Lompat ke konten

Estimasi Hitungan Biaya Aqiqah Anak Perempuan Dan Laki-Laki (2022)

Estimasi Hitungan Biaya Aqiqah Anak Perempuan Dan Laki-Laki

Selain kurban, ada satu lagi hukum Islam yang menyangkut penyembelihan kambing, yaitu aqiqah. Berbeda dengan kurban, aqiqah dilaksanakan beberapa hari setelah kelahiran si kecil dan biasanya sekalian upacara pemberian nama.

Mengingat biaya persalinan yang tidak murah dan harga kambing yang tidak murah juga, maka sebaiknya Anda mempersiapkan biaya untuk prosesi ini sedini mungkin. Berikut ini estimasi hitungan biaya aqiqah untuk anak perempuan maupun laki-laki. 

Apa Itu Aqiqah?

Aqiqah adalah prosesi penyembelihan hewan kurban sebagai wujud rasa syukur kepada Allah S.W.T atas kelahiran buah hati tercinta. Menurut beberapa sumber, kata aqiqah berasal dari lafadz ‘aqqa yang berarti memotong. 

Prosesi ini sebenarnya sudah ada sejak zaman jahiliyyah. Hanya saja ketika jahiliyyah darah hasil penyembelihan kambing diusapkan ke tubuh bayi, namun ketika Islam tiba darah tersebut diganti dengan minyak za’faran.

Menurut mayoritas ulama’ hukum melaksanakan prosesi ini adalah sunnah muakkad. Ini artinya, prosesi aqiqah sangat dianjurkan untuk dilakukan tetapi tidak akan berdosa apabila ditinggalkan. Akan tetapi, ada juga ulama’ yang menghukumi wajib. 

Dilansir dari NU Online, seyogianya aqiqah dilaksanakan pada:

  1. Ketika si kecil berusia 7 hari. 
  2. Sebelum masa nifas ibunya habis. 
  3. Sebelum si kecil disapih. 
  4. Sebelum si bayi berusia 7 tahun. 
  5. Sebelum si bayi mencapai usia baligh. 
  6. Setelah mencapai baligh, maka si kecil sebaiknya menyelenggarakan aqiqah untuk dirinya sendiri. 

Periode tersebut dilaksanakan secara berurutan. Artinya, kalau tidak bisa dilaksanakan saat berusia 7 hari, maka sebelum masa nifas ibunya habis begitupun seterusnya tergantung dengan kemampuan finansial orang tua.

Perbedaan Aqiqah Perempuan Dan Laki-Laki  

Perbedaan aqiqah perempuan dan laki-laki terletak pada jumlah kambing yang disembelih. Untuk bayi perempuan, hanya perlu 1 kambing saja, sementara untuk bayi laki-laki harus 2 ekor kambing. Akan tetapi, kalau orang tua anak laki-laki tersebut tidak bisa membeli 2 kambing sekaligus, maka 1 saja cukup.

Lalu, bagaimana jika anak Anda kembar? Para ulama’ sepakat memberikan fatwa bahwasanya sebaiknya aqiqah dilaksanakan untuk masing-masing anak. Artinya, jika kembar 2 laki-laki, maka diaqiqahi dengan 4 ekor kambing. Namun apabila orang tua tidak mampu, maka 1 aqiqah saja sudah cukup. 

Syarat-Syarat Aqiqah

Adapun syarat kambing aqiqah sama seperti syarat kambing untuk menjadi hewan qurban, yaitu:

  1. Berusia 1 tahun untuk kambing dan 6 bulan untuk domba. 
  2. Tidak cacat. Adapun yang dimaksud dengan cacat disini adalah, mata kambing tidak buta sebelah, kambing sakit atau pincang, sangat kurus sampai tulangnya terlihat.
  3. Bisa kambing jantan maupun betina.

Hasil penyembelihan daging aqiqah bisa didistribusikan kepada tetangga, sanak famili atau dikonsumsi sendiri selama aqiqah tersebut bukan aqiqah yang wajib karena nazar. Jika yang terjadi adalah jenis terakhir, maka semua daging hasil penyembelihan wajib disedekahkan.

Selain itu, sebaiknya hasil aqiqah juga didistribusikan dalam keadaan sudah masak, alih-alih memberikannya ketika masih mentah atau mengundang masyarakat untuk makan bersama. Hal ini berbeda dengan daging kurban yang lebih baik didistribusikan dalam kondisi mentah. 

