Lompat ke konten

8 Aplikasi Parenting Untuk Membantu Bunda Memantau Anak

Aplikasi parenting

Saat ini, perangkat smartphone menjadi salah satu hal yang lazim digunakan oleh anak-anak. apalagi semenjak datangnya wabah pandemi, segala kegiatan pembelajaran dilakukan melalui metode online dengan perangkat smartphone.

Namun demikian, sebagai orang tua Anda pasti tetap merasa khawatir ketika buah hati Anda menggunakan smartphone secara berlebihan. Sehingga ketika anak menggunakan smartphone, sebisa mungkin Anda mengawasinya.

Namun bagi Anda yang bekerja, pengawasan yang dilakukan tidak bisa dilakukan secara langsung. Tak perlu khawatir sebab dewasa ini telah hadir aplikasi yang dapat membantu memantau kegiatan anak dengan smartphonenya. Sehingga Anda tetap bisa mengawasinya meski tidak berada di satu tempat yang sama. 

Nah, berikut 8 aplikasi parenting yang bisa Anda gunakan untuk membantu memantau anak saat menggunakan smartphone.

1. Kids Place-Parental Control

Rekomendasi aplikasi parenting yang bisa digunakan untuk mengawasi anak dengan smartphone nya adalah Kids Place-Parental Control. Aplikasi ini merupakan aplikasi pembatas akses buah hati Anda yang bisa diunduh di android.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat memberikan batasan akses terhadap sebuah situs. Juga sebagai asisten orang tua untuk mencegah anak melakukan kegiatan yang tidak disukai karena dapat membahayakan dirinya. Seperti membuat panggilan atau SMS, mendownload aplikasi baru atau membuka aplikasi yang berbahaya.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur waktu anak untuk menggunakan smartphone dengan fitur timer lock. Sehingga ketika waktu yang diberikan telah habis, anak tidak dapat membuka aplikasi dan laman. Keunggulan aplikasi ini adalah tidak membutuhkan sambungan internet untuk mengaturnya, dan tentunya gratis untuk digunakan orang tua mengawasi buah hatinya.

2. Aplikasi Parenting Kaspersky Safe Kids

Rekomendasi aplikasi parenting pantau yang kedua adalah Kaspersky Safe Kids. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau lama atau aplikasi apa yang dibuka oleh anak. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghentikan anak mengunjungi situs yang berbahaya dengan mengunci situs tersebut.

Nah, jika Anda sedang tidak berada berdekatan dengan anak, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi mengenai lokasi anak dengan peta, mengatur area aman anak dan memberi tahu jika anak keluar dari area tersebut, serta menerima informasi mengenai aktivitas buah hati Anda melalui email. 

Aplikasi ini bisa diunduh di smartphone cerdas baik android mau pun iOS. Aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang aktivitas hariannya bekerja dan tidak dapat mengawasi anak terus-menerus.

Selanjutnya, aplikasi parenting pantau buah hati adalah Google Family Link. Google Family Link dapat digunakan untuk menetapkan aturan pada buah hati mengenai  internet dan smartphone. Baik untuk bermain, atau pun belajar. 

Dengan Google Family Link, Anda dapat menyetuhui atau menolak aplikasi yang hendak diunduh oleh anak Anda. Selain itu, juga dapat menyembunyikan laman yang dapat membahayakan untuk digunakan anak.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengetahui aktivitas apa yang dilakukan buah hati Anda dengan ponselnya. Canggihnya, segala pengaturan tersebut bisa Anda lakukan dari jarak jauh. Sehingga praktis saat digunakan.

4. MMGuardian Parental Control

Aplikasi parenting keempat yang bisa digunakan untuk mengawasi anak dalam menggunakan ponsel pintarnya adalah MMGuardian Parental Control. Aplikasi ini dapat melindungi buah hati Anda dari cyberbullying dan sexting.

Aplikasi ini menggunakan kecanggihan Artificial Intelligence (AI) yang berfungsi memberi peringatan ketika terdapat gambar yang tidak pantas terdeteksi masuk ke ponsel. Juga bisa memblokir pesan dengan kontak berbahaya.

Keunggulan aplikasi ini adalah dapat menemukan posisi ponsel anak, melakukan pemblokiran pada panggilan atau pencarian pada situs yang tidak diinginkan atau membahayakan, juga membatasi waktu anak untuk membuka ponsel beserta sambungan internet.

