Lompat ke konten

9 Aplikasi Belajar Membaca untuk Anak Sejak Dini

Aplikasi belajar membaca

Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali kecanggihan teknologi yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Selain munculnya berbagai aplikasi media sosial, ternyata juga hadir aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar. Jika Anda memiliki anak yang belum bisa membaca, Anda bisa memanfaatkan aplikasi belajar membaca.

Dengan belajar menggunakan aplikasi di ponsel pintar, anak-anak menjadi tidak cepat bosan. Bahkan mungkin ia tidak menyadari bahwa ia sedang dalam proses belajar, sehingga lebih banyak ilmu yang bisa diserap. Penasaran apa saja aplikasinya? Berikut 9 aplikasi belajar membaca untuk anak usia dini. Simak selengkapnya!

1. Marbel: Lancar Membaca 

1KPZRBWI7 vcHbavu4lksN4I4DKjKXWJc LcOTZrTcSLRUSd5QdH4HZiKnOCnMN 4 YfiPjIy Er0FZcyHT9r8i CMZuy1DD D88w 3pFJnMSGWyduu3kRHq09936JDyw6eN znB5Y3H2syTU0PUFKvd4yDgJg9W7Ojc t8sqQ7lsQU2VpnhHeU7qkyBG2Ml

Aplikasi belajar membaca untuk anak usia dini yang pertama adalah Marbel: Lancar Membaca. Aplikasi ini bisa diunduh bagi Anda yang memiliki perangkat ios. Tidak perlu khawatir karena penggunaannya gratis tanpa dipungut biaya apapun, Anda tinggal download saja dan bisa digunakan untuk anak.

Marbel Belajar Membaca dan Mengeja adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk anak usia 6-8 tahun untuk mendukung kemampuan literasinya. Tenang, sejak umur 4 tahun Anda mulai bisa mengenalkannya. Dengan satu aplikasi saja, Anda bisa mengenalkan huruf abjad dari A sampai Z, membedakan antara huruf vokal dan huruf konsonan, juga diajarkan untuk mengeja per suku kata.

Belajar dengan gambar yang menarik dan suara menggemaskan tentu akan sangat menarik untuk si kecil. Tetapi perlu diingat, harus selalu ada pengawasan dari orang tua. Sebab anak bisa menyerap dengan lebih baik ketika mendapatkan penjelasan.

2. Mari Belajar Membaca-Anak2U

rUlnmwkAAFFXWZNKwkFgygZkBoemQp80kBbFiAo9wujMx17CWu61bgot saZyc1JTTO3 yJTveSKacFdTQhg5ARq

Selanjutnya adalah Mari Belajar Membaca-Anak2U. Aplikasi belajar membaca ini merupakan salah satu aplikasi pendidikan khusus untuk anak-anak, bisa digunakan untuk belajar literasi. Terdapat modul permainan serta pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan buah hati Anda. ada beberapa modul paket pembelajaran mulai dari pola kata KV+KV, hingga pola KVK+KVK.

Tidak hanya game saja, anak-anak bisa mendengarkan ejaan dengan suara. Kosakata yang hadir adalah benda-benda yang dekat dengan kehidupan kita. Ada dua jenis permainan mini yang bisa dimainkan untuk meningkatkan kemampuan membaca. 

3. Sekolah Enumera: Bahasa Indonesia 

JK4itvYEr JJp3dBrBSZbAm00s5n3lyteiBx4oKsM97jZ5LvatPfPXUl7m6hXYt8CZ7EOQyta0k9tYABooSvG3l9 64JB5AVu1h9cL8wOa

Sekolah Enumera Bahasa Indonesia merupakan platform yang bisa dimanfaatkan untuk anak belajar mengenai literasi. Mulai dari mengenal abjad, hingga membaca buku cerita pendek yang dirancang khusus untuk buah hati Anda. Aplikasi ini bisa digunakan mulai umur 4 tahun hingga 9 tahun. 