Estimasi Biaya Aqiqah

Estimasi biaya aqiqah berikut ini hanya sebuah perkiraan. Besar kecilnya biaya aqiqah, tergantung kepada:

  1. Jenis kelamin si kecil (tentunya anak laki-laki lebih mahal karena perlu dua ekor). 
  2. Harga kambing di daerah Anda. 
  3. Jenis masakan yang ingin Anda buat. 
  4. Biaya jasa ustadz, penyembelih dan tenaga lain. 
  5. Biaya walimah (pesta). 
  6. Menggunakan vendor atau tidak. Saat ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan jasa penyiapan aqiqah mulai dari memilih kambing, menyembelihnya sampai memasak dan packaging-nya. Ini artinya, orang tua bisa tinggal bayar dan terima jadi. Besar kecilnya biaya tentu tergantung vendor.

Harapannya, dengan mengetahui estimasi ini Anda bisa mempersiapkan dana aqiqah segera sebelum si kecil lahir ke dunia. 

Estimasi Biaya Aqiqah Anak Perempuan

KeteranganHarga
Biaya Kambing2.500.000
Biaya Masak (Termasuk Bumbu), jasa koki dan lain sebagainya2.000.000
Biaya Jagal300.000
Waku 100 Pcs + Kertas minyak100.000
Plastik besar untuk wadah nasi35.000
Air mineral kecil 3 dus120.000
Paket snack isi 2+1 buah (@5000 x 100)500.000
Biaya sewa karpet dan sound system250.000
Bisyarah ustadz100.000
Lain-lain500.000
Total6.405.000
Tabel 1: Estimasi biaya aqiqah anak perempuan

Estimasi Biaya Aqiqah Anak Laki-Laki

KeteranganHarga
Biaya Kambing 2 ekor5.000.000
Biaya Masak (Termasuk Bumbu), jasa koki dan lain sebagainya2.000.000
Biaya Jagal300.000
Waku 100 Pcs + Kertas minyak100.000
Plastik besar untuk wadah nasi35.000
Air mineral kecil 3 dus120.000
Paket snack isi 2+1 buah (@5000 x 100)500.000
Biaya sewa karpet dan sound system250.000
Bisyarah ustadz100.000
Lain-lain500.000
Total8.905.000
Tabel 1: Estimasi biaya aqiqah anak laki-laki

Tips Mempersiapkan Biaya Aqiqah

Seringkali orang tua menunda aqiqah anak karena kurangnya kesiapan finansial mereka. Seperti yang telah disebutkan di atas, sebenarnya tidak masalah jika aqiqah ditunda. Akan tetapi tentu lebih baik jika Anda mempersiapkan finansial terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tips untuk mempersiapkan biaya aqiqah. 

  1. Ketahui jenis kelamin anak Anda sejak dini. Banyak orang tua yang menginginkan kejutan, akan tetapi jenis kelamin si kecil akan berperan penting terhadap biaya aqiqah kelak.
  2. Perkirakan metode bersalin. Biaya persalinan normal umumnya lebih terjangkau daripada persalinan caesar. Sebaiknya, Anda juga mempersiapkan diri dengan berbagai asuransi untuk meringankan biaya kelahiran, seperti BPJS, JAMPERSAL dan lainnya. 
  3. Perkirakan biaya pasca persalinan. Tidak hanya biaya rawat inap, biaya pasca persalinan juga termasuk pakaian untuk si kecil, popok dan lain sebagainya. 
  4. Survey harga terlebih dahulu. Saat ini banyak perusahaan jasa layanan aqiqah dan catering yang memiliki website di internet. Carilah referensi berapa biaya aqiqah yang dibutuhkan. Tanya juga kepada sanak keluarga atau tetangga yang memiliki jasa serupa. Tidak jarang tetangga menawarkan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan menggunakan catering dari pihak luar. Survey harga ini penting untuk membuat anggaran. 
  5. Susun anggaran dengan pertimbangan poin 1-5 dan pendapatan Anda dan Istri
  6. Breakdown anggaran tersebut menjadi variabel yang lebih kecil dan tentukan target pencapaiannya. Misalnya, biaya kambing Rp2.500.000 harus terpenuhi dalam 3 bulan, sementara sisanya menyusul sampai si kecil lahir. 

Alih-alih menabung biasa dengan tanpa kontrol tabungan yang bagus, Anda bisa menggunakan reksa dana pasar uang syariah untuk menyiapkan anggaran ini. Pasalnya, RDPU Syariah bisa dibeli hanya dengan Rp10.000 rupiah, sehingga cukup mudah diisi ulang secara rutin dengan tanpa membebani keuangan. Selain itu, RDPU syariah juga cukup mudah dicairkan dan dioperasikan berlandaskan hukum syariah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.