Lompat ke konten

7 Cara Menghitamkan Rambut Anak Secara Alami dan Efektif

/ Diverifikasi oleh: Tim Better Parent

Cara Menghitamkan Rambut Anak Secara Alami dan Efektif

Rambut anak yang sehat, hitam berkilau, lebat, dan lembut adalah dambaan bagi setiap orang tua. Apalagi di Indonesia, mayoritas masyarakatnya memiliki rambut berwarna hitam.

Oleh karena itu, banyak yang mencari bagaimana cara menghitamkan rambut. Terutama para orang tua, banyak mencari cara tradisional yang ampuh untuk membuat rambut anaknya tidak hanya menjadi hitam berkilau, tetapi juga sehat dan lembut.

Apalagi anak saat usia aktifnya sangat suka bermain di luar ruangan sampai berkeringat dan terkena sinar matahari atau air hujan secara langsung. Di mana hal ini menjadi rentan membuat rambutnya menjadi berwarna kemerahan tidak sehat, bercabang, patah, dan berketombe.

Warna hitam rambut pada anak secara alami dipengaruhi oleh genetik dari orang tuanya. Cara menghitamkan rambut tentu tidak bisa sembarangan, sebab harus bisa merawatnya supaya tidak cepat rusak dan kilau hitamnya tetap terjaga.

Cara menghitamkan rambut anak tidak hanya dengan perawatan dari luar saja, tetapi juga harus dengan perawatan dari dalam tubuh. Berikut adalah cara menghitamkan rambut secara alami dan efektif yang bisa Anda terapkan pada anak di rumah:

1. Ekstrak Biji Kemiri

Minyak kemiri sudah dikenal sejak zaman dahulu kala untuk menghitamkan rambut sekaligus menjaga kilaunya agar tetap terlihat sehat terawat. Sehingga banyak orang menggunakan perawatan dengan minyak kemiri untuk menjaga kecantikan rambut mereka.

Tidak hanya membuat rambut jadi hitam dan berkilau, kandungan minyak kemiri juga bermanfaat untuk menyuburkan sekaligus membuat rambut jadi lebat. Saat ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan produk minyak kemiri di swalayan atau apotek terdekat.

Akan tetapi, apabila Anda ingin membuatnya sendiri di rumah tidak menjadi masalah. Cukup siapkan kemiri sebanyak kurang lebih 400-500 gram kemudian dihaluskan sampai benar-benar halus dengan blender atau ditumbuk secara manual.

Langkah selanjutnya adalah rebus kemiri yang telah ditumbuk tadi dengan segelas air 250-300 ml hingga mendidih. Setelah mendidih, saring ampas kemiri dan sisakan air rebusannya saja.

Air rebusan kemiri tadi dibiarkan hingga dingin dan mengental. Setelah itu Anda baru dapat mengoleskannya pada rambut anak dari pangkal hingga ke ujung rambut.

Jangan lupa memijat kepala si kecil supaya khasiat dari kemiri ini dapat menyerap dengan sempurna. Lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih.

Menggunakan minyak atau ekstrak kemiri untuk menghitamkan rambut, dapat digunakan pada bayi, maupun balita 2 tahun untuk mempercepat pertumbuhan rambut mereka. Cara ini terbukti dapat menghitamkan rambut secara permanen apabila rutin dilakukan.

2. Minyak Kelapa

Virgin Coconut Oil atau minyak kelapa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Termasuk untuk kesehatan tubuh dan rambut.

Tidak kalah mujarab dari kemiri, minyak kelapa juga terbukti ampuh untuk membuat rambut menjadi sehat dan hitam berkilau. Selain itu, minyak kelapa juga bermanfaat untuk menguatkan akar rambut dan menjaga kelembabannya agar tidak mudah rontok dan kering.

Menggunakan minyak kelapa untuk menghitamkan rambut bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Cukup hangatkan minyak kelapa di atas api (jangan sampai mendidih), lalu pijatkan pada kulit kepala si kecil supaya khasiatnya dapat menyerap dengan baik. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas sampai bersih.

Supaya khasiatnya lebih efektif, Anda dapat mencampurkan minyak kelapa dengan air perasan lemon dalam takaran seimbang sesuai dengan panjang dan tebal rambut. Khasiat lemon, yaitu membantu melawan ketombe, menjaga kekuatan akar rambut, serta merangsang produksi kolagen di kulit kepala untuk perbaiki sel kulit mati.

Cara ini dapat digunakan ketika rambut anak sudah banyak yang tumbuh, biasanya saat ia sudah umur 2 tahun atau balita. 

3. Minyak Zaitun

Tidak hanya untuk menghaluskan dan mempercantik kulit, manfaat minyak zaitun juga bagus untuk perawatan rambut hitam dan berkilau. Minyak zaitun mampu memberikan kelembaban maksimal pada rambut, sekaligus menjaga kilau hitam alaminya.

Cara menggunakannya untuk menghitamkan rambut adalah cukup tuangkan minyak zaitun sebanyak 5 tetes pada telapak tangan, lalu gosok telapak tangan hingga hangat. Setelah itu pijatkan dan usapkan minyak zaitun yang sudah hangat tersebut pada kulit kepala anak.

Selanjutnya, diamkan selama semalaman kemudian bilas hingga bersih saat esok paginya. Disarankan untuk membilasnya juga dengan shampo supaya kulit kepala tidak terasa gatal dan rambut menjadi kempes.

Perawatan rambut dengan minyak zaitun ini sebaiknya digunakan pada anak di atas usia 5 tahun. Sebab, dikhawatirkan dapat menimbulkan rasa gatal di kulit kepala pada anak bayi atau balita karena kulit kepalanya belum sekuat anak di atas 5 tahun.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya sejak zaman dahulu juga terkenal dalam hal menghitamkan rambut. Cara menghitamkan rambut secara alami dan efektif menggunakan lidah buaya sangat mudah dilakukan. 

Anda dapat menggunakan lidah buaya dengan daging yang cukup tebal. Cukup ambil daging tanpa kulitnya, lalu dihaluskan sampai lembut.

Sebenarnya, tidak perlu mencuci lidah buaya karena khasiatnya didapatkan dari lendir yang berasal dari dagingnya. Jika Anda ingin mencucinya, cukup cuci lidah buaya dengan air bersih dan mengalir ketika kulitnya masih menempel untuk membersihkan sisa tanah dan kotoran yang ada di permukaan kulitnya

Lidah buaya yang tadi telah dihaluskan itu dapat digunakan sebagai masker rambut alami. Oleskan lendir lidah buaya dari pangkal rambut hingga ujungnya sambil dipijat, diamkan selama 15-20 menit lalu bilas hingga bersih dengan shampo.

Supaya hasilnya maksimal, gunakan masker lidah buaya secara rutin untuk mempertahankan kilau rambut sekaligus membuatnya menjadi lebih hitam dengan cepat.

5. Masker Alpukat

Buah alpukat selain rasanya enak dan memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sekaligus menghitamkan rambut secara alami. Perawatan rambut dengan buah alpukat adalah dengan dibuat sebagai masker alami. 

Masker rambut alpukat ini bermanfaat untuk menebalkan rambut dan memperkuat akarnya karena mengandung protein sehingga membuat rambut menjadi tampak hitam dan sehat berkilau.

Cara membuat masker rambut alami dari buah alpukat, yaitu dengan mengambil daging buahnya yang sudah matang kemudian dihaluskan. Lalu daging buah alpukat yang sudah halus ini dicampur dengan kuning telur dan satu sendok teh minyak zaitun, setelah itu diaduk sampai tercampur merata.

Setelah sudah menjadi masker, oleskan pada pangkal hingga ujung rambut anak. Diamkan selama 30 menit supaya khasiat masker rambut alpukat ini dapat menyerap sempurna pada kulit kepala, kemudian bilas hingga bersih dengan shampo.

Gunakan cara ini untuk anak yang sudah mulai tumbuh rambut, seperti anak usia 2 tahun agar rambutnya cepat lebat dan kuat, sehingga tidak mudah rontok.

6. Menggunakan Shampo yang Tepat

Menggunakan bahan-bahan alami untuk menghitamkan rambut, tanpa diimbangi dengan perawatan rambut dengan shampo yang tepat untuk anak tentu tidak akan maksimal dan efektif hasilnya. Sebab, shampo mengandung bahan aktif pendukung untuk membantu menghitamkan rambut pada si kecil.

Kegunaan shampo tidak hanya untuk membersihkan kulit kepala saja, tetapi juga untuk mempertahankan keharuman dan menunjang kesehatan serta pertumbuhan rambut. Gunakan shampo dengan kandungan khusus untuk menghitamkan rambut pada anak, seperti minyak kemiri, minyak kelapa, dan pro vitamin B5.

7. Menjaga Asupan Makanan Bergizi

Melakukan perawatan rambut dari luar supaya sehat dan hitam berkilau, tentu tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan asupan makanan bergizi seimbang pada anak. Faktor kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi.

Rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A, vitamin B7, B9, dan B12 banyak berperan untuk menutrisi rambut. Kandungan vitamin ini dapat banyak ditemukan pada sayuran, buah-buahan, telur, susu, dan hati.

Kandungan gizi lain yang dibutuhkan anak adalah makanan dengan kandungan omega 3, vitamin C, protein, vitamin E, dan asam folat yang membantu dalam menghitamkan dan mempertahankan kilau rambut, sekaligus berperan penting dalam pertumbuhan rambut si kecil.

Pastikan memberikan si kecil asupan makanan bergizi seimbang yang porsinya sesuai dengan usianya.

Itulah cara menghitamkan rambut anak secara alami dan efektif sekaligus mempertahankan kilaunya. Melakukan ketujuh cara tersebut secara rutin akan membuat rambut si kecil lebih sehat dan hitam berkilau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.