5. Plano-Parental Control & Kisd Screen Time App

Jika buah hati Anda suka bermain game di ponsel pintarnya, Anda bisa menggunakan aplikasi parenting ini untuk membatasinya. Aplikasi Plano membuat Anda dapat mengawasi penggunaan berbagai fitur dan aplikasi agar tidak merusak penglihatan anak.

Sehingga ketika bermain, anak tidak mendekatkan layar ke mata dan tidak terlalu banyak radiasi yang dapat merusak kesehatan mata. Dengan Plano, orang tua dapat memantau deteksi layar ke layar, petunjuk pengistirahatan mata, postur, mendeteksi cahaya rendah, dan memberikan filter ke mata berupa cahaya biru.

Orang tua juga dapat melakukan penguncian jarak apabila anak terlalu dekat dengan screen. Menggunakan aplikasi ini mempermudah Anda memonitoring kesehatan mata anak sehingga kesehatannya tetap terjaga.

6. SecureTeen Parental Control

Selanjutnya adalah aplikasi parenting SecureTeen Parental Control. Aplikasi ini memudahkan Anda melakukan pengawasan pada penggunaan ponsel pintar anak bahkan selama 24 jam penuh.

SecureTeen Parental Control diciptakan untuk mengasihi anak dengan memeriksa riwayat web yang telah dibuka, memantau jejaring sosial, dan mengontrol semua aktivitas yang dilakukan buah hati Anda pada ponsel pintarnya.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui playstore maupun app store. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tidak lagi khawatir saat anak menggunakan ponsel pintarnya bahkan jika tidak bersama ataupun berdekatan dengan Anda.

7. Qustodio Parental Control

Aplikasi parenting Qustodio memungkinkan Anda mengatur batas aplikasi maupun game yang terpasang di ponsel anak. Sehingga penggunaannya tidak berlebihan dan sesuai dengan batasan waktu yang Anda berikan sebagai peraturan bermain gadget.

Selain itu, Qustodio juga dapat melacak, memfilter, dan memantau SMS yang masuk hingga melacak keberadaan ponsel anak Anda. Sehingga memudahkan Anda melakukan pemantauan pada buah hati Anda.

Anda bisa mendownload Qustodio Parental Control di ponsel pintar. Keunggulan aplikasi ini adalah user friendly atau fiturnya mudah dimengerti. Sehingga cocok digunakan untuk Anda yang tidak terlalu memahami penggunaan berbagai aplikasi di smartphone.

8. ESET Parental Control

Terakhir, rekomendasi aplikasi parenting yang bisa Anda gunakan untuk memantau kegiatan anak dengan smartphone nya adalah ESET. ESET menggunakan kecanggihan teknologinya untuk melakukan pemblokiran pada situs yang tidak diinginkan dan tidak pantas dilihat anak.

Anda bisa memasukkan usia anak agar aplikasi dapat menyesuaikan laman apa saja yang tidak diperbolehkan ditonton oleh anak Anda. Seperti perjudian,  atau pun pornografi, situs tersebut akan otomatis terblokir pada ponsel anak. 

Selain itu, Anda juga bisa memberikan batasan waktu anak menggunakan aplikasi atau game tertentu. Sehingga tidak ada penggunaan secara berlebihan. Nah, jika Anda berada jauh dari anak, Anda juga bisa memantau keberadaan buah hati Anda melalui aplikasi ini.

Nah, berikut 8 rekomendasi aplikasi parenting yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengawasan kepada anak. dengan mengawasi penggunaannya, Anda bisa meminimalisir segala efek buruk yang akan diterima anak ketika menggunakan gadget.

Sebelum memasang aplikasi ini, pastikan Anda telah memberitahu anak terlebih dahulu. Sebagai orang tua yang bertanggung jawab, kita wajib memberitahunya mengenai berbagai peraturan dan konsekuensi ketika melanggar peraturan tersebut. Sehingga anak akan lebih mudah untuk dikontrol.

Anda jadi bisa tenang dan membiarkan anak mengeksplorasi dunia dengan aman. Sehingga ia tetap bisa tumbuh berkembang dengan berbagai kemajuan teknologi yang ada dengan efek buruk yang lebih kecil. Sehingga Anda tidak dianggap memiliki hubungan toxic parenting dengan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.