Setiap hari anak bisa belajar sambil bermain kapan saja dan dimana saja. Sebab platform pendidikan satu ini dirancang dengan sangat baik. Selaras dengan kurikulum nasional yang sudah banyak disetujui oleh para ahli, adanya tes di awal untuk mengetahui kemampuan anak, serta desainnya yang dibuat ramah anak. 

4. Membaca Bersama Budi

C8EzcpFnZGD3EqTC5VHHWlm3DkwhYRES7PUrlQ6QMQfPjazSzZH mljIEk7 etyutlhaOtGIkyQy0NIax

Jika si kecil masih sulit untuk membaca, maka Anda mungkin membutuhkan platform belajar satu ini. Membaca Bersama Budi dirancang untuk anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) supaya proses mengeja menjadi lebih menyenangkan dan tentu lebih efektif.

Tak hanya mengeja saja, ada fitur lain yang bisa dimanfaatkan untuk menambah keterampilan buah hati Anda. Mulai dari belajar membaca jam, mengenal angka dan warna hingga mengenal bahasa Inggris sederhana. Aplikasi ini bisa digunakan bagi Anda yang memiliki perangkat ios. Sehingga harus dimanfaatkan dengan baik.

5. Ayo Belajar Membaca 

xsae42Ecup3Z xSqPMhvqjslL3lzR7SHV3zudippQa8Tp3mq ChHjCIgpncL2gN35idrssMmv 98ogcB778OdRx2EQjjKX6iq1V2D047Jm5LwzO9whQDzWfOKVbbnmST45TumwRLrtdDFvxCHuPJps 9ns3Pgvkk6iY7HS6hywZfgKFTsvZEbYYkDapS0ot

Kali ini adalah rekomendasi aplikasi untuk pengguna android, Anda bisa mengunduh platform pendidikan yang satu ini untuk membuat si kecil senang belajar membaca. Aplikasi Ayo Belajar Membaca sudah cukup popular digunakan oleh masyarakat Indonesia, pasalnya penggunaannya gratis dan memberikan banyak kemajuan dalam kemampuan literasi anak.

Anda bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis, sehingga proses keduanya menjadi lebih mudah dan tidak membosankan. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah ukurannya yang tidak terlalu besar.

Sehingga cocok dipasang di handphone dengan kapasitas sedikit. Ukuran aplikasi ini hanya sebesar 3,8 MB saja, dan tidak banyak ruang yang terisi. Tak hanya bisa latihan nulis dan baca, platform ini juga melatih anak menggunakan ilustrasi kartun.

6. ABC Belajar Membaca 

C2 UAG1CYWGP3 9qySK9g3PvFi75nFNj2WKwzTve0DFRs2Qz05iUwJhORMv9iz1gGzw8TKhjOfk4tCXHO2K M4ntd PZc3o7wT2bh3tZv0NoTPT cEzyXslmVtYrIqRWyjff76mkqodQ5mdKoTtMuh2mRnwjclfN0mwDV3Qo w14LNCZ7kdSqyGBnFuBap

PaperPlay Studio telah mengembangkan sebuah platform pendidikan yang dirancang khusus untuk membantu si kecil mengenal abjad dari awal. Ini bisa digunakan bahkan sejak umurnya 2 tahun, sedini mungkin. Sebab belajar memang lebih baik dilakukan saat usianya masih belia, sebab ia akan lebih mudah menyerap pengetahuan.

Pembelajaran dengan begitu menarik melibatkan suara, dan gambar memudahkan anak untuk memahami, proses belajar pun menjadi lebih menyenangkan. Anda tidak perlu lagi memaksa si kecil untuk belajar dengan cara lama yang membosankan dan tentunya tidak disukainya.

7. Belajar Baca Tulis 

uTiEkYwRhXKXl l6fSl5ujhGYDpQG2B hy22P2EEAbZ1CKfOFmSQzTXKpvLHTN

Selanjutnya, adalah platform Belajar Baca Tulis. Bisa digunakan untuk pengguna android di seluruh Indonesia. Anda bisa mulai mengenalkan literasi dari awal, yaitu dari mengenalkan alphabet dari A hingga Z sampai ejaan suku kata. Pembelajaran dilakukan secara reaktif sehingga menarik perhatian buah hati Anda. Juga berlatih menulis dari satu aplikasi ini. 

Perusahaan yang mengembangkan tools ini adalah KRC Studio, bisa diunduh dengan mudah di playstore tanpa dipungut biaya apapun. Dengan kapasitas standar sebesar 22 MB rasanya masih ringan dibanding manfaat yang diberikannya. Saat ini bahkan sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna.

8. Belajar Abjad

xzZRpTFPfK aZWtrSDo1kaGV87AZhSi3MnCtsYJ2ctfHIWwySxv4wgMVAO7wKFEXXy1IFnedAmnAtTt 0MI CEmYU7GmWD1d XPpvp8U ND67LS00 SxGnk6WZ7lIqIUZSgYphQe Tb5fhfD4BD czcKdymBSSeI KuKsLTv7OJLzjv7MsqXCvSQsBOzm2CD

Sebelum membaca, si kecil harus mengenal betul abjad lengkap. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan aplikasi Belajar Abjad untuk mengenalkannya. Tools satu ini dikembangkan oleh Aprender Jugando khusus untuk anak-anak di bawah usia 8 tahun. Sebab jika di atas usia tersebut si kecil belum bisa membaca, bisa jadi ia terkena gangguan dalam mengenal huruf sehingga harus diperiksakan ke dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

Cocok untuk Anda pengguna android, tak perlu khawatir karena penggunaanya gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Ada fitur mengenal abjad, gambar huruf, game berbahasa Inggris. Jadi banyak pilihan untuk terus belajar setiap hari. 

9. Cara Cepat Belajar Membaca dan Berhitung

ueC9M9zDe7CsgZ4byVv5kEr5pYK40p6KWwXy7qmhWjjRsmojSkjJ8F zAIkiaP7JfQyH23mtcRJ KmJ4Hja

Terakhir, adalah aplikasi Cara Cepat Belajar Membaca dan Berhitung. Platform ini pertama kali dikembangkan oleh OZ Studio. Metode yang digunakan sangat cocok digunakan untuk si kecil karena menggunakan metode mengeja dengan tepat. 

Tak hanya kemampuan membaca saja yang diasah, namun juga kemampuan dalam mengenal angka. Sehingga si kecil bisa pandai dalam keduanya. Ada beberapa kategori yang bisa dipilih saat memainkannya, mulai dari belajar membaca, berhitung, menyanyikan lagu, hingga tebak kata. Tentu menyenangkan dan sangat disukai oleh buah hati Anda.

Nah, berikut di atas merupakan 9 rekomendasi aplikasi belajar membaca untuk anak usia dini. Sebagai catatan, sebagus apapun platform yang disediakan, pengawasan dan penjelasan orang tua tetaplah dibutuhkan. Anak ibarat gelas kosong yang belum terisi, sehingga tergantung Anda hendak mengisi apa. Ia akan terbentuk dari pola pengasuhan yang selama ini Anda terapkan setiap harinya. 

Jangan sampai kesempatan belajar yang ia punya, justru terlewatkan dengan sia-sia begitu saja. Sebab di usia 2- 6 tahun adalah waktu terbaik untuk mengajarkan banyak hal kepadanya. Jadi jangan pernah melewatkan kesempatan emas itu. Anak adalah bagaimana orang tua mendidiknya, jadi semuanya bergantung pada Anda. Rawat dan didik anak-anak dengan sebaik-baiknya daripada menyesal di akhir. Selamat mencoba rekomendasi aplikasi belajar membaca yang sudah disebutkan di atas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *