhana yang mudah dipahami baik secara tata bahasa maupun makna yang akan disampaikan, sehingga lebih mudah Anda mengajarkannya kepada buah hati Anda.

Saat kanak-kanak, imajinasi yang dimiliki begitu jelas dan kuat. Sehingga anak menyukai cerita dan dongeng karena hal tersebut bisa membangun imajinasinya. Oleh karena itu, memperkenalkannya dengan memberikannya buku cerita atau mendongeng dirasa efektif untuk menumbuhkan kebiasaan bahasa tersebut.

Selain itu, dengan mendongeng otomatis anak akan belajar mengenai cara membaca dan logatnya. Sehingga kemampuan reading dan speakingnya berkembang dengan lebih baik. 

Dengan visual dan suara, anak akan cenderung lebih mudah menyerap berbagai informasi yang disampaikan meski dengan bahasa berbeda. Oleh karena itu cara ini mungkin patut Anda coba karena saranya cukup mudah ditemukan di rumah.

4. Memadukan bahasa Inggris dalam aktivitas bermain

Membiasakan anak berbahasa inggris memang bukan sesuatu yang mudah. Jika cara-cara di atas masih sulit dilakukan. Anda sebagai orang tua mungkin bisa mencoba cara satu ini. Yaitu memadukan bahasa Inggris dengan anak saat sedang bermain. Sehingga anak tidak merasa ini sebagai suatu pembelajaran dan akan dengan mudah menerimanya.

Misalnya, anak senang bermain petak umpet. Nah, Anda bisa menyelipkan bahasa tersebut lewat angka yang biasanya disebutkan ketika menunggu orang lain untuk bersembunyi. Ini merupakan salah satu cara yang lembut untuk memperkenalkannya kepada anak-anak.

Namun demikian, untuk melakukan hal ini Anda perlu memperhatikan kondisi hati anak. usahakan ketika melakukannya, buah hati Anda berada dalam kondisi senang dan sedang tidak rewel. Sehingga ilmu yang hendak disampaikan bisa didengar dan diterima oleh anak.

5. Menonton film berbahasa Inggris bersama

Karakteristik anak dalam menyerap suatu informasi mungkin berbeda-beda. Ada yang lebih suka diceritakan dan melihat gambar, lebih suka bermain atau mendengarkan lagu. Atau ada juga yang senang mengkombinasikannya.

Nah, jika buah hati Anda adalah tipe yang terakhir, yaitu menyenangi visual, suara dan musik, Anda bisa menggunakan sarana film sebagai cara memperkenalkannya kepada anak. tentunya film yang diputar adalah film yang sudah Anda pilihkan sehingga sesuai dengan usianya.

Biarkan anak menikmati filmnya terlebih dahulu, ia mungkin akan sesekali bertanya mengenai arti sebuah kata. Tugas Anda adalah mendampinginya dan menjelaskan kepadanya apa yang ia tidak mengerti. Baru setelah film selesai diputar, Anda bisa mengajak anak merefleksi apa saja yang ia peroleh dari film tersebut. Kosakata baru apa yang bisa didapatkan saat menonton film.

6. Belajar menulis puisi berbahasa Inggris

Selain kemampuan berbicara, bahasa asing yaitu Inggris juga memerlukan kemampuan menulis. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan penulisannya adalah dengan menulis puisi berbahasa asing salah satunya  Inggris. Anda bisa meminta anak menulis dengan mengejanya.

Dengan begitu, buah hati Anda akan belajar mengenai bagaimana penulisan yang benar. Anda bisa mengajarkan kata sederhana untuk digunakan anak belajar. Sambil sedikit mengajarinya mengenai bagaimana cara membacanya.

Lakukan kegiatan ini dengan suasana yang menyenangkan. Seperti di teras rumah saat sore hari, atau siang hari sambil bermain santai di ruang tengah. Tentunya tetap dengan memperhatikan situasi dan kondisi anak tanpa unsur memaksa. Sehingga ilmu yang hendak diajarkan lebih mudah diserap oleh anak yang sedang berkembang otaknya.

Nah, berikut merupakan lima cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengajarkan berbahasa Inggris di rumah. Memang, menjadikan bahasa sebagai sesuatu kebiasaan bukan sesuatu yang mudah. Anda perlu tekad dan keteguhan hati saat melakukannya. Pastikan kedua belah pihak telah siap melakukannya.

Jadi selain melihat kondisi anak, pastikan juga Anda memiliki mental yang kuat serta bahan ajar yang sesuai. Sehingga tujuan bisa dicapai dan tetap menyenangkan. Konsistensi Anda dalam mengajarkannya juga menjadi salah satu faktor keberhasilan Anda mengajarkannya kepada buah hati Